CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603d84fd15548a1587230640/hukum-minum-miras-sholat-tak-diterima-hingga-diancam-minum-perasan-penduduk-neraka

Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka

Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka

JAKARTA - Hukum minum miras ancamanya 40 hari sholat tidak diterima. Ancaman ini sangat keras bagi peminum miras. Bahkan hingga diancam bakal minum perasan penduduk neraka.

Hal itu terdapat di dalam banyak hadits nabawi. Bahaka kalau ditelusuri kitab-kitab matan hadits, akan mendapatkan banyak hadits yang menjelaskan bahwa orang yang minum miras atau khamar memang tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari.

Beberapa di antara hadis adalah sebagai berikut:

Dari Ibnu Umar ra bahwa Nabi SAW bersabda, "Orang yang minum khamar, tidak diterima shalatnya 40 hari. Siapa yang bertaubat, maka Allah memberinya taubat untuknya. Namun bila kembali lagi, maka hak Allah untuk memberinya minum dari sungai Khabal." Seseorang bertanya, "Apakah sungai Khabal itu?" Beliau menjawab, "Nanahnya penduduk neraka." (HR Ahmad).

Baca Juga: 10 Golongan Manusia Terlibat Miras yang Akan Dilaknat Nabi Muhammad SAW

Ustaz Ahmad Sarwat, Lc juga menjelaskan, dari Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang minum khamar lalu mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila dia mati masuk neraka. Bila dia tobat, maka Allah akan mengampuninya. Namun bila kembali minum khamar dan mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila mati masuk neraka. Bila dia kembali minum, maka hak Allah untuk memberinya minum dari Radghatul Khabal di hari kiamat." Para shahabat bertanya,"Ya Rasulallah, apakah Radaghatul khabal?" Beliau menjawab,"Perasan penduduk neraka." (HR.Ibnu Majah)

Dari laman Rumah Fiqih Indonesia dikutip pada Senin (1/3/2021) disebutkan, dari Ibnu Umar ra. berkata, "Siapa yang meminum khamar meski tidak sampai mabuk, tidak diterima sholatnya selagi masih ada tersisa di mulutnya atau tenggorokannya. Apabila dia mati maka dia mati dalam keadaan kafir. Bila sampai mabuk, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. Dan bila dia mati maka matinya kafir.(HR An-Nasai)

Para ulama mengatakan bahwa orang yang minum khamar itu kafir, maksudnya bukan dia murtad dari Islam, melainkan maksudnya adalah bahwa dia seperti orang kafir yang apabila melakukan sholat, maka sholatnya tidak diterima, selama dia menunaikan sesuai dengan rukun dan aturannya.

Baca Juga: 4 Hal yang Menyebabkan Keburukan Hidup, Salah Satunya Mabuk

Namun bukan berarti kewajibannya untuk sholat menjadi gugur. Tidak, shalat tetap wajib atasnya, namun selama 40 hari tidak akan diterima shalat itu di sisi Allah. Sungguh sangat rugi orang yang minum khamar, sudah tetap wajib tidak diterma lagi.

Dalam hukum Islam, seseorang yang meminum khamar, selain berurusan dengan Allah, juga berurusan dengan hukum positif yang Allah turunkan. Hukumannya adalah dipukul/cambuk. Para ulama mengatakan bahwa untuk memukul peminum khamar, bisa digunakan beberapa alat antara lain: tangan kosong, sandal, ujung pakaian atau cambuk.

Bentuk hukuman ini bersifat mahdhah, artinya bentuknya sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT. Sehingga tidak boleh diganti dengan bentuk hukuman lainnya seperti penjara atau denda uang dan sebagainya. Dalam istilah fiqih disebut hukum hudud, yaitu hukum yang bentuk, syarat, pembuktian dan tatacaranya sudah diatur oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang minum khamar maka pukullah." (Hadits Mutawatir)

Hadits ini termasuk jajaran hadits mutawatir, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi pada tiap thabawatnya (jenjang) dan mustahil ada terjadi kebohongan di antara mereka.

Di tingkat shahabat, hadits ini diriwayatkan oleh 12 orang shahabat yang berbeda. Mereka adalah Abu Hurairah, Muawiyah, Ibnu Umar, Qubaishah bin Zuaib, Jabir, As-Syarid bin suwaid, Abu Said Al-Khudhri, Abdullah bin Amru, Jarir bin Abdillah, Ibnu Mas`ud, Syarhabil bin Aus dan Ghatif ibn Harits.

Ada perbedaan pendapat dikalangan ulama dalam menentukan jumlah pukulan. Jumhur Ulama sepakat bahwa peminum khamar yang memenuhi syarat untuk dihukum, maka bentuk hukumannya adalah dicambuk sebanyak 80 kali. Pendapat mereka didasarkan kepada perkataan Sayyidina Ali ra.,

"Bila seseroang minum khamar maka akan mabuk. Bila mabuk maka meracau. Bila meracau maka tidak ingat. Dan hukumannya adalah 80 kali cambuk". (HR. Ad-Daruquthuni, Malik).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Ali ra. berkata,

"Rasulullah SAW mencambuk peminum khamar sebanyak 40 kali. Abu bakar juga 40 kali. Sedangkan Utsman 80 kali. Kesemuanya adalah sunnah. Tapi yang ini (80 kali) lebih aku sukai." (HR. Muslim).

Sedangkan Imam Asy-Syafi`i ra. berpendapat bahwa hukumannya adalah cambuk sebanyak 40 kali. Dasarnya adalah sabda hadits Rasulullah SAW:

Dari Anas ra. berkata bahwa Rasulullah SAW mencambuk kasus minum khamar dengan pelepah dan sandal sebanyak 40 kali." (HR. Bukhari, Muslim, Tirmizy, Abu Daud).

https://muslim.okezone.com/read/2021...enduduk-neraka


yg percaya tahayul ini hanyalah orang2 tolol,
lantas mengapa orang yg tidak tolol dipaksa untuk percaya tahayul yg sama ? emoticon-No Hope


apa dinegara ini sudah menganut prinsip ikutilah tahayul orang tolol,
karena orang tolol itu menyukai tahayul emoticon-Cape d... (S)


tidak ada yg melarang kalian menjadi tolol dan percaya tahayul,
tapi mohon jangan paksakan tahayul ketololan kalian kepada orang lain emoticon-fuck


karena tahayul yg kalian percaya hanya ada di otak kalian,
bukan di otak orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh odinme
Halaman 1 dari 3
Dalam demokrasi perbedaan pendapat itu biasa silahkan bacok2an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 3 lainnya memberi reputasi
Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ciri khas banget pakai ancaman

emoticon-Leh Uga

Emgnya kl kaga minum miras doa nya centang biru?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chang.nana dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bukannya di surga minumnya khamar dari sungai yg mengalir ya


emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Minum alkohol bisa membawa efek jelek, iya, kalau kebanyakan. Intinya kan pengendalian diri aja. Yang ga minum yah iman dan moral lo dipake donk. Jangan mengorbankan hak orang lain untuk menjaga hak lu pribadi.

Ga di legalin juga emang lu kira miras ga ada di indo dan dikonsumsi sama yang muslim? Mending diakui dan ditarik pajak kan. Kalau harganya meningkat tajam, yang miskin ga bakal bisa beli juga...tinggal di awasin yang bikin oplosan... Kalau bisa jadi bahan export bisa nambah devisa negara juga.

Mau dilegalkan atau tidak dilegalkan, yang imannya kuat tetap ga akan minum dan yang imannya lemah tetep diem" minum. Jadi silahkan mikir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kily89
Lihat 75 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 75 balasan
Saya sesekali minum wine, ga ampe mabok, cuman untuk teman makan aja, rasanya maknyusss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
chang.nana dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka

Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka

Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka



Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LI0NmahoHeart
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Minum miras diancam minunan perasan neraka... Terus kt ny disurga mengalir anggur dan khamer(miras) jd saya ambil kesimpulan surga dan neraka itu aliran sungai ny saling berhubungqn perbedaan ny cm disurga minum ny air bekas kobokan orang dineraka... Pantes nikita milih neraka emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Up comment ts nya aja:
Quote:

Diksi nya sopan, tapi nyelekit...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Ya kalo gak diterima di surga geng icelamp, masih banyak surga dari geng lain lebih welcome.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Molimo

Emoh Main” (tidak mau berjudi),
“Emoh Ngumbi” (tidak mau minum yang memabukkan),
“Emoh Madat” (tidak mau mengisap Narkoba),
“Emoh Maling” (tidak mau mencuri atau kolusi), dan
“Emoh Madon” (tidak mau berzina)
Kalau kesimpulan utamanya adalah tahayul, mending ilustrasi manfaat red wine perlu dihapus biar nggak dianggap tahayul. Karena red wine masih ada alkoholnya dan bertentangan dgn isi berita
drpd mabok miras lebih baik mabok ganja emoticon-Jempol
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka

Syukron.
profile-picture
crot113 memberi reputasi
Alkohol berlebihan itu udh banyak korbannya..

Intinya ..

"Drink responsibly ... "

Hukum Minum Miras, Sholat Tak Diterima hingga Diancam Minum Perasan Penduduk Neraka
profile-picture
crot113 memberi reputasi
Diubah oleh omxcabul
Sekedar nyari hiburan melepas stress, penat & ngelemesin otot aja jaman sekarang susah bgt, beda jaman pas taun2 2005 - 2010 enak bgt idup di Jkt, tapi sejak bigot2 dapet panggung apalagi era sosmed, bigot2 makin menjadi-jadi sok suci, maen ke spa or diskotik resiko nya di grebek & di Cepu.

emoticon-Najisemoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
loe kafir ngapain bahas agama orang islam??😂😂😂 TS tolol
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 4 lainnya memberi reputasi
kemarahan TS sudah mewakili kemarahan gw emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan crot113 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di