CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Pentingnya Mengajarkan Budaya Membaca Pada Anak Sedini Mungkin, Untuk Masa Depan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c074094a2d001406ee2cd/pentingnya-mengajarkan-budaya-membaca-pada-anak-sedini-mungkin-untuk-masa-depan

Pentingnya Mengajarkan Budaya Membaca Pada Anak Sedini Mungkin, Untuk Masa Depan!

Pentingnya Mengajarkan Budaya Membaca Pada Anak Sedini Mungkin, Untuk Masa Depan!

Apakah mengajarkan budaya membaca pada anak sejak kecil itu penting?
Lantas bagaimana cara membiasakan anak untuk rajin membaca?


Hallo GanSis, selamat pagi.
Selamat menjali awal pekan dengan segala harapan dengan penuh perjuangan untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan.
Bagaimana hari ini, sudah siap untuk bekerja dan beraktifitas kembali kan?
Tetap semangat ya GanSis, awali usaha kita dengan niat dan doa, agar mendapatkan hasil terbaik untuk keluarga pastinya!

Sesuai dengan judul, kali ini ane mau membahas tentang pentingnya mengajarkan budaya membaca pada anak sedini mungkin, dan mengetahui cara serta manfaat apa yang bisa kita dapatkan saat anak-anak dapat memiliki kebiasaan membaca.

Sebelum membahas lebih lanjut, ane mau mencuplik tentang pengertian dan manfaat dari membaca.
Apa arti dan manfaat membaca?
Simak di bawah ini!


Quote:


Membaca, adalah aktifitas atau kegiatan melihat serta memahami teks atau buku, untuk mendapatkan ilmu, pesan, atau informasi seputar dari media bacaan. Membaca sendiri terdiri atas dua cara, yaitu membaca nyaring dan membaca di dalam hati.
Untuk membaca nyaring, seseorang akan menyuarakan tulisan pada bacaan untuk dapat didengar oleh orang lain. Sedangkan membaca dalam hati, adalah membaca dengan khidmat dan seksama di dalam hati, untuk mendapatkan informasi atau ilmu untuk diri sendiri!

Lantas apa manfaat dari membaca?
Manfaat membaca, tentu saja sangat banyak sekali GanSis.
Selain untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, membaca juga memiliki beberapa manfaat lain.
Di antaranya yaitu meningkatkan kapasitas berpikir dan juga meningkatkan keterampilan dalam menulis.

Maksut dari meningkatkan kapasitas berpikir di sini yaitu meningkatkan daya pikir seseorang untuk dapat paham, mengerti dan melakukan apa yang mereka dapatkan dari membaca.
Seseorang yang gemar membaca buku, artikel, atau lain sejenisnya, biasanya mereka akan berpikir kritis tentang maksud dan pesan serta informasi apa yang bisa didapatkan dari bahan bacaannya.
Sedangkan untuk keterampilan menulis, ini biasanya dimiliki oleh pembaca yang juga gemar menulis GanSis.
Mereka dapat menyampaikan kembali informasi yang didapatkannya dari membaca dengan menulis ulang dengan opini pribadi!

Tidak hanya itu GanSis, membaca juga dapat bermanfaat bagi seseorang untuk memahami sebuah peringatan, peraturan atau arahan dalam bentuk tulisan.


Quote:


Melihat betapa penting dan bermanfaatnya membaca di dalam kehidupan sehari-hari, tentu sangat penting pula untuk mengajarkan dan membudayakan membaca pada anak-anak sedini mungkin.
Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar anak dapat terbiasa berpikir, memahami dan mengerti tentang bacaan.
Sebab di kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat luput dari teks atau bacaan. Entah itu buku, pengumuman, peringatan, rambu-rambu dan lain sebagainya!
Jika anak-anak tidak diajarkan untuk membaca sedini mungkin, maka besar kemungkinan darurat membaca akan lebih meningkat dari hari kehari.

Bahaya darurat membaca sendiri, itu sangat berpengaruh dengan ketertiban dan pemahaman tentang sebuah peringatan atau informasi GanSis.
Jadi seseorang dapat saja terjerumus ke suatu yang merugikan karena mereka tidak teliti atau enggan membaca!


Quote:


Lantas bagaimana cara membudayakan atau membiasakan anak untuk rajin dan gemar membaca?


Tips ini dari pengalaman ane pribadi ya GanSis!
Dulu sewaktu ane kecil, abah dan ibu selalu memberikan buku-buku dongeng dan cerita bergambar.
Ane ingat, di masanya majalah Bobo adalah salah satu buku majalah yang sering sekali dibeli oleh para orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya membaca.
Begitupun dengan orang tua ane, setiap minggu ane selalu dibelikan satu buku Bobo edisi terbaru untuk dibaca seminggu ke depan!
Di dalam buku ini terdapat cerpen Oki dan Nirmala, Bona dan Rong-rong, Bobo dan teman-teman, serta artikel pendek yang menarik untuk dibaca lainnya.

Membelikan anak buku bacaan sepertinya masih dapat digunakan untuk mengajarkan serta membudayakan membaca pada anak di era modern ini.
Mungkin majalah Bobo sudah jarang ditemui, namun Agan dan Sista dapat menggantikannya dengan buku dongeng anak dengan gambar-gambar kartun yang menarik ya GanSis.


Quote:


Selain buku cerita atau buku dongeng, mengajarkan anak untuk memahami buku materi sekolah juga tidak kalah penting GanSis.
Tujuannya agar si anak lebih paham terhadap materi yang telah diulas dan dibahas oleh gurunya di sekolah!

Nah, jika budaya membaca telah melekat pada anak-anak Agan dan Sista.
Dijamin dah, masa depannya akan cerah karena si anak menjadi cerdas, pandai dan berpengatahuan.
Tekun, cerdas, pandai dan berpengetahuan adalah empat kunci utama agar dapat sukses ya.

Bagaimana GanSis, bermanfaat kan thread kali ini!
Mudah-mudahan Agan dan Sista dapat menerapkan tips-tips di atas pada anak di rumah ya.
Jangan lupa, buat sistem belajar yang seru dan asik agar anak tidak bosan atau tertekan GanSis!

Oke, terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan see you


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ElviHusna dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 2
emoticon-2 Jempol yok GanSis biasakan budaya membaca pada anak
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan anna1812 memberi reputasi
emoticon-Matabelo ane duku waktu kecil bacanya buku Bobo
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bisa baca lantaran sering disuruh beli bawang ke warung dan dibungkusnya pake kertas koran/bekas buku pelajaran
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan masnukho memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Anak2 ane umur 4 taun udah pada bisa baca. 🤣🤣
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau aku dulu suka bacain buku bahasa Indonesia punya kakak. Soalnya ada cerita dongeng
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
read a lot
write a lot
pejwan a lot
emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
nah ini penyakit anak ane, ogah baca. jadi heran gimana solusinya. di marahi dipaksa udah. balik lagi itu harus di pake cara lain.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Masa kecil ane juga gitu nih gan, dibeliin bobo sama komik donal bebek.
Jadi cepet belajarnya karena ada gambarnya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Pejwan,,,
mau mbaca dulu Deni Manusia Ikan di majalah BOBO,,,
emoticon-Cool
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-2 Jempol terima kasih Om dah mampir

Quote:

emoticon-Matabelo coba didownload-in bahan bacaan di gadget yang ejaan itu gan, pasti dia suka karena bisa ngikutin suara

Quote:

emoticon-Ngakak iya gan, seru loh baca Bobo
Bahkan ane sehari bisa baca dua sampai tiga buku

Quote:

emoticon-Matabelo ada ya itu?
Ane malah lupa
profile-picture
ari.n memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kangen Putri Nirmala dan Paman Kikuk😥
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu ane suka baca majalah Si Kuncung yg dibawa alm Kakek saya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Anakku mlh gk mau, sukanya brkreasi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
skrng ngetrendnya mahasa arab gan buat negara berkembang ini kwkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Dulu saya waktu sd sudah seneng membaca cerita...tapi pas anak saya sd kok mereka lebih suka pegang HP.....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Siiip gan, laksanakan... ane juga dah mulai belikan buku2 dongeng atau bacaan bergambar yang menarik untuk anak ane walaupun sekarang anak ane masih belajar membaca.. kadang ane juga bacakan dongeng untuk mengajarkan budi pekerti atau mengajarkan si anak berimajinasi..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
membaca penting banget gan, selain melatih sabar dan berpikir kritis, juga membuat seseorang ngga mudah menghakimi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo ane malah belum tau gan buku ini, taunya petruk

Quote:

emoticon-Matabelo semua penting sih mbak, membaca itu penting banget

Quote:

emoticon-Ngakak ane jelek tulisannya

Quote:

emoticon-Matabelo perubahan masa ya gan
Coba di hp isinya kartun bacaan aja
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:

emoticon-2 Jempol nah ini baru bener, nanti setelah dibacakan pasti dia tertarik buat belajar baca sendiri terus

Quote:

emoticon-2 Jempol nah bener banget
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
betul gan, terimakasih trit terbaiknya
profile-picture
profile-picture
tindodi_jambi dan masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di