CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang Hampir 6000 T, Kemenkeu:Jangan Kuatir, Negara Bayar Kegiatan dari Ekonomi/Pajak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c903257a7196190635d63/utang-hampir-6000-t-kemenkeujangan-kuatir-negara-bayar-kegiatan-dari-ekonomi-pajak

Utang Hampir 6000 T, Kemenkeu:Jangan Kuatir, Negara Bayar Kegiatan dari Ekonomi/Pajak

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga Desember 2020, utang pemerintah tercatat sebesar Rp 6.074,56 triliun. Jumlah itu terdiri dari utang luar negeri sebesar Rp 5.803,2 triliun dan utang dari dalam negeri sebesar Rp 271,36 triliun.

Besarnya utang tersebut tentu membuat rakyat bertanya-tanya, apakah pemerintah mampu membayarnya? Apa risikonya kalau utang itu tidak terbayar?

Baca Juga: Utang Pemerintah Tembus Rp 6.000 Triliun di 2020

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah Indonesia tidak pernah punya rekam jejak gagal bayar. Lantaran, pemerintah selalu berupaya menjaga rasio utang tetap sehat.

Selain itu, membengkak nya utang pemerintah adalah akibat pandemi Corona yang menghantam semua negara. Pemerintah perlu banyak uang untuk menangani Covid dan memulihkan ekonomi.

Baca Juga: Cuitan Susi Soal Utang Indonesia, Reaksi Stafus Menkeu: Banyak yang Hanya Baca Judul

"Penarikan utang memang lebih besar di 2020 karena pandemi pendapatan pajak negara berkurang drastis akibat ekonomi mandek. Tapi secara tahunan dari 2015 sebenarnya relatif stabil kecuali karena COVID-19 tahun lalu," kata Yustinus saat menjadi pembicara sama seminar online Kantor Staf Presiden, Selasa (23/02/2021).

Kemenkeu mencatat, selama 2020 pemerintah berutang sebesar Rp 1.226,9 triliun. Sedangkan 3 tahun sebelumnya selalu dibawah Rp 500 triliun.

Baca Juga: Tangani Covid dan Pulihkan Ekonomi, Utang Pemerintah Naik Jadi Rp 5.803,2 T

Pada 2017, pemerintah berutang Rp 422 triliun, 2018 sebesar Rp 372 triliun dan 2019 sebesar Rp 437 triliun.

Yustinus mengklaim, catatan utang pemerintah Indonesia masih lebih  baik dari negara lain. Misalnya defisit fiskal 2020 yang sebesar 6,1% terhadap PDB, negara lain banyak yang lebih besar defisit fiskalnya.

Lalu proyeksi IMF atas rasio utang RI terhadap PDB sebesar 38,5% di 2020. Menurut Yustinus proyeksi itu paling rendah se-ASEAN.

Baca Juga: Tambah 2,26 Juta Pelanggan di Jatim & Bali, PLN Ngutang Rp 4,3 T

"Di ASEAN penambahan utang kita paling kecil. Ini sekaligus mengklarifikasi banyak tuduhan seolah-olah kita ini tukang utang dan utang kita sudah tidak aman. Kita bandingkan ternyata kita relatif lebih baik," ujar Yustinus.

Lebih jauh, ia menegaskan, ketakutan akan hutang sebagai sesuatu yang berlebihan.   

“ Rasa takut ini sering dimanipulasi seakan-akan utang ini akan menggerus atau mencabut masa depan kita. Seolah-olah bayi baru lahir itu menanggung utang. Padahal faktanya, yang membayar utang itu negara. Dari mana? Dari aktivitas ekonomi yang terus bertambah karena regulasi pemerintah, investasi terus meningkat, perusahaan pabrik dan UMKM makin bermunculan lalu ada pajak di sana, sebagian dipakai untuk melunasi itu”.

Besarnya utang pemerintah juga tidak akan mengganggu kedaulatan RI. Saat ini porsi utang lebih aman, karena mayoritas berasal dari utang, bukan pinjaman.

"Kebalik, kalau dulu pinjaman lebih besar dari utang sehingga ada isu kedaulatan. Sekarang isu kita adalah utang itu 86%, pinjaman hanya 14%," pungkasnya. 

https://www.kompas.tv/amp/article/15...akyat?page=all
profile-picture
tokojejakbele memberi reputasi
ga kawatir lah doi, udah mau abis masa jabatan ini, dia mati pun bukan dia yang bayar, jaminannya juga bukan punya dia....enaknya di situ emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Utang Hampir 6000 T, Kemenkeu:Jangan Kuatir, Negara Bayar Kegiatan dari Ekonomi/Pajak
profile-picture
slider88 memberi reputasi
Diubah oleh Nefanasa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
6000T kalau di belikan cincau dapat sebrapa emoticon-Leh Uga
profile-picture
secer memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Justru itu yang bikin khawatir, Pajaknya dikencengin mulu ke rakyat kecil, yang gede-gede gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Gue nunggu aja ada komen "liat aja Cina ama Amrik, utang ampe segede gaban masih nyante aja"

Moso ngebandingin ama Indonesia yang alutsista ama minyak masih ngimpor emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Semoga di neraka cambukanya sebanyak utang yg anda buat di indonesia
orang2 kaya d kasih insentif pajak.
sobat missqueen tinggal nunggu aja item2 apa lagi yang akan dipajakin sama pemerintah. lol
Iya bener bu, banyak2in deh utangnya negara ini yg bayar, kalo abis rejimnya ga lunas bodo amat toh ada cebong ini yg nyebokin emoticon-Big Grin
Terus bayar utang dan bunga dari sektor apa ?
profile-picture
dexvils memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane ga mau ambil pusing soal utang negara ...lha sekarang ekonomi lagi nyungsep dimana mana phk, itu dulu deh beresin. Urusan nya perut. Mau dibawa kemana ini ???
biasanya takut kagak diutangin.........negara yang ngutangin yang seharusnya khawatir jika ngutangin indonesia....ditagih bakal u kno lah wkwkwkwk
profile-picture
dexvils memberi reputasi
apa yang kau harapin dari negara yang doyan ngutang dan foya2. serta hukumnya cuman buat supaya koruptor merajai
profile-picture
dexvils memberi reputasi
Perbanyak utang demi kesejahteraaan koruptor....
profile-picture
slider88 memberi reputasi
rakyat yang bayar

mereka pake duitnya buat buzzer, suntikkin bumn, bansos.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di