CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603acd5afb3668298a690a27/cara-menjadi-peternak-kambing-tanpa-harus-cari-rumput-dan-bau-prengus-emang-bisa

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?

Pengen jadi peternak kambing tapi malas cari rumput dan bersihin kandang?
Begini caranya GanSis!


Hallo, selamat pagi Agan dan Sista yang berbahagia.
Jumpa lagi dengan masnukho dengan thread terbaru, informatif dan pastinya menginspirasi!

Bagaimana, apakah Agan dan Sista sudah siap untuk mencatat informasi dan ilmu baru hari ini?

Oke, tidak perlu panjang lebar, kali ini ane akan membahas tentang bagaimana caranya jika kita ingin menjadi seorang peternak kambing tapi kita sibuk atau tidak memiliki banyak waktu untuk merawat kambing.
Apakah bisa orang yang tidak memiliki pengalaman untuk menjadi seorang peternak memutuskan untuk beternak?

Mari kita kupas tuntas permasalahan ini bersama-sama GanSis!


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Peternak, adalah orang yang memperkembangbiakan hewan baik itu hewan mamalia, unggas, ikan atau hewan ternak lainnya dengan tujuan memperbanyak hewan ternak untuk mendapatkan hasil dari hewan-hewan tersebut.
Adapun hasil ternak sendiri bisa berupa daging, susu, bulu, kotoran atau juga telur!

Jika kita membahas tentang beternak, bisa jadi Agan dan Sista berpikir bahwa kita harus selalu berjibaku dengan hewan-hewan ternak yang kita pelihara.
Dan pasti jika ada pemikiran seperti itu, maka akan muncul pula pemikiran bahwa orang yang memiliki banyak kesibukan maka tidak dapat menjadi seorang peternak!

Sebenarnya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar GanSis!
Memang untuk menjadi peternak kita harus berhubungan dengan hewan ternak.
Tapi untuk pandangan orang sibuk tidak dapat beternak, itu sangat salah.
Sebab di era modern seperti sekarang, kita dapat menggunakan jasa orang lain untuk membantu kita dalam beternak!


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Cara beternak dengan kerjasama dengan orang yang memang sudah ahli dalam mengurus hewan ternak ini biasa disebut dengan sistem "Menggaduh".
Menggaduh adalah mempekerjakan seseorang yang ahli dalam peternakan dengan sistem bagi hasil!

Cara ini menjadi solusi bagi Agan dan Sista yang mungkin ingin beternak baik itu kambing, sapi, kuda atau hewan ternak yang lain, tapi tidak memiliki banyak waktu dan ilmu perawatan hewan ternak.

Ane pun juga menggunakan cara ini GanSis dalam beternak kambing.
Sebab ane tidak mempunyai ilmu tentang merawat kambing dan sedikit kurang waktu untuk memelihara kambing serta mencarikan pakannya!

Dapat dikatakan dengan cara menggaduhkan kambing ini, kita dapat dipermudah untuk menjadi seorang peternak tanpa harus setiap hari berjibaku dengan merawat dan mencari pakan untuk kambing GanSis
.

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Nah, lalu apa saja sih GanSis yang harus dipersiapkan jika kita ingin menggaduhkanhewan ternak kita pada orang lain?


Pertama, sebelum kita memutuskan untuk menggaduhkan kambing kepada orang lain, maka kita harus menentukan sistem bagi hasil.
Untuk bagi hasil, ane menggunakan sistem bagi anak kambing dan bagi laba penjualan.
Bagi anak kambing biasanya digunakan untuk pembagian hasil hewan ternak betina yang dipelihara sejak kecil hingga hamil dan beranak di dalam pengawasan orang yang menggaduh.
Adapun pembagiannya, jika beranak dua ekor kambing, maka satu untuk pemelihara dan satu untuk ane.
Jika hanya beranak satu, maka akan dijual setelah dewasa dan hasilnya dibagi dua!

Sedangkan untuk bagi laba, yaitu hasil dari penjualan ternak dipotong modal dan labanya dibagi dua. Satu bagian untuk pemelihara kambing dan satu bagian untuk pemilik kambing!

Ke dua, membuat kandang.
Untuk pembuatan kandang, adalah kewajiban pemilik kambing.
Biasanya kandang akan didirikan di dekat rumah pemelihara kambing atau dicarikan tanah khusus untuk merawat kambing.

Ke tiga, pembelian indukan dan pejantan kambing ternak.
Pembelian kambing tentu saja dilakukan oleh peternak ya GanSis, namun dengan sepengetahuan pemeliharaan atau penggaduh kambing.
Tujuannya yaitu agar ke dua belah pihak saling tahu keadaan kambing dan harga modal pembelian kambing GanSis!

Ke empat, perawatan.
Perawatan kambing di sini bisa berupa mencarikan pakan, membersihkan kandang, merawat kambing dll.
Aktifitas dan kegiatan ini adalah tanggung jawab orang yang menggaduh.
Namun jika ada kambing yang sakit, maka mengobatkan kambing adalah kewajiban pemilik ternak!


Tentu saja ke empat cara di atas tidak hanya dapat digunakan untuk beternak kambing ya GanSis, melainkan juga dapat digunakan untuk ternak-ternak yang lain.


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Bagaimana GanSis, masih sangat masuk akal bukan jika berkeinginan untuk menjadi beternak tapi tidak mempunyai banyak waktu dan ilmu!
Di era modern seperti sekarang mah semua hal dapat dilakukan dengan lebih mudah GanSis. Kita dapat melakukan kerja sama dengan orang yang paham degan bidang yang ingin kita geluti dan panen hasilnya!

Tapi ingat, sebelum kita melakukan kerja sama dengan orang lain, pastikan kita benar-benar kenal dekat dengan orang tersebut dan paham bagaimana sepak terjangnya.
Jangan sampai karena kecerobohan kita, lantas menjadi korban orang-orang yang hanya ingin mencari untung dengan cara menipu orang lain ya GanSis!

Oke, itulah tadi tips dan cara ane untuk menjadi peternak tanpa harus cari rumput dan bau prengus.
Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Pengalaman pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 3
emoticon-2 Jempol nah ni solusi buat yang mau pelihara Kambing tapi gak ada waktu
profile-picture
muyasy memberi reputasi
emoticon-Matabelo hasilnya juga tetap lumayan kok GanSis
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Keren ini. Mirip ane. Kambing ane, aku gaduhkan ke bapak ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Aku puya kambing tapi ga dirawat sendiri sama gitu digaduhin jadi kita ga bau kambing🤣
profile-picture
profile-picture
muyasy dan masnukho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Boleh tuh kenala si debleng yang mana
profile-picture
profile-picture
muyasy dan masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak iya mbak, ya mau gimana lagi karena kan banyak pekerjaan lain

Quote:

emoticon-Ngakak yang bawah mbak, dia yang intip-intip
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kalo dsini namanya diburuhkan kambingnya. Bs mmbantu org jg kalo gk punya tempat atau mslh waktu jg. Lbh enaknya lg kan bs jaga" utk aqiqah
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Kirain di kampung ane aja yang ada sistem miara ternak dengan cara menggaduh gitu. Ternyata di Lampung juga ada toh
profile-picture
profile-picture
vegashin_ryu dan masnukho memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Nah ide yang bagus nih, selain melestarikan peternakan juga memberi pekerjaan orang lain
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan masnukho memberi reputasi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo ada gan, di Lampung juga banyak. Dulu yang ngajarin orang Jawa

Quote:

emoticon-2 Jempol betul banget gan, lapangan kerja buat yang bingung pekerjaan

Quote:

emoticon-Matabelo Alhamdulillah Gan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mantap!..
Nah kalo boleh sharing nih Gann...emoticon-shakehand

Beberapa waktu lalu ada temen ane mau jualan Sapi/Kambing...dia ngotot mau kasih pakan yang dari gedebok pisang..terus difermentasi...banyak di youtube begitu kata dia...

dia tunjukin satu video andalan dia yang menurut ane agak lucu..dipromonya bilang " Tanpa ngangon tanpa ngarit!".lah emang Kambing/sapi nya sekolah di pendidikan prikebadian embek?...emoticon-Amazed
ane sempet kasian liat tekatnya..tapi bagi ane dikasih makan gedebok begitu apa kambing dan sapinya malah jadi langsing menawan seperti suling bambu ??emoticon-Cool

akhirnya gagal dia..emoticon-Hammer
.kembali lagi lah pake rumput alami. tapi jelas dia ngalamin kerugian yang lumayan, udah beli drum banyak2, beli pemotog gedebok, beli campuran ini itu...sewa kandang bayar pegawai...duh

Nah menurut pengalaman Bro gimana?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nah.. Gw srmpet kepikiran mau usaha kaya gini.. Karna ga sempet ngurus kambingnya 😁
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wah keren nih gan,,,,tapi ane lebih seneng "beli satenya, daripada pelihara kambing nya" wkwkwk
Sukses ya,,,,
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

😁 Ane juga gak sempet gan, jadi ane gaduhin ke orang

Quote:

emoticon-Ngakak iya, enak satenya emang tinggal makan ya.

Aamiin doanya
Diubah oleh masnukho
Mantaplah Agan TS.. emoticon-thumbsup
Mg sukses usahanya..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh b4L4cL4v4
mantab gan, merintis bisnis yang memberdayakan masyarakat sekitar dengan prinsip syariah emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo aamiin, terima kasih gan doanya. Semoga ente juga sukses selalu ya

Quote:

emoticon-2 Jempol iya gan, gak saling merugikan satu sama lain.
Dan kita bisa membuat lapangan kerja juga buat orang sekitar yang butuh kerjaan
profile-picture
maleo.pejuang memberi reputasi
kek bokap ane kyk gini nih, cuman emng harus bisa diliat bentukannya tiap hari. walau yg ngurusnya orang. sedangkan bokap ane orangnya di kalimantan, sapinya di kampung. malah jd bermasalah mulu kyknya sama yg ngurusinnya. ntah yg ngurusnya butuh uang ini itu lah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu bapak aku juga pernah pake sistem menggaduh gini juga.. tapi buat sapii sii
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di