CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c20682b7c3b72d570ca33/mengubur-ari-ari-dan-diberi-penerangan-bukanlah-syirik-berikut-penjelasan-logisnya

Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!

Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!



Hai, hai, AganSis!

emoticon-Hai



Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam menguburkan ari-ari bayi setelah proses persalinan seorang wanita. Di daerah Jawa sendiri terdapat semacam ritual dan syarat-syarat saat melakukan prosesi penguburan. Beberapa syarat misalnya penguburan harus dilakukan ayah kandung si bayi, membacakan ayat-ayat Alquran, kuburan harus diberi bunga (wewangian), diberi penerangan, bahkan ditutup dengan kurungan ayam.


Dengan adanya syarat-syarat kurang logis tersebut, banyak yang menyebutkan bahwa hal itu termasuk perbuatan syirik. Tanpa tahu bahwa sebenarnya ada maksud tertentu di setiap syarat dalam ritual tersebut.



Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!



Mari kita baca penjelasan di bawah ini!

emoticon-Request



Ari-ari atau plasenta merupakan bagian terpenting dalam kehidupan si bayi selama dalam rahim karena menjadi sumber makanan utama bayi. Setelah lahir ke dunia, keberadaan ari-ari sudah tak penting lagi bagi si bayi. Tradisi masyarakat mengharuskan kita memperlakukan ari-ari dengan baik karena dianggap sebagai belahan jiwa si bayi, dan wajib menguburnya dengan benar.


Kenyataannya, mengubur ari-ari tidak memiliki tujuan seperti itu. Memang sudah menjadi hal wajib dalam Islam bahwa setiap anggota tubuh manusia harus dikubur. Tak terkecuali ari-ari. Lagi pula, tak mungkin kan dibuang di tempat sampah, apalagi dibakar. Jadi, satu-satunya jalan adalah dikubur.


Kenapa harus dikubur di depan rumah, diberi lampu, bunga(wewangian), bahkan kurungan ayam?



Menurut penuturan masyarakat dulu, pemberian lampu diharapkan bisa menjadi pepadhang(penerangan) bagi kehidupan si bayi kelak. Sementara bunga berkaitan dengan hal ghaib, dan kurungan merupakan simbol kekuatan.


Jelas, itu syirik!


Namun, AganSis perlu juga memahami alasan logis dari proses tersebut!


Ari-ari bayi yang dikubur diberi lampu bertujuan agar terlihat saat malam. Pekuburan ini memberi tanda bahwa ada bayi di rumah tersebut, sehingga orang-orang yang lalu lalang di sekitar bisa menjaga sikap agar tak membuat gaduh atau mengusik ketenangan si bayi. Dengan adanya penerangan bisa mencegah kemungkinan kuburan terinjak secara tak sengaja.


Kenapa tidak dikubur di pemakaman?



Ini pertanyaan tak logis. Kita tak sedang menguburkan orang mati. Lantas mau diberi nama siapa pada nisannya?


Hal berikutnya yang disebut syirik adalah dengan memberi bunga atau wewangian di atas kuburan. Padahal tujuannya jelas. Untuk meminimalisir bau amis dari ari-ari, agar tak tercium oleh hewan di sekitar. Kalau sampai digali kucing atau anjing, kan bahaya!


Sedangkan diberinya penutup berupa kurungan ayam, itu hanya akal penduduk saja untuk melindungi kuburan dari hewan atau anak-anak kecil yang berlarian di sekitarnya. Di kampung adanya kurungan ayam, jadilah tradisi secara turun temurun.



Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!



Nah, jadi mengubur ari-ari dengan berbagai prosesi tersebut tak sepenuhnya syirik. Semua bergantung niat dari diri masing-masing saja. Kecuali kalau sudah mulai menaruh jarum, alat tulis dan sebagainya yang bertujuan agar si bayi kelak tumbuh menjadi anak yang kuat dan pandai baca tulis. Kalau ini sudah masuk syirik. Mau pintar ya belajar. Mau kuat ya berusaha. Sederhana saja. Tak perlu menaruh benda-benda yang tak memiliki penjelasan masuk akal seperti itu di sekitar kuburan ari-ari.


Bagaimana, AganSis, sudah paham maksud dari tulisan ane? Kalau belum, silakan baca ulang. Kalau setelah baca ulang tapi tetap belum paham, berarti narasi ane berbelit-belit atau ente yang ... ah sudahlah! Intinya, sebelum melabeli sesuatu hal, pikirkan dulu penjelasan logis yang menyertainya.


Sekian, thread pertama ane di bulan Maret. Maafkan bila narasi ane belepotan. Efek gugup dan lama tak nulis! emoticon-Ngacir

Terima kasih sudah menyimak, dan bila berkenan silakan tinggalkan cendol dan rate-nya. emoticon-heart



emoticon-Blue Guy Cendol (L):emoticon-Shakehand2emoticon-Rate 5 Staremoticon-Sundul Up



Penulis : @YenieSue0101
Opini pribadi dan klik
Ilustrasi : 1, 2, 3


profile-picture
profile-picture
profile-picture
rendiv dan 88 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
nguri uri pejwan
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalau ari-ari ane dulu dimasukin ruas bambu, dicampur abu kayu bakar dan dikasih uang koin.
(Kata nenek)
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Sama kaya ditempatku berarti ya cara ngubur ari-ari. Cuma tempatku ga pakai bunga
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Madura dikasih bumbu di dalam kendinya itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stealth.mode dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
gampang banget ya ngehakimi orang syirik.
hanya karena tidak ada/beda dengan budaya arab ada yang nyebut syirik ya ?
emoticon-Bingung

untung ditempat abe ga ada yang ngrributin masalah ginian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengagumbiru dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Uwiiiw... Penjelasan yg sangat logis...
Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!
Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coklat80 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di sini macem2. Ada yg digantung, ada yg dikubur.

Tp kalo dikubur sih pake kendinya sekalian dan gak pake kembang2 gitu. Terus ari2nya dikasih bumbu gitu.
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan YenieSue0101 memberi reputasi
Nah, ternyata begitu ya alasannya. emoticon-Matabelo ane malah baru tau
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
MAKASIH BANYAK INFONYA
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Iya, gan. Sebagian ada yg menganggap syirik. Padahal penjelasannya logis, loh!

Quote:

Hai, hai GanDolf emoticon-Hai

Quote:

Kenapa harus dikasih bumbu ya? emoticon-Bingung

Quote:


Begitulah, gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Sama2 gan emoticon-Shakehand2
di singapur ari ari disimpan untuk pengembangan stem cell. berguna untuk pengobatan sianak apabila membutuhkan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bittersweet02 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
bukan ngusir binatang malam, supaya ga digali?

emoticon-Bingung
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Oh, begitu ya gan. Thanks infonya emoticon-Shakehand2
Quote:


Ya kan yg suka gali2 itu binatang yg lagi nyari makan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
satu"nya jalan ga hanya dikubur, ada yang dilarung ke sungai yang mengalir

tentu dengan kepercayaan yang berbeda-beda
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mertua gua sangat kejawen banget
6 cucu nya mengikuti adat kejawen dan semua dikubur di rumah bokap, sampai diajari begini lho caranya jangan sampai lupa dengan adat JAWA sayang aja ada 1 mantu nya yang KADRONE GOBLOK tapi mau gak mau sih ngikuin mertuanya kwkwkwkwkkwk

mantra yang gua inget nih KAKANG KAWAH ADI ARI-ARI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
altara96 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ۞thermal_paste۞
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
penanda biar ga pada gaduh di sekitar rumah keluarga itu, bagus emoticon-Jempol
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Kata pepatah..Dimana bumi dipijak disitu langit di junjung
tiap daerah punya adatnya sendiri, pahami dan hormati...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Quote:

Asal masih bisa dipikir secara logis, ada baiknya diikutin sih emoticon-Shakehand2

Quote:


Bener, gan. Kan gak semua orang tau kalo rumah tsb ada bayi. Apalagi yg rumahnya di pinggir jalan besar yang mana banyak orang berlalu lalang emoticon-Shakehand2
profile-picture
cungkringoke memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di