CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Manfaat-manfaat Membaca Al-Qur'an Selain Sebagai Pedoman Hidup! Kita Wajib Tahu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603d78cd7dbe211e695307a8/manfaat-manfaat-membaca-al-quran-selain-sebagai-pedoman-hidup-kita-wajib-tahu

Manfaat-manfaat Membaca Al-Qur'an Selain Sebagai Pedoman Hidup! Kita Wajib Tahu

Manfaat-manfaat Membaca Al-Qur'an Selain Sebagai Pedoman Hidup! Kita Wajib Tahu

Assalamualaikum, selamat pagi Agan dan Sista

emoticon-Hai


Penat, letih, lesu, galau?
Nampaknya masalah-masalah tersebut sering sekali dialami oleh banyak orang ya GanSis.
Setiap hari bertemu dengan banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab meskipun mood kita sedang tidak baik.

Lantas apa hubungannya dengan judul thread ane hari ini?

Ya, kali ini ane akan membahas tentang manfaat membaca Al-Qur'an selain sebagai pedoman hidup bagi umat Islam!


Quote:


Al-Qur'an, adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Saw selama 22 tahun, 2bulan, 22hari tepatnya diturunkan pertama kali pada 17 Ramadhan pada waktu Nabi berumur 40 tahun.

Sebagai kitab suci pedoman hidup, tentu isi dari Al-Qur'an sangatlah penting untuk dipelajari ya GanSis.
Sebab agar tidak tersesat maka seseorang harus memiliki pedoman dan tujuan hidup sebagaimana yang telah diperintahkan di dalam surat-surat dan ayat yang ada di dalam Al-Qur'an.

Selain perintah, di dalam Al-Qur'an juga terdapat larangan, untuk mengatur kehidupan manusia agar tidak melampaui batas-batas yang telah ditentukan.
Serta terdapat kisah-kisah orang terdahulu untuk menunjukkan kebesaran dan peringatan Allah tentang kehidupan dan kematian!


Quote:


Melihat betapa pentingnya Al-Qur'an bagi umat Islam, tentu membaca mempelajari dan menerabkannya juga tidak kalah penting GanSis.
Sebab manusia dapat dikatakan baik atau benar menurut kewajiban hidup untuk kematian, adalah mereka yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
Jika kita tidak membaca kitab kita, lantas dari mana kita dapat paham apa perintah dan larangan yang diberikan oleh Allah!

Ada sebagian ulama yang menjelaskan bahwa membaca Al-Qur'an hukumnya adalah sunah.
Namun sebagian ulama lagi juga menjelaskan bahwa membaca Al-Qur'an adalah wajib!
Dua perbedaan pendapat ini bukan tanpa alasan ya GanSis, sebab ke duanya sama-sama memiliki landasan yang kuat.
Membaca Al-Qur'an dapat berhukum sunah sesuai situasi, dan wajib pun juga sebab situasi.
Namun untuk situasi saat ini dimana banyak orang kurang paham akan perintah dan larangan Allah, maka kembali pada fitrah membaca Al-Qur'an hukumnya wajib agar manusia tidak tersesat dari ajaran Nabi Muhammad!


Manfaat-manfaat Membaca Al-Qur'an Selain Sebagai Pedoman Hidup! Kita Wajib Tahu


Tidak lengkap rasanya jika kita membahas keutamaan dan hukum tanpa membahas manfaat ya GanSis.
Nah, membaca Al-Qur'an sendiri juga mempunyai segudang manfaat loh GanSis.
Agan dan Sista harus tahu agar semakin semangat dalam membaca dan mengamalkan kitab suci Al-Qur'an ya!

Apa saja sih manfaatnya?
Lihat di bawah ini!


1. Mendapatkan Pahala
Siapa yang tidak mau pahala atau kebaikan dari Allah.
Dalam hadist Bukhari sesuai sabda Rasulullah, membaca Al-Qur'an baik itu hanya satu huruf maka mereka telah mendapatkan satu kebaikan yang akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan GanSis.
Coba bayangkan jika kita membaca satu surat secara ikhlas, maka berapa banyak kebaikan yang akan didapatkan!

2. Obat dari Penyakit
Ayat suci Al-Qur'an yang dibaca secara tulis dan ikhlan, akan menjadikannya sebagai obat atas segala macam penyakit GanSis.
Pastinya hal ini harus didasari dengan keimanan penuh dan kepercayaan terhadap Allah. Sebab yang memberikan kesembuhan atas penyakit hanya Allah SWT!
Bisa kita ambil contoh, saat kita stres dan kita berwudhu dan mengaji, apa yang dapat GanSis rasakan? Ketenangan, ya ketenangan atas hati dan perasaan kita dapatkan setelah kita membaca Al-Qur'an.

3. Jauh dari Sesat dan Celaka
Jika seseorang membaca, mengkaji dan mengamalkan isi kitab suci Al-Qur'an, maka tidak akan pernah dalam hidupnya mereka akan celaka dan tersesat, dan merekapun akan mendapatkan kebaikan serupa kelak di akhirat atas apa yang dibaca dan dilakukan.

4. Mengusir Setan dari Rumah
Membaca Al-Qur'an di rumah, juga mempunyai manfaat tersendiri GanSis.
Rumah yang tidak pernah sama sekali diperdengarkan bacaan ayat Al-Qur'an maka diibaratkan sebagai makam atau kuburan.
Sedangkan rumah yang sering diperdengarkan di dalamnya orang membaca Al-Qur'an, maka setan-setan akan kabur dan rumah akan penuh dengan cahaya keberkahan!

5. Melancarkan Rezeki
Membaca surat-surat Al-Qur'an juga memiliki fadilah masing-masing.
Ada yang membuka jalan rezeki, dijauhkan dari malapetaka, obat penyembuh dan berbagai macam fadilah lainnya.
Rutin membaca surat Al-Waqiah, mempunyai fadilah dilancarkan rezeki dan dimudahkan segala urusan GanSis.
Ane sudah praktikan sendiri dan Alhamdulillah Allah maha pemberi dan penyayang.

6. Memberikan Syafaat di Hari Kiamat
Membaca Al-Qur'an dengan penuh keikhlasan untuk menjadikannya pedoman hidup dan mengikuti segala perintah Allah dan Ridho-Nya, kelak di akhirat akan menjadi syafaat atau penolong bagi ahlinya (pembacanya).


Manfaat-manfaat Membaca Al-Qur'an Selain Sebagai Pedoman Hidup! Kita Wajib Tahu


Bagaimana GanSis, di atas baru beberapa manfaat membaca Al-Qur'an loh!
Masih banyak manfaat-manfaat lain saat kita mau membaca dan menerapkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mari kita baca Al-Qur'an meskipun hanya satu ayat sehari, dan jadikan itu sebagai bentuk dan wujud keimanan kita kepada Allah untuk mendapatkan ridho-Nya GanSis!

Ingat, hidup tidak tahu sampai kapan.
Pastikan kita mati membawa kebaikan yang meringankan beban kita atas balasan segala perbuatan.

Oke, semoga thread kali ini bermanfaat buat kita semua, terima kasih telah singgah dan see you next thread


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-2 Jempol semoga kita termasuk ke dalam orang yang dapat mengamalkan Al-Qur'an dengan baik GanSis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Trinindito dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo Yok kita rajin baca Al-Qur'an meski hanya satu ayat, tapi lebih banyak lebih baik ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 3 lainnya memberi reputasi
Bener, plus ane saranin sih baca terjemahannya juga biar mengerti artinya, jangan hanya baca tulisan arabnya saja
profile-picture
profile-picture
iskrim dan masnukho memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Thread bagus
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Baca, fahami, amalkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arefhan dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


emoticon-2 Jempol iya mbak, kalau dibaca doang itu bagus, tapi lebih bagus dipahami terus diamalkan
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan arefhan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Allahummarhamni bil Quran Waj'alhu lii imaamawwanura wa hudawwarhmah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
brina313 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh thomasandfriend
Waduh ane jarang baca nih emoticon-Sorry
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bener banget gan secara ga langsung bikin hati jadi lebih tenang dan damai emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Kenapa sekarang disetiap masjid jarang ada anak kecil belajar ngaji ya?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo Aamiin

Quote:

emoticon-Matabelo yok gan baca lagi, seayat gak papa, besoknya ditambah lagi gitu. Hehe

Quote:

emoticon-Matabelo bener gan, kita jadi ngerasa hidup damai meskipun keadaan lagi susah

Quote:

emoticon-Cape d... gak tau gan, apa karena orang tua gak menggiring anaknya buat ngaji ya
profile-picture
profile-picture
forsining dan apidazenko memberi reputasi
Udah pernah baca al quran dan terjemahannya, Kadang udah baca terjemahannya, kurang mengerti makna ayat tersebut, terjemahannya seperti sebuah puisi yang perlu diulas lagi.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mudah2an makin bnyk yg baca quran setelah liat thread ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
forsining dan 2 lainnya memberi reputasi
Selain berkaitan dengan hati dan juga akhirat yang sekarang ini sedang kita usahakan, yakinlah, orang yang bisa baca quran sama tetangga dan orang terdekat akan lebih dihormati dan tidak diremehkan
profile-picture
profile-picture
forsining dan masnukho memberi reputasi
Quote:

Aamiin, semoga ya gan emoticon-Matabelo

Quote:

emoticon-Matabelo bener ente gan, fakta itu memang
trit mantab kek gini koq sepi. makasih dah diingetin akan pentingnya baca Al-quran gan. mudah2an ane mulai niat buat baca lagi. dulu ane rajin baca abis sholat. tapi entah knp ane merasa mulai malas. ampuni hambaMu ini ya Allah emoticon-Mewek emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gagalproduk
Ane sering dapet inspirasi nulis setelah shalat dan kalau sedang berpuasa, gan emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
masnukho dan forsining memberi reputasi
baca doang ngerti kaga , ngamalin kaga dan gk ngerti bahasa arap wakakakkaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
dulu mah pas sekolah rajin kenapa pas udah kerja jadi males beginiemoticon-Frown
profile-picture
masnukho memberi reputasi
tapi klo bisa di selinggi baca terjemahanya
maklum kita ini bukan orang arap dan paham bahasa arap sehingga bisa mengerti apa maksudnya ,, heheh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di