CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Youtuber Kena Pajak, Begini Cara Hitungnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603d24752933336c4c030410/youtuber-kena-pajak-begini-cara-hitungnya

Youtuber Kena Pajak, Begini Cara Hitungnya

 Youtuber Kena Pajak, Begini Cara Hitungnya



Jakarta, CNBC Indonesia - YouTuber harus menjadi warga negara yang baik. Salah satunya dengan membayar pajak kepada pemerintah. Jika kalian bingung berikut cara perhitungannya.

Salah satu pajak yang harus dibayarkan para YouTuber adalah Pajak Penghasilan (PPh). Sistem pembayarannya dengan self assessment, di mana YouTuber diminta menghitung pajak dan membayar sendiri pajak yang terutang.

Pilihan Redaksi

Simak! Nasehat Bill Gates ke Orang yang Sudah Divaksin Corona
Ada Alasan Politis di Balik Aksi Keras Xi Jinping ke Jack Ma?
Biar Paham! Ini 5 Fakta Vaksinasi Mandiri Buat Lawan Covid-19

"Sebagai wajib pajak, YouTuber atau artis wajib melaksanakan kewajiban perpajakannya," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Metode penghitungan PPh sendiri bisa dilakukan sesuai dengan mekanisme Norma Penghitungan Penghasilan Neto. Di mana penghitungan pajaknya dilakukan 50% dari total peredaran brutonya dalam satu tahun

Vagi para YouTuber coba untuk menghitung PPh secara mandiri. Untuk mekanisme penghitungan sendiri ini, penghasilan per tahun maksimal Rp 4,8 miliar atau Rp 400 juta per bulan.

Mari kita simulasikan, jika penghasilan seorang YouTuber selama setahun mencapai Rp 4,8 miliar, maka yang dihitung pajaknya adalah 50% nya yakni Rp 2,4 miliar.

Dari Rp 2,4 miliar tersebut dikurangi Rp 54 juta (Penghasilan Tidak Kena Pajak/PTKP) yakni Rp 2,446 miliar yang akan dibayarkan pajaknya dengan tarif progresif.

5% x Rp 50 juta = Rp 2,5 juta
15% x Rp 200 juta = Rp 30 juta
25% x Rp 250 juta = Rp 62,5 juta
30% x Rp 1,946 miliar = Rp 583,8 juta

Total pembayaran pajak YouTuber jika penghasilan mencapai Rp 4,8 miliar selama setahun adalah sebesar Rp 678,8 juta.

"Dan kalau ada bukti potong dari pihak lain yg sudah memotong pajak, bisa dipakai sebagai kredit pajak (sebagai pengurang)," tegasnya.


link


"Sebagai wajib pajak, YouTuber atau artis wajib melaksanakan kewajiban perpajakannya," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Uihhh mantap tuh. Duit".....emoticon-Matabelo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ogahhh
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan argacarella memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekalian yg ikut kontes logo desain, adsen web/blog, adsen apss, gamer e sport, jual bibit online, dll. itu juga di pajakin gak usah tanggung2 & pilih kasih emoticon-Smilie

emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Penghasilan dakwah gmn ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Woaw, besar juga ya nilainya emoticon-Matabelo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gimana nih?
UMKM dapat 0,5%, tapi Youtuber dipalakin gede banget

Kalau memang pajaknya sampai gede gitu harusnya diimbangi dengan kebebasan berekspresi yang dijamin. Pajak Gede boleh, tapi harus dilindungi lah!

Vulgar dikit risiko kena kominfo

Bacot pedes dikit digruduk ngormas

Tapi pajaknya guede banget gak kira-kira

Para Youtuber gak bakal ngemis-ngemis hingga minta disuntik APBN kayak BUMN. Mereka masyarakat biasa yang mencari rejeki mandiri. Syukur sudah banyak yang bisa membuka banyak lapangan kerja lewat bisnis broadcast di Youtube. Syukur banyak yang kerjasama ngangkat brand-brand lokal.

Hadeh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan

Buat yg punya penghasilan segitu, mending bayar saja pajaknya.

Hidup ente jadi tenang, dan bisa leluasa nunjukin harta di medsos, mau pamer mobil mewah seharga puluhan milyar, tas ratusan juta, jalan2 ke LN, hedon hambur2 duit, dsb.

Orang pajak pasti nggak akan mengendus2 dan mantengin medsos agan melulu. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 10 lainnya memberi reputasi
untung napas belom kena pajak juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa hanya ytb saja harusnya tikt*k, big* yang dikenakan pajak tuh soalnya banyak main kontennya..
profile-picture
profile-picture
ican.kurniawan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waktu itu si kobochan masih ngamplas kayu
Wah kesempatan bagus buat google nih, bisa nyari tambahan penghasilan dengan cara jualan jasa buat ngitung pajak penghasilan yotouber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Palakin deddy aja biar sekalian dijadikan konten buat podcast.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bodoh banget cara ngitungnya

view itu gak sama hasilnya satu video dengan video lain

lagipula kalo mau jujur, ad sense youtube itu gak banyak2 amat dan hampir gak cukup untuk membiayai operasional. mereka cari duit via sponsor luar

ini buat yang paham aja pasti tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ribet amat 😠😠 langsung aja 2 % kek 5 % 🖕🖕🖕
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah gt dong.
penghasilan di atas ptkp wajib di pajakin
Uda sepantasnya bayar pajak
kalau virtual youtuber bagaimana masbro ?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mari kita simulasikan, jika penghasilan seorang YouTuber selama setahun mencapai Rp 4,8 miliar, maka yang dihitung pajaknya adalah 50% nya yakni Rp 2,4 miliar.

gokil pajaknya setengahnya.. emoticon-Hammer2
profile-picture
Omaigademsyit memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
pajak ini suku katanya hampir mirip dengan kata palak, entahlah ini mirip atau engga emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
pianpido dan maverick4ever memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ini penjualan santet bijimana pak......... di sini bnyk nih pelet dan kawan - kawan..... emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di