CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c779258db333307288149/indonesia-menjajah-atau-mengintegrasi-timor-leste

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?



Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Pelajaran sejarah di Timor Leste menganggap Indonesia telah menjajah mereka, namun pelajaran sejarah di Indonesia bahwasanya Timor Lorosae itu di integrasi ke Indonesia.

Tentu saja hal ini akhirnya membawa debat antar warga Timor dan juga Indonesia, tapi sebenarnya apa sih yang terjadi?

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Oke kalau pakai sudut pandang kita sebagai WNI tentu akan subyektif bahwasanya Timor Leste tidak di jajah, namun di thread ini saya akan pakai sudut pandang dari mereka yang menganggap Indonesia penjajah dan banyak melanggar HAM.



Kita ambil dari cuplikan film yang dibuat oleh Timor Leste yang menampilkan TNI ketika berada di sana, judul film ini adalah A Guerra da Beatriz. Lihat ketika disitu jelas tedengar suara "Siap...tembak" tak mungkin itu bahasa Timor, itu adalah tentara dari Indonesia.

Kita tarik dulu kebelakang Hindia Belanda, yang menguasai Indonesia saat itu adalah Belanda sedangkan Timor Timur adalah Portugis. Jadi Belanda mengusai Timor Barat yaitu NTT dan Portugis menguasai Timor Timur, ketika saat itu Timor Timur dilepas oleh Portugis untuk menentukan nasibnya sendiri terjadilah konflik internal dalam politik dalam negeri mereka.

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Ada partai União Democrática Timorense (UDT) dan Front Revolusioner Independen Timor Timur (Fretilin). Namun konflik itu dimenangkan oleh Fretilin, disini konflik berdarah diantara kedua partai itu sering terjadi bahkan anggota UDT lari ke kawasan Indonesia di tahun 1970an.

Suharto melihat gerakan Fretilin yang dicap komunis khawatir akan perkembangan Komunis yang dekat dengan perbatasan Imdonesia, ia pun membuat proposal yang berisi pengajuan bantuan Indonesia ke Amerika Serikat. Saat itu kebetulan sekali Amerika posisinya sedang kalah perang dengan Vietnam yang beridiologi komunis. Amerika pun membantu karena tak ingin Timor Portugis di kuasai komunis.

Namun terjadi masalah di tahun 1975 dimana ada sebuah peristiwa yang besar yaitu kasus Balibo, tepatnya 16 Oktober 1975 ada 5 wartawan dari Australia yang mati terbunuh.



Peristiwa tersebut dikenal dengan nama Balibo Five, tak lama berselang kembali Indonesia invasi Timor Leste pada  7 Desember 1975, karena ini penyerangan secara operasi militer yang dinamakan operasi Seroja.

Indonesia menundukkan perlawanan pasukan Fretillin yang disebut Falintil, tentu pada operasi ini banyak nyawa yang melayang. Hingga pasukan Falintil pun menyerah, dan mengakui kekalahan mereka.



Jelas masyarakat Timor Leste menganggap operasi militer Indonesia adalah menjajah tanah air mereka. Bahkan ada kasus pembantaian santa cruz yang membuat mata dunia mulai melirik Indonesia

Inilah pemicu akhirnya terjadi referendum di Timor Leste, karena ada isu pelanggaran HAM yang dilakukan oleh TNI secara besar-besaran. Hal ini juga jadi pembelajaran ketika menangani KKB Papua, kenapa TNI tidak genosida massal? Yang ditakutkan pejuang HAM akan koar-koar dan ini membahayakan stabilitas negara, maka sistemnya ya konflik perang kecil tidak secara terbuka seperti operasi seroja, walau resikonya kedua belah pihak ada yang tewas.

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Yang menarik kenapa operasi Seroja tidak dianggap pelanggaran HAM? Karena secara fakta TNI dibantu oleh Amerika dari penerjun yang turun di langit Dili itu dilatih oleh Amerika, alat militer TNI adalah bantuan dari Amerika hingga pesawat C-47 dan C-130 itu adalah bantuan dari mereka.

Bahkan Inggris dan Australia juga membantu Indonesia dalam melakukan operasi militer, namun karena ada kasus Balibo five, Australia juga yang akhirnya pertama kali mendukung referendum. Hal itu pun menegaskan pada 30 Agustus 1999, Timor Leste menjadi negara berdaulat dan Merdeka.

Tapi saat ini terlihat mendirikan negara baru tidaklah mudah, Timor Leste menjadi negara miskin setelah berpisah. Walau mata uang mereka dollar, bukan berarti mereka kaya biaya hidup di Timor pun cukup tinggi. Kasus korupsi juga membuat negara ini semakin terpuruk, entahlah apa yang akan terjadi di masa depan akan negara yang dulunya bagian dari Indonesia ini, akankah nasibnya bisa serupa dengan Brunai Darussalam?

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

Jadi apakah layak disebut integrasi atau penjajah? Silahkan keluarkan pendapat kamu di kolom komentar!!


emoticon-I Love Indonesia

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Indonesia Menjajah Atau Mengintegrasi Timor Leste?






profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 5
Yg ane tau, Timor Leste jd negara termiskin se Asia setelah bebas dr INA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
gerombolan bule barat itu
semuanya same shit
sama-sama kulit putih keturunan eropa

kalian bule barat mau menyinggung ras lain soal HAM
bagaimana dengan pelanggaran HAM yg dilakukan bule barat
menjajah asia,afrika,timteng dll
genosida pribumi amerika,australia.kanada,selandia baru dll
rampas tanah pribumi amerika,australia,kanada,selandia baru dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 22 lainnya memberi reputasi
Hmmm.....

Ane sbg pembaca, cmn menunggu TS utk memberikan jawaban atas pertanyaan yg TS ajukan.

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ya eyang soeharto ketika itu pengen menjadi bagian dari sekutu terdepan-nya amerika dalam menghadapi penyebaran komunis.

bahkan sampe meminta "restu" presiden amerika untuk mengintervensi situasi di Timles ketika itu.

dan sebetulnya POTUS juga ga memberikan "restu" secara resmi, cuma bilang kalo memang dirasa perlu dilakukan, lakukan secepatnya jangan sampe terlalu lama penyelesaiannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wh1tep4per
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jdi penjajah tpi hrus membangun. Jangan kaya australia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menurut ane, Indonesia adalah wayang goblok yang dimainkan oleh 2 negara besar untuk menjaga kepentingan 2 negara tersebut, yg akhirnyaaaaa...... timor leste sendiri yg gigit jari jd negara termiskin krn terprovokator jg oleh 2 negara culas itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
katanya sih banyak kecurangan juga saat referendum, jadi banyak yang kaget juga saat opsi merdeka ternyata yang menang.
sampai UNAMET diplesetkan jadi Usaha Negara Asing Merdekakan East Timor.
sedih mengingat banyak yang harus gugur disana, They just follow order..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 7 lainnya memberi reputasi
sedari awal memang wilayah Indonesia adalah wilayah eks jajahan belanda (Hindia Belanda), dimana jelas2 Timor Timur tidak masuk kesitu karena jajahan Portugis. secara simple ya kita harus jujur bahwa itu adalah agresi / pemaksaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Darah itu Merah jenderal.... emoticon-I Love Indonesia



Merah itu Resingngngngng.... emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
rinandya dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udalahlah, akui aja kita memang menginvasi mereka
itu bukti sejarah tak terbantah

yg menjadi penyesalan sini adalah intilejen dongok yg bilang fretilin itu sekelas hansip, pdhl kebanyakan veteran combatan perang afrika

yg sana jg nyesal dikadalin bule bwh soal minyak, dpt ga seberapat, tanah tandus , kotanya bagaikan thn 1970 an disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
semuanya balik ke politik yah, dan masalah nasib rakyatnya ditangan pemegang politik, ngeri-ngeri sedap emang...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
inilah akibat kolonialisme belanda & portugal
pulau timor dibagi 2, padahal sebelum bangsa eropa datang ke nusantara mungkin pulau timor mempunyai kerajaan sendiri
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Invansi...yang bertentang dengan uud1945, tapi kita gak bisa judge itu Salah atau benar karna kita gak tau apa yg terjadi pada waktu itu Dan knp malah milih opsi Invansi...

profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan c4punk1950... memberi reputasi
Situasi saat itu gak bisa tidak memang mengharuskan Indonesia masuk ke Timtim. Ancaman komunis di mata pemerintahan Suharto jelas bukan kaleng-kaleng. Di jangka waktu yang sama, di Kamboja sedang berlangsung genosida ⅓ rakyatnya. Tentara Vietut juga baru aja masuk ke Saigon setelah AS mundur dari Vietsel. Adanya tambahan negara komunis di selatan pasti bikin pemerintahan Indonesia panik juga, berasa dikepung di dua lini. Ini yang bikin Orde Baru gerak cepat masuk ke Timtim sebelum mereka jadi lebih kuat.

Dan ane rasa istilah integrasi gak salah digunakan. Kucuran deras APBN kesana bukan tanpa sebab. Gak mungkin Indonesia mau bikin pembangunan segitu banyak jika cuma ingin cari aset SDA setempat. Masyarakat Timtim juga gak diperlakukan sebagai WN kelas dua. Semua dapet hak yang sama, pendidikan yang sama. Bandingkan dengan tindakan Belanda di era kolonial dulu yang kelas masyarakatnya justru dibagi tiga dan dampaknya masih kerasa hingga sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Katakanlah indonesia dan malaysia bergabung jd satu negara, kemudian ibukota di indonesia.. apa itu artinya penjajahan thd malaysia? Karena kan sebelahan.

Beda mgk kl indonesia gabung dgn spanyol dan ibukota di indonesia.. mgk bs dipastikan itu bentuk penjajahan indonesia thd spanyol..

Kl sebelah2an dianggap penjajahan.. berarti benar catalonia itu dijajah spanyol dong..

Atau katakanlah khilafah yg menguasai sampe ke eropa dan afrika.. apakah itu bentuk penjajahan? kan dulu sebelah2an..

Lagipula.. ane ada sdkt bangga sih sbg indon atau malah sbg jawir, kl timtim adalah bekas jajahan.. gimana jg indon yg begini bs punya negara bekas jajahan.. kayak belanda yg pernah dijajah spanyol ketika menjajah indonesia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4b4n6 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Akhirnya mereka nyesel sekarang, negara kecil yg tandus, sumber daya alam minim, negara2 yg dulu bantu, ternyata pada kabur.
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mengutip salah satu lirik lagu bahasa tetun

"tansa la dame, tansa la hadomi"
"mengapa tidak ada damai, mengapa tidak ada cinta"
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan c4punk1950... memberi reputasi
ngenes sih kalau inget2 TimTim
yg rugi nama kita jelek, TimLes kebagian ampas dikadalin
yg untung Ausie....

mk ny Ausie sekarang pgn ngulang hal yg sama di papua
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sesuai dengan pemahaman sejarah yang ane dapat.
Soeharto takut komunis berkembang di Tim2 bisa mempengaruhi Indo.
Makanya minta ijin dan bantuan barat untuk invasi.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dari pada ribut, ane tutup pekwannyaemoticon-Leh Uga

GIF
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di