CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60388f507ab48014ea79863b/manfaat-mendongengkan-anak-sebelum-tidur

Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Dongeng adalah cerita sederhana yang tidak benar-benar terjadi, misalnya kejadian- kejadian aneh di jaman dahulu. Dongeng berfungsi menyampaikan ajaran moral dan juga menghibur.

Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

sumber
6 Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

1. Meningkatkan Kemampuan Bicara dan Bahasa*

Mendongeng bisa menjadi sarana untuk mengajarkan Si Kecil berbicara, bahkan sejak di awal kehamilan. Sebab, setiap interaksi yang dilakukan orangtua (misalnya, melalui kegiatan mendongeng) akan direspons oleh otak anak, yakni dengan menyerap suara serta bahasa yang digunakan saat bercerita.

2. Menenangkan Anak*

Saat mendongeng, orangtua biasanya akan membacakan cerita dalam suasana santai dan nyaman. Beberapa orangtua mungkin akan melakukan dramatisasi dengan menekankan intonasi yang berbeda saat membacakan cerita. Kegiatan inilah yang bisa membuat Si Kecil tertarik untuk mendengarkan cerita, sehingga ia akan merasa nyaman dan lebih tenang.

3. Membiasakan Pola Tidur Sehat*

Membaca cerita sebelum tidur juga bisa membantu menjaga kualitas tidur Si Kecil. Sebab, kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum ia tidur. Sehingga ketika ibu melakukannya, Si Kecil akan tahu bahwa ini sudah waktunya untuk ia tidur. Dampaknya, Si Kecil akan terbiasa dengan pola tidur yang sehat, termasuk memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

4. Menumbuhkan Minat Baca*

Kegiatan mendongeng juga bisa menumbuhkan minat baca Si Kecil. Sebab, saat ia terbiasa dengan buku, ia akan menganggap buku sebagai benda yang menyenangkan.

5. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas*

Membaca cerita sebelum tidur juga baik untuk merangsang imajinasi dan kreativitas Si Kecil. Sebab saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkannya untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ Si Kecil, termasuk mempertajam daya ingatnya.

6. Mengasah Keterampilan Mendengar*

Membaca cerita sebelum tidur bisa mengasah indera pendengaran Si Kecil. Karena untuk memahami isi dari buku yang didongengkan, ia harus mendengarkan cerita yang orangtuanya sampaikan. Sehingga, kegiatan mendongeng bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.



Quote:
Diubah oleh 0wlcelepukkk
tar dehh klo dah punya ane praktek .. emoticon-Leh Uga
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Inget alm bapak, selalu ngedongen waktu mau tidur, syaratnya harus nginjek2 badan dlu kalo ga suruh mijitin dlu..
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Anak-anak juga suka tuh diceritain sebelum tidur, ane biasanya ngeliat ponakan ane diceritain ibunya, dan keliatan antusias banget
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Bisa dicoba suatu saat kalo ane udah punya anak nih ya
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Ane gak pernah nih di dongengin jaman kecil, paling di puk puk di temenin tidur wkwk. Cuma klo tau manfaatnya sebagus ini sih bakalan ane praktekin nanti ke anak ane nanti, semoga juga jadi suka membaca nantinya
profile-picture
profile-picture
0wlcelepukkk dan Airin2020 memberi reputasi
jdi suka baca nantinya & daya imajinasi anak akan kuat sehingga besarnya jdi kreatif

i feel it
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Saya sewaktu kecil suka menceritakan ke anak sebelum tidur....tapi kok sekarang saya lihat anak saya malah gak suka baca cerita maunya malah dibacain....gimana ya???
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi
Dulu sering dibacain paman gober 😁
profile-picture
0wlcelepukkk memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di