CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60399c791045b85bc5235f64/mari-berbagi-pengalaman-suka-dan-duka-dalam-menyapih-anak

Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak

Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak


Hallo apa kabar Agan Sista semuanya, yang sekarang sudah bergelar Ayah Bunda, semoga di hari ini tetap semangat dan sehat senantiasa.

Jumpa kembali di Thread Ane yang kali ini ingin berbagi cerita tentang suka dan duka dalam menyapih anak. Idealnya anak berumur dua tahun maka sudah berhenti minum Asi dari Bundanya. Akan tetapi banyak kisah dalam menyapih anak, karena kondisi setiap anak berbeda. Ada yang dengan mudah berhenti menyusu pada ibunya ada yan susahnya minta ampun sampai umur lebih dari dua tahun.

Pengalaman Ane dalam menyapih anak Alhamdulillah masi kategori mudah, tapi ada juga kendalanya, karena payudara yang biasanya dihisap anak berhenti total maka sakitnya luar biasa, tapi semua itu harus di hadapi.

Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak


Untuk membuat payudara tidak sakit saat menyapih diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kompres air hangat.

2. Pijat payudara, oleh ahlinya.
Kalau kebetulan adik ane perawat jadi dia yang memijatnya.

3. Olesi denga ketumbar yang ditumbuk halus, kemudian diberi air sedikit, oleskan pada payudara yang mengeras.

4. Bisa menggunakan daun pare remas-remas kemudian tempelkan pada payudara.



Ketika proses menyapih biasanya anak-anak menjadi rewel, susah tidur, bahkan ada yang sampai mengalami sakit. Karena yang biasanya dapat minum susu dari Bundanya langsung berhenti. Bagaimana membuat anak merasa nyaman dalam menjalani pemisahan ASI dari Bundanya? Apalagi buat anak yang tidak minum susu formula, karena mungkin tidak diperkenalkan oleh Bundanya, karena memang anak selalu bersama bundanya.

Betapa banyak suka dan duka dalam proses penyapihan, seperti beberapa cerita teman Ane yang katanya sudah menggunakan berbagai cara untuk menyapih ada yang gagal tapi banyak juga yang berhasil dari mulai payudara yang dikasih lipstik, dipkester, dikasih brotowali biar pahit sampai berbagaiacam cara untuk dapat menyapih anak.

Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak


Berikut ini ada beberapa tips dalam menyapih anak diantaranya sebagai berikut:

1. Suami wajib memberi perhatian pada istri, misalnya anak rewel tengah malam bergantian dalam menggendongnya. Di sini memang diperlukan perasaan sedikit tega, bagaimana tidak air susu mengalir tapi anak harus berhenti menyusu.

2. Berikan rasa nyaman pada anak, misalnya dengan menghibur, memberikan mainan, mengajak bermain sehingga anak sedikit lupa dengan rutinitas minum ASI nya.

3. Sediakan makanan atau pun cemilan kesukaannya, kalau tengah malam bangun minta minum susu, buatkan susu formula yang telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Ibu bidannya, mana susu formula yang cocok. Berikan biskuit atau pun cemilan kesukaannya. Memang Ayah Bunda jadi ikutan begadang tapi demi proses menyapih yang sukses tidak apa-apa Ayah Bunda.

4. Berikan hadiah ketika anak berhenti dan sukses ketika disapih.
Memberikan hadiah apa salahnya atas sebuah prestasi, nggak perlu barang mahal yang penting anak-anak suka.

Kalau pun itu bisa berhasil anak-anak menggunakan dot untuk meminum susunya ada tahapan kedua dalam menyapih dot, tidak jarang anak balita sampai usia TK masih belum bisa lepas dari yang namanya dot.
Tentu Ayah Bunda semua punya berbagai pengalaman dalam menyapih anak, mari berdiskusi secara santun.

Sekian Thread dari Ane, semoga bermanfaat sampai jumpa di Thread selanjutnya.


Opini Pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abiqu123 dan 3 lainnya memberi reputasi
Suka dan duka dalam menyapih anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abiqu123 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Quote:


Kalau dulu ane sapih anak bertahap bund...
Misal biasanya menyusui sehari 10kali dikurangi jadi 8kali...
Dan seterusnya sambil di sounding
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Anak pertama: demam muntah rewel
Anak kedua: demam muntah rewel
Anak ketiga: auto minum dari botol
Dah ah 3 aja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Sama, emang harus bertahap, tapi tetep gagal, synya ngg kuat, ngebet, biar uda dipompa, kompres, blm 2 th pun waktu itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kebetulan, anak-anak ane pada gak mau sendiri saat usia menjelang 2 tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sampe saat ini jangankan nyapih, momong anak kecil aja belum bisa emoticon-Hammer (S)
Kadang juga kepikiran gimana nanti kalau udah punya anak kan emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pengalaman yang luar biasa
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh abiqu123
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Anak pertama cowo dulu harus diplester dulu puting ibunya, sekitar 2 minggu ya hampir tiap malam gantian ga tidur nggendongin bocah, kadang pas nangis terus anaknya ga brenti2 gitu rasanya pingin marah2 sambil teriakin anaknya, tp trus mikir, "ah dulu palingan ane juga kaya gini, bandelin ortu pas disapih" :}
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klo ane...anak usia 2 taon kan udah ga sering2 nenen, ya makin lama dikurangi. Kmrn berhasil nenen cuma pas mau bobo aja.
Ga dibiasain pake dot krn takut nanti malah bingung pula gmn lepas dotnya, jadi klo minum2 sudah biasa pakai gelas, malem2 kebangun laper ya dibuatin susu di gelas.
Lalu buat melepas nenen, puting ane kasih hansaplast trus bilang nenen mama sakit...ga nenen lagi ya. Anakku nge iyain ga pake drama. Malem2 kalau mau bobo tapi minta gendong sanpe merem, pules ditaruh...ga sampe 2 minggu udah bisa bobo sendiri ga gendong2 lagi. Untunglah ane dikasih penglaman nyapih yg cukup menenangkan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane nyimak aja dehh .. mayan nambah2 pengetahuan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Nyapih ini emang susah susah gampang yaaa, baru paham deh kalo pake daun gitu terus ada pijitannyaa
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anak aku susah bgt disapih nya. Mkn krn kelamaan nyusu kali jadi tambah susah nyapihnya
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Baca dulu sebelum punya anak 😁
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane termasuk beruntung, anak ane dua-duanya sekitar umur 18 bulanan gitu udah pada gak mau sendiri, Sista.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sapih anak itu kelihatannya gampang tapi rada susah... Apalagi kalau pas rewelnya... Hati emak gak tega
profile-picture
miniadila memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di