CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603db2f523702a64a42c20f8/mengelola-keuangan-keluarga--yuk-kita-kelola-lebih-baik-biar-asyik

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...

Hallow gansis,

Kali ini gw lagi mabok jadi bikin trit ginian-finacial management buat keluarga, bukan trit selangkangan kek biasa. Kenapa gw mau bikin ginian, karena gw lihat disekitar banyak sekali orang2 yg kesulitan keuangan terutama di masa pandemi corona gini.

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...

Orang-orang yg punya pekerjaan belum tentu juga bisa kelola keuangan dengan baik. Kebahagiaan memang gak ditentukan oleh uang, tapi gak ada uang dijamin gak akan bahagia, kenapa??? ya karena stress lah gimana cara bayar uang sekolah anak.

Tetangga gw punya anak satu2nya gadis, cantik dan pinter, tapi berakhir kerja di fast food resto saat ini. Well ini bukan hal yg buruk2 amat. Tapi kalo gw jadi ortunya gw kasian deh, tuh anak punya talent, pinter, pastinya dia  pengen donk kuliah seperti temen2nya yg lain, lalu mungkin bekerja sesuai keahliannya.

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...


Dari sini gw pen deh sharing dikit ttg How To Manage Your Financial Matters, terkhusus buat para ayah bunda.

Gw ama wifey sama2 kerja dan sejak anak gw kecil2 mereka didaftarkan tabungan asuransi pendidikan, gak gede2 amat loh per bulan/tahunnya, tapi ini sangat membantu saat anak2 masuk sekolah dan melanjutkan sekolah.

Oke gw mau coba sharing deh apa yg pernah gw dapetin dari seminar pengelolaan keuangan yg waktu itu pembicaranya adalah Safir Senduk ( diundang ke kantor gw untuk kasih pencerahan )

Pernah gak ya nemu orang yang sebenernya kalo liat rumahnya sih sederhana gitu deh, tapi HP nya wow iphone atau samsung kelas atas. Nah ini gw bilang life style yg gak sesuai dengan realita. Iphone dan Samsung nya bela2in nyicil 24 bulan biar bisa gaya dimata orang2.

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...


Seberapa besar penghasilan kamu, kalo gaya hidup kamu lebih besar pasak daripada tiang maka bisa jadi kamu akan terjebak oleh gaya hidup gali lobang tutup lobang, atau gaya hidup biar tekor asal kesohor. Gw pernah denger nih ada cowok biar keliatan keren kasih sumbangan ke acara gathering suatu komunitas dengan angka yg relatif okelah, padahal dia sendiri utang sana-sini untuk membiayai gaya hidupnya itu, tapi yang penting khan keren dan elegan dimata orang lain.

Itu adalah life style yang salah. Gw pernah dengar nih jargon kek gini "Miskin makan bubur kaya makan bubur, kalo dah kaya banget baru beli mercy",  Ini keren sih , walaupun bukan cara gw. Cara gw ya lebih menikmati idup aja, motto gw "Tak silau oleh kemewahan, Tak risih oleh kesederhanaan", So, makan diresto yang abis ratusan ribu bahkan beberapa kali gw hang out abisin  jutaan, yet makan di warteg yg abis 20rebu gw mah asik2 aja. Thats What I called menikmati hidup. Tentu saja dengan tetep menyisihkan tabungan untuk hari tua, karena secara alami masa tua itu berat lah kalo masih kerja cari duit dengan otak dan  fisik yg makin lemah.

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...


Jadi gimana sih cara kelola duit yang bener ??? kata mas Safir Senduk berapa pun penghasilan kamu selama kamu bisa ada sisa buat nabung nah itu bener. Nabung itu salah satu investasi, selain nanti kalo tabungan dah banyak bisa juga di convert investasinya ke asset yg lain, seperti tanah, emas, investasi di instrumen keuangan, atau bikin usaha kecil2an sendiri siapa tau nanti makin besar.

Pastikan segera sisihkan dari penghasilan kamu untuk hal-hal yg fix seperti :

1. Bayar Utilities ( Listrik, Telpon/Pulsa, Air, Gas )
2. Belanja Bulanan untuk makan minum
3. Biaya anak ( Sekolah, Les dll )
4. Tranportasi ( Bensin, Grab, Angkot dll )
5. Cicilan Hutang  ( Motor, Mobil, Panci, Kulkas dll ) 
6. Dan biaya2 fix lainnya jika ada ( Asuransi, dll )

Intinya yg primer2 dulu lah ya...Nah coba inventarisir biaya2 kamu itu sebulan ( asumsi penghasilan orang kerja yg gaji bulanan, yg beda tinggal sesuaikan )

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...


Pastikan bahwa biaya2 yg fixed itu terpenuhi sesuai dengan situasi masing-masing aja. Apabila mepet apalagi ampe minus coba cek mana2 aja yg bisa di cut atau downsize dari biaya2 itu. Bedakan kebutuhan dan keingingan, kalo ngikutin keinginan mulu ini yg seringkali membuat defisit anggaran RT kalian.

Setelah semua biaya2 fix itu tercover, nah liat deh sisa berapa, kalo sampe gak sisa berarti ada yg salah dengan pengelolaan keuangan kalian karena yg diatas tadi baru bicara biaya2 yg fix harus dikeluarkan. Belum lagi biaya2 lain yg sifatnya gak rutin atau insidental. Misal lagi pergi ke kantor tiba2 ban bocor, khan harus keluar biaya tambal ban. Belum lagi kalo misalnya sakit, walaupun ada BPJS tapi tetap aja akan keluar biaya2 yg non rutin.

MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...


Oke gaess, coba teliti kembali in an out duit kalian. First thing first usahakan ada sisa, nah sisa ini yang ditabung boleh deh misalnya untuk aktivitas yang menyenangkan entah itu beli barang sesuai yg di mau, atau liburan bersama keluarga, atau sekedar fine dine di resto yg asik bersama keluarga.

Pesan buat yg gengsian mentingin gaya...buang jauh2 itu gengsi, kalo perlu gimana caranya bikin penghasilan tambahan entah itu active atau passive income, yang akan membuat hidup kalian lebih tenang dan semangat.


MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA : Yuk Kita Kelola Lebih Baik Biar Asyik...



UANG BUKAN SEGALANYA, TAPI SEGALANYA PERLU UANG, INI GAK BISA DIBANTAH, PIPIS DI SPBU AJA BAYAR 2 REBU.


YANG MAU KOMEN ATAU SHARING ENTAH ITU YANG LAGI TERJEBAK UTANG ATAU YANG BANGKIT DARI UTANG, ATAU YANG BIJAK ATUR UANG SILAHKAN.

TAPI YANG JANJI BAYAR UTANG TERUS MODUS LAGI MOLOR2 GAK USAH KOMEN, MENDINGAN JUALAN GORENGAN AJA BIAR BISA BAYAR UTANG DARIPADA NUNGGU INVOICE MILLIARAN FIKTIF , JANGAN JUALAN BOKIS KEK SI PENYAIR BOKIS UDAH GAK LAKU 



QUOTE :
- Love = Money + Orgasm
- Kecantikan itu hanya setipis kulit ari
- Nothing last forever in this world
- Bodo amat bacotan orang selama tidak mengurangi saldo rekening kita
- Pansos itu buat orang2 yg gak confident
- Lu jual gw beli, lu diskon gw borong
- Kalo punya utang bayar donk jangan dibawa mati
- Orang jelex julid ama orang keceh itu udah biasa
- Bodo Amat untuk hal-hal yang gak penting buat kita
- Kalo ada kelebihan rejeki kasih deh sama2 orang2 susah disekitar kita





profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pertamaxkah?
Tret finansial ga laku yak... emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mengelola keuangan memang gampang gampang susah sih,.....perlu kedisiplinan yang kuat biar uang gak menguap tanpa kejelasan.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane tipe BPJS om emoticon-Frown


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di