CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603b1599b847162cec4928d2/tidak-suka-ikan-rugi

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Hai GanSis, apa kabar ... kali ane mau pamer masakan serba ikan. Sebagai Ibu rumah tangga yang baik dan suka menolong juga menabung, ane harus bisa masak. Apalagi kalau suami sama anak kurang suka jajan.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Kebetulan ane orang yang jauh dari pantai, tau makanan laut ya sesekali, paling mentok ya ikan tawar, daging ayam atau sapi. Tapii ... berhubung suami ane orang pantai yang kegemarannya makan lauk yang berasal dari laut, mau tidak mau ane harus menyukai semua menu berbau laut.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Dulu ane kalau bersihkan ikan takut-taku, bahkan sering luka, kalau sekarang lumayanlah bisa bersih. Menu ikan sendiri selain goreng menggoreng biasanya kami bikin kuah, ada kuah bening yang cukup pakai bawang merah dan putih, serei, jahe daun salam. Atau kuah kuning, tinggal tambah kunyit dan kemangi.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Sejak menikah pun ane mulai tahu macam-macam jenis ikan. Dari kakap merah atau putih, ekor kuning, cakalang, mubara, lema, bawal, samandar. Dan beberapa ikan yang kami tahu pakai bahasa Papua tanpa tahu Indonesianya.

Selain ikan tentu ada yang lain seperti cumi, udang bahkan gurita, sayang ane lupa simpan fotonya. Ada ikan pari, hiu kecil, bahkan kerang dengan segala macam model. Kami menyebutnya Bia, nanti lain waktu baru kita bahas macam-macam Bia ini.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Untuk jenis ikan di Papua harga tergantung cuaca, kalau sedang angin bisa jadi mahal, 1 ekor besar bisa mencapai 100 ribu. Tapi kalau cuaca normal 100rb bisa dapat 3 ekor. Kalau di Biak biasanya beli per ember. Apalagi beli dari nelayan yang baru sandar biasanya lebih murah lagi.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Di Papua sini ada ikan yang biasa dijadikan oleh-oleh, namanya ikan asar. Ikan cakalang atau ekor kuning yang sudah mengalapi proses pengasapan, kalau di Jawa biasa disebut mangut ya.
Bisa bertahan 2 hari di suhu ruang, 5 hari simpan lemari pendingin.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Cumi-cumi biasanya ada yang besar-besar seperti yang sering kita lihat di mukbang, tapi yang kecil pun banyak. Sama halnya karaka, udang, semua komplit. Kalau sedang kumpul keluarga paling enak bakar-bakar ikan, atau cumi dan udang. Kami kalau bakar ikan pun bumbunya simpel hanya siram jeruk dan garam karena ikan masih segar jadi manis.

Tidak Suka Ikan? Rugi!

Nah kalau sayuran pelengkapnya, kami biasa pakai tumis kangkung bunga pepaya. Itu sayuran paling legend untuk semua jenis lauk.

Oke deh GanSis sekian dulu cuap-cuap ane tentang ikan. Semoga bisa menginspirasi AganSista untuk memasak ikan atau lebih menyukai ikan.

Foto : Dokumen pribadi
Sumber : Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 9 lainnya memberi reputasi
Mantul gan, kapan-kapan nanya resep aaahh
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ribkarewang memberi reputasi
Ikan air tawar ga suka
Selain salmon sm bandeng presto emoticon-Big Grin

Klo laut suka, saking sukanya sampai dilarang sering2 emoticon-Hammer (S) (selain ikan)

Ane suka bawa oleh2 ikan asap khs papua, emng enak bgt sih

Klo produk basahnya ga bisa masuk bandara
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ribkarewang memberi reputasi
Diubah oleh 3770372
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waduhh .. itu cuminya menggoda lidah emoticon-Leh Uga
profile-picture
ribkarewang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pengen bawal bakar pake lalapan sama sambel mangga
profile-picture
ribkarewang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waw ikan laut, kesukaanku. Kecil ane dekat laut. Udah menikah tinggal di gunung. Agak susah mau cari ikan laut
profile-picture
ribkarewang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Doyan gw ikan
Tp ikan2 laut
Selar,kakap,teri, tenggiri,pari dll emoticon-Big Grin
Ane pecinta ikan banget gaan mau laut atau tawar. Paling enak kalo di bumbu kuning atau pesmol gituu
duh enak banget gan, ane suka sih semua jenis sea food.
Ikan laut adalah salah satu makanan terbaik. Makanya TS termasuk orang beruntung tinggal dekat pantai bisa makan fresh-seafood yg murah-meriah...Klo sudah tinggal jauh dari pantai (kayak ane) jarang bisa dapet ikan laut fresh dipasar... makanya gak pernah kebayang masak ikan dibikin kuah bening (amisnya itu bro)! Apalagi jenis ikan tongkol, cakalang, pelagis buseet dibikin kuah gulai pake bumbu seabrek aja masih kerasa bau amisnya.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menggoda semua menunya
waduh ane sih kalau makan makan aja gan sis tapi kadang agak males juga makannya karena banyak duri nya wkwk jadi susah deh makannya
kok ada manusia di bumi yang gasuka ikan padahal salah satu makanan surgawi menurut ku wkwkw
Jaman sekarang apa masih ada yg kaga doyan sama ikan gan 🙄
Yang paling menarik bagi saya melihat cumi yang sangat menggoda selera untuk menyantapnya, hmmm.
Saya suka ikan , tapi orang rumah kebanyakan kurang suka ikan , jadi jarang masak ikan , dan saya jarang makan ikan
cuminya gendut2 gitu bikin laper emoticon-Angkat Beer
jd laperrr

emoticon-Matabelo

Ane bkn pekara g suka...demi alek dh suka bnr tp trauma duri...jd stiap.kali nyuap nih kayak ngeri ngeri sndiri..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di