CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gara-gara Utang, Nyawa Melayang!Semiris Itukah Kehidupan Saat Ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603da11f6c98e3705163331a/gara-gara-utang-nyawa-melayangsemiris-itukah-kehidupan-saat-ini

Gara-gara Utang, Nyawa Melayang!Semiris Itukah Kehidupan Saat Ini?

Gara-gara Utang, Nyawa Melayang!Semiris Itukah Kehidupan Saat Ini?

Banyak kasus pembunuhan karena sangkutan utang, apakah ini tanda bahwa memberi utang itu harus hati-hati?


Utang, adalah sesuatu yang dipinjam baik itu uang, barang ataupun benda antara satu orang dengan orang lain, satu orang dengan sebuah lembaga, baik dengan jaminan atau jaminan, dengan perjanjian pengembalian atau akad utang.

Wah, pagi kita kali ini membahas utang GanSis.
Mungkin Agan dan Sista di sini masih ada yang mempunyai sangkutan utang?
Atau memberikan pinjaman tapi tidak lekas dikembalikan?
Jika berbicara mengenai utang memang sudah ribet banget GanSis urusannya.
Bisa membuat hubungan pertemanan atau persaudaraan rusak karena ada kaitan utang-piutang!

Sebenarnya memberikan utang kepada orang yang membutuhkan itu sangat baik GanSis. Apa lagi jika memberikan pinjaman tanpa bunga atau tanpa jaminan.
Namun kebaikan ini akan menjadi bumerang bagi yang memberikan utang saat mereka yang berhutang tidak lekas mengembalikan padahal kehidupannya sudah membaik, ditagih marah-marah sampai mengancam atau membunuh orang yang memberikan utang!

Bukan tidak mungkin, karena kasus ini sedang marak terjadi ya GanSis.


Quote:


Jurus andalan orang utang adalah datang dengan memelas, berbicara ekstra pelan, lembut, dan memasang raut wajah sedih.
Tapi saat ditagih karena sudah melampaui batas waktu membayar yang ke sekian kali, apa yang mereka lakukan?
Berdiri kacak pinggang, mata melotot, berbicara nada tinggi membentak dan memaki-maki dengan tidak bersalah.
Atau lwbih parahnya, kabur-kaburan seperti orang petak umpet.
Seperti itulah fakta yang sering terjadi!

Dalam kasus utang piutang yang seperti ini kira-kira siapa yang salah?
Apakah akhlak dari yang utang, atau kesalahan dari pemberi utang?

Tentu saja kita harus melihat dari berbagai sudut pandang dan kronologisnya ya GanSis.

Jika memang yang berhutang yang tak tahu malu karena tidak lekas membayar padahal sudah molor dari jangka waktu pembayaran, atau mereka memaki-maki pemberi utang saat ditagih, tentu itu kesalahan yang berhutang ya.

Namun saat pemberi utang yang menagih bersikap kasar dan menagih sebelum waktu pembayaran, itu sudah jelas salah yang memberikan utang!


Quote:


Lantas apa yang harus kita perhatikan saat melakukan utang-piutang?
Apakah bisa utang piutang dengan aman tanpa ada keributan?
Di bawah ini jawabannya!


1. Akad Perjanjian Utang
Kenapa harus ada akad perjanjian utang?
Alasannya adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan pembayaran, jaminan atau dampak buruk lainnya.
Jika di awal sudah jelas batas waktu dan juga cara pembayaran, maka apa yang telah disepakati harus dijalankan dengan baik.
Saat akad tidak berjalan dengan baik, maka bagi yang melanggar aturan tersebut dapat dikenakan sanski sesuai perjanjian!

2. Memberikan Kelonggaran Waktu
Point dua adalah untuk pemberi utang.
Jika memang orang yang diberikan utang belum dapat membayar karena memang keadaannya kita lihat sangat tidak memungkinkan, maka berikan mereka waktu lebih panjang untuk mengembalikan utang.
Niatkan dalam hati untuk membantu mereka, dan berharaplah mereka mudah dalam mencari rezeki agar lekas membayar utang.

3. Sadar Diri
Point ke tiga diperuntukkan bagi yang berhutang.
Alangkah lebih baiknya untuk sadar diri.
Merasa malu karena sudah dibantu dan berusaha untuk segera membayar!
Kalaupun memang keadaan memang belum mampu membayar, maka berikan penjelasan dengan baik-baik!

4. Hindari Perkelahian dan Kriminalitas
Point ke empat ini sangat penting untuk diperhatikan oleh ke dua belah pihak GanSis.
Jangan pernah sekali-kali memaki-maki atau bertindak kasar, entah sebagai penghutang atau yang mengutang.
Sebab hal tersebut akan dapat menyebabkan perselisihan lebih panjang, salah sangka, perkelahian bahkan tindakan kriminal seperti yang sedang marak terjadi!


Quote:


Nah, seperti itulah GanSis kira-kira cara untuk melakukan utang-piutang dengan baik tanpa harus baku hantam hingga nyawa melayang!

Ada satu hal lagi yang perlu Agan dan Sista ingat.
Utang-piutang adalah salah satu perbuatan manusia yang masih akan tetap dibawa meskipun mereka telah mati.
Jadi jangan sampai tanggungan utang Agan dan Sista memberatkan timbangan amal buruk sehingga nanti akan membuat susah saat di kehidupan setelah kematian!

Oke, semoga thread kali ini bermanfaat, dan sampai jumpa di thread yang lain GanSis


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: 1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Ngakak hayo siapa yang belum bayar utang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
emoticon-Matabelo segera dibayar ya gansis kalau sudah punya
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Angel wes angel😭
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Duit emang sensitif
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakakkesel nagih tok

Quote:

emoticon-Cape d... iya gan, bisa bikin kiamat lebih cepat
Muncul nya no 4 itu akibat no 3.
Tetangga gw contoh nya, masih awal bulan udah datang ngutang. Janji nya gajian bulan depan langsung bayar. Tapi ini udah berapa bulan sejak itu, dia malah belagak ga kenal, malah ada juga yang belagak kaya orang gila (biar engga ditagih).
Duh pengen deh nyabut nyawa mereka.
emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
namanya utang itu harus jelas kapan mengembalikannya, kalau tidak mau mengembalikan dan keberatan ya tidak usah coba-coba utang, jangan hidup karena gengsi tapi hidupkah karena kebutuhan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Utang piutang ranah perdata
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang jadi ironisnya adalah banyak orang yang menjadikan utang itu jalan singkat permasalahan hidupnya tanpa mikir kesanggupan bayarnya...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduh kalau orang yang punya hutang gak bisa di pegang omongannya, ya akad seperti apapun gak berlaku
profile-picture
masnukho memberi reputasi
klo bayar utangnya telat ya jgn mundur lama2 dongemoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
bahasan hutang lagi yak...

jadi inget dah jaman dulu enak banget nelpon pas ada butuhnya abis itu ngilang gak balik2 hahahaha...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Tuntut gan kalau ada akad tertulis

Quote:

emoticon-Cape d... hok o gan

Quote:

emoticon-Ngakak sering banget kejadian
hmm.. yg punya utang kadang ga sadar sih emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
bokap gw sering banget minjemin duit ke temen dan sodara. tapi susah banget ditagih

akhirnya gw belajar dari situ, siapapun yang mau minjem uang, meskipun sodara sendiri pasti susah balikin.

akhirnya kalo ada sodara mau pinjam duit jutaan, paling gw kasih 500rb dan gw bilang ini bukan pinjaman, tapi gw kasih aja. daripada susah bayarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gurke dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Mau hutang lucu kayak kucing 🐱. digilirkan ditagih sebuas singa 🦁

Nggak dapet pinjaman pindah pinjol.ditagih ngaku korban
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
hindari berhutang dengan mafia
profile-picture
masnukho memberi reputasi
urusan uang dan tanah itu emang selalu bunuh-bunuhan dari dulu. emoticon-Om Telolet Om!

makanya klo memang punya niat minjemin uang, itu 50% harus siap diikhlasin, mau teman mau keluarga, urusan uang mah pasti ribut
profile-picture
profile-picture
masnukho dan lunar1980 memberi reputasi
klo minjemin klo saudara dan temen baik mending itu itung2 sedekah aja. ditagih malah hancur persaudaraan dan pertemanan.

jujur aja kita ikhlasnya kasih berapa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di