CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6038674bf4eefa5d9f4463b0/dunia-islam-tertinggal-kalangan-orientalis-sebut-al-ghazali-mengkhianati-sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Albert Einstein seorang ilmuwan jenius memastikan bahwa setiap jenis massa bisa dikonversi menjadi energi dengan rumus paling terkenal di dunia, yaitu: E= mc². Rumus ini digadang-gadang menjadi inspirasi pembuatan bom atom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki . Penemuan bom atom dianggap sebagai titik awal perkembangan sains dan teknologi modern di Barat.

Sementara itu, dunia Islam tertinggal cukup jauh dengan prestasi dunia Barat dalam bidang sains dan teknologi. Bahkan sejumlah data statistik menyimpulkan bahwa pelajar di negara religius seperti Jordania, Yaman, Indonesia, dan Qatar menempati empat posisi paling bawah dalam bidang sains dan matematika. Bahkan data lain menyebutkan bahwa pelajar Indonesia dalam sains dan membaca relatif masih rendah.

Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November, Prof Agus Purwanto, mengatakan pencarian tentang sebab-sebab kemunduran kaum Muslim adalah tema klasik yang sudah dilontarkan para intelektual dan sarjana sejak akhir abad ke-19. Hampir seluruh tanah Muslim ketika itu berada di bawah penjajahan Eropa. "Dari Maroko hingga Aceh, tak ada negara Muslim yang bebas dari cengkeraman kolonialisme Barat," katanya, dalam kajian webinar yang diselenggarakan Universitas Darussalam Gontor pada Selasa (23/02).

Salah satu tesis yang sempat mengemuka di dunia akademik menyebut bahwa Imam al-Ghazali adalah orang yang harus bertanggungjawab atas mundurnya pemikiran kreatif dalam dunia Islam. Oleh sejumlah orientalis dan cendekiawan muslim, kitab Tahafut al-Falasifah karya al-Ghazali dipandang sebagai pembunuh ilmu-ilmu rasional sehingga tidak bisa lagi tumbuh di dunia muslim.

Ibnu Rusyd pernah mencoba meluruskan tuduhan al-Ghazali tersebut dalam sebuah kitab tandingan Tahafut al-Tahafut. Dalam kitab tersebut, dengan gemas Ibnu Rusyd menyerang al-Ghazali dan juga Ibnu Sina karena keduanya telah salah dalam memahami Aristoteles. Akan tetapi menurut beberapa sarjana, pengaruh Ibnu Rusyd hanya berkembang biak di dunia Barat, sementara dunia Islam masih terkungkung dengan pemikiran al-Ghazali.

: Begini Cara Pencegahan dari Sihir dan Ilmu Hitam yang Diajarkan Rasulullah SAW

Kendati demikian, tesis para orientalis yang sering menulis bahwa al-Ghazali “mengkhianati” sains harus tetap dikritisi. Sebab faktanya tidak ada cendikiawan muslim yang menggunakan pandangan al-Ghazali untuk menyerang tradisi ilmu pengetahuan dalam Islam.

Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November, Prof Agus Purwanto, mengungkapkan bahwa kemunduran sains dan teknologi di dunia muslim merupakan masalah teologis, alih-alih kapital. Ia mengungkapkan bahwa ketika berbicara ajaran dan kesempurnaan Islam, maka tiga kompenen seperti Tuhan, alam, dan manusia, tidak bisa dilepaskan satu sama lainnya. Baginya, saat ini umat Islam masih terfokus pada relasi Tuhan dan manusia.

“Sedangkan orang Barat di satu sisi dalam kajiannya menitikberatkan kajian tentang alam sehingga mereka unggul dalam sains dan teknologi. Padahal kita tahu bahwa al-Quran ada sekitar ada 800 ayat yang secara spesifik penguasaan ilmu pengetahuan. Akibat melupakan ayat-ayat ini dunia Islam tertinggal dalam ilmu pengetahuan,” ungkap Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini.

Ia menyatakan ayat alam di dalam al-Qur’an sedikitnya ada 800, lima kali lebih banyak dari ayat fikih yang 160. Sayangnya, ayat alam terlupakan dan tidak mendapat perhatian umat Islam. Umat Islam abai pada alam dan ilmu tentangnya. Akibatnya, hingga saat ini umat Islam hanya sebagai konsumen dan user hampir semua produk industri modern.

Berpikir dan Berpikir

Agus mengatakan ayat tentang ilmu pengetahuan itu disampaikan dalam beragam kosakata seperti ungkapan langit, bintang, matahari, bulan, bumi, tumbuhan, hewan, debu, tanah dan lain sebagainya. Meski ayat hukum hanya berjumlah seperlima dari ayat kauniyah, tetapi telah menyedot hampir semua energi ulama dan umat Islam.

Umat Islam seakan melupakan ayat-ayat al-Quran yang membahas fenomena terbitnya matahari, beredarnya bulan, dan kerlap-kerlipnya gugus bintang. Mereka melupakan kilat yang menyambar, malam yang gelap-gulita, cahaya yang melesat, dan listrik yang membakar. Padahal ayat-ayat tentang alam tersebut dapat diposisikan sebagai prinsip-prinsip dasar dalam rangka bagaimana membangun hubungan sains dan agama.

Ia menjelaskan ekspresi ayat al-Quran dalam menggambarkan “akal” selalu menggunakan kata kerja (fiil), alih-alih kata benda (isim). Dari 49 kata “akal” tidak ada satu pun yang menggunakan kata benda, bahkan hanya ada satu ayat dalam al-Quran yang menggunakan term “akal” dalam bentuk kata kerja lampau (fill madhi). Dominasi fiil mudhari dalam kata “akal” menunjukkan bahwa umat Islam seharusnya menggunakan akal secara terus menerus.

Lebih dari itu, kata “akal” dalam bentuk fiil mudhari didominasi oleh dhamir-dhamir yang bermakna komunal (jama’) bukan personal (mufrad) seperti ungkapan “ya’quluna” dan “ta’qiluna”.

Agus menyatakan bahwa pilihan kata ini memiliki filosofi yang mendalam. Baginya, hal tersebut menandakan bahwa berpikir merupakan anjuran yang mesti dikerjakan setiap orang beriman.

“Jadi dalam Islam, berpikir itu bukan sesuatu yang seperti monumen benda mati, juga bukan sekadar proses sejarah masa lalu, tetapi anjuran agar terus berpikir, berpikir, dan berpikir,” jelasnya.

Penjelasan Agus ini juga dapat dibaca langsung dalam sejumlah bukunya seperti Ayat-ayat Semesta.

Dengan demikian, Allah SWT melalui al-Quran sesungguhnya mendorong orang-orang beriman agar menggunakan akalnya untuk berpikir secara maksimal.

Berpikir secara radikal akan menghasilkan temuan-temuan yang dapat membawa pada satu kebanggaan bahwa Islam menjadi rahmat semesta alam. Sebab sejak dulu peradaban Islam selalu diidentikkan dengan kejayaan pengetahuan, sebagaimana Franz Rosenthal dalam The Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medievel Islam.

https://kalam.sindonews.com/read/346...ent_aggregator

dunia islam pernah mencapai kejayaan sains,yaitu ketika mazhab mutazilah berkuasa..dimana logika lbh diutamakan dibanding alquran..ketika ilmu kalam dan filsafat merasuk ke dunia islam..ketika ilmuwan2 islamic golden age justru hampir semuanya berasal dr non-arab yg byk diantaranya muslim sekuler yg mengagumi filsafat yunani😀

profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ibarat dunia kampus dibawa ke dunia praktis
Yg ada kagak jalan
Dan kalau jalan yg ada cuman pertentangan ini dan itu
Akhirnya kagak jalan lagi
Maju mundur diem di tempat
profile-picture
profile-picture
secer dan dispenserr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, Bapak Prof Agus Purwanto menentang Koh Felix?

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kebalik cok cok, itu negara2 nya tadinya udah di jajah eropa, kalo dibiarin sampe sekarang bakal jadi negara maju itu, sayang aja islam pake masuk setelahnya via pedagang2, jadi aja negara terbelakang sekarang emoticon-Malu

sekarang jujur aja dah pada liat pake kepala sendiri, kultur indonesia yang terdiri dari ratusan budaya pada kemana, ilang ditelan "kesyirikan" sama orang2 ngaku paling beragama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ah selalu aja dongeng..."umat tertinggal krn lupa ama quran".

Umat sibuk baca quran tapi tetap tertinggal? Ngeles lagi umat terlalu fokus relasi tuhan & manusia.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 10 lainnya memberi reputasi
ya kalau mau maju, otak manusia tidak boleh dibatasi oleh segala sesuatu yang diklaim sempurna, apalagi kalau kesempurnaan yang dikalim itu sebenarnya konteksnya zaman jahiliyah.
karena prinsip sains itu selalu bergerak, tidak dikunci mati oleh doktrin apapun.emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Islam sempat mengalami masa keemasan, karena orang2 Persia, Mesopotamia, Mesir, Spanyol, dll yang sebelum datangnya islam sudah pinter2, masuk islam setelah negeri mereka ditaklukkan oleh pasukan islam yg tidak takut mati (karena di-iming2i surga 4900 bidadari).
https://en.wikipedia.org/wiki/Early_...slim_conquests

Beberapa diantara mereka pun membuat suatu aliran islam baru yaitu Mu'tazilah yg mana ilmuwan2 besar islam banyak berasal dari kalangan ini.
Tapi bagi para ulama islam ahlussunnah yg kaffah, yg memegang teguh ajaran islam sesuai yg ditauladankan oleh Sang Nabi, Mu'tazilah ini sesat.
Dan setelah aliran ini diberangus, dan cuci otak islam yg murni terus ditanamkan tiap2 generasi.
Akibatnya jadi seperti sekarang ini.
Bangsa2 yg awalnya maju tsb jadi terbelakang, di bidang sains ataupun dari segi kultur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alef1.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ada aja yg disalahin emoticon-Hammer2
kaum umat agama dungu sering mengambil quote einstein ini untuk mencari pembenaran, agar mereka bisa tetap mengimani agama dungu mereka


Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains



tapi mereka tidak mengambil quote einstein lainnya, karena bisa membuka aib kebodohan agama mereka


Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
profile-picture
profile-picture
profile-picture
khoflaqz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh docuz
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Ya gimana gak tertinggal, ada aliran radikal yang mengaku-ngaku paling benar dan mengkafirkan aliran lain nya bahkan main bunuh penggal.
emoticon-Takut
Maka semua takut dan menurut pada aliran radikal itu dan akhirnya menjadi tertinggal.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gurke dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ora.w4r45
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains


nasa menangis setelah baca buku sebuah kepastian ini

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lumb3rjack dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena di islam selalu dihukumi halal dan haram dikit dikit haram, mau menggunakan akal hukumny haram, sebab beagi seorang muslim penduanya Quran bukan akal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CoZiA dan 7 lainnya memberi reputasi
karena terguncang keras setelah baca trit ini, @jasjus.melon666 membuka google mencari berita mualaf

buat dibangga2kan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m0de83g0 dan 8 lainnya memberi reputasi
Membaca masih relatif rendah? Bapak gak pernah ke pesantren? Disitu juga rajin membaca lho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ilmuwan besar islam mayoritas ngikut aliran mu'tazilah, dimana di timur tengah, krn para ulama tkt kehilangan pengaruh, mengharamkan aliran mu'tazilah.

Khalifah pada masa itu juga lbh tertarik dgn para ulama aliran mu'tazilah daripada ash'ariah. Ulama2 aliran ash'ariah inilah yg buat teknologi islam terpuruk setelah andalusia hancur, krn aliran mu'tazilah berkembang pesat di andalusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 4 lainnya memberi reputasi
Intinya negara Islam masih jadi superpower sampai perang dunia 1...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sebenernya simple aja mana ada sains maju di negeri yang otaknya gak boleh dipakai karena alasan ghaib bahkan bisa dipenjara karena mempertanyakan semata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gurke dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LI0NmahoHeart
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Para uclim slalu membangga-banggakan Al-Razi (Persia), Ibn Sina (Persia), Al-Bironi (Persian), Abu Hamid al-Ghazali (Persian), Al-Farabi (sekarang dikenal sebagai Kazakhstan), Al-Khuwarizmi (Uzbekistan), Al-Bukhari, Al-Tirmidhi, Al-Sijistani, Bashar ibn Burd, Abu Nawas, Abu Hanifa, Taftazani, Abu Faraj Isfahani, Ibn Al-Roumi, Ibn Bakhtaishou’, Haneen ibn Ishaq, Al-Rumi, dan sebagainya…emoticon-Big Grin

umat eslam sedemikian bangga dengan orang-orang itu, seolah-olah mereka adalah sepupunya Muhammad, Nabi mereka; atau seolah-olah mereka itu adalah keturunan suku Quraish.emoticon-thumbsup

Bahkan orang-orang itu bukanlah orang-orang Arab...emoticon-Leh Uga


Yang terjadi adalah, ketika para penginvasi Muslim Arab masuk ke dalam masyarakat lain, mereka melakukan 2 hal:

1. Menghancurkan budaya dan ilmu pengetahuan dari penduduk asliemoticon-Big Grin
2. Mengeslamkan orang yang bisa mereka eslamkan, yaitu dengan ancaman pedang (atau dengan kekuatan pajak melalui jizya).emoticon-Ngakak (S)


Warisan sejati eslam adalah kebohongan.emoticon-shakehandemoticon-Big Grin

kebohongan yang lbih di kenal sbgi “peradaban eslam” yg eksis di satu tempat dan hanya di satu tempat: yaitu Qur’an.emoticon-Big Grin

Tak pernah ada yang disebut sebagai "Peradaban eslam" .emoticon-shakehandemoticon-Ngakak (S)


Yang dilakukan oleh orang-orang Muslim adalah menghancurkan peradaban lain yang sudah eksis sebelum mereka..emoticon-Big Grin
Mereka, yaitu orang-orang Muslim, punya goal untuk menghapuskan identitas asli dari masyarakat seperti itu...

Mereka menggantikan intelektual manusia dengan Quran;emoticon-thumbsupemoticon-Ngakak (S)

sebuah kitab yang berisi kisah mengenai orang-orang Kristen dan Yahudi di separuh isi pertama, dan menyerukan kutukan atas mereka, menghancurkan dan membunuh mereka di separuh isi kedua Sebagai tambahan untuk menaikkan status Muhammad.emoticon-Leh Ugaemoticon-Wakaka


Inilah kebohongan yg kmudian hari yang disebut sbgi peradaban eslam yang disumbangkan untuk dunia.... emoticon-Big Grin


Arab (baca: eslam) telah meminjam segala sesuatu dari negara lain, sastra, seni, ilmu pengetahuan, dan bahkan ide-ide keagamaannya.emoticon-Big Grin

Dia telah melewati itu semua melalui saringan pikiran sempitnya sendiri, dan tidak mampu naik ke konsepsi filosofis yang tinggi..
ia telah terdistorsi, dimutilasi dan kering segalanya.emoticon-norose

Pengaruh yang merusak ini menjelaskan dekadensi negara musulman dan ketidakberdayaan mereka untuk melepaskan diri dari barbarisme...emoticon-Berduka (S)


eslam adalah produk dari kekristenan;..
bahkan jika itu adalah produk sampingan; bahkan jika itu produk yang buruk.emoticon-Big Grin

Itu adalah bid'ah atau meniru parodi dan karena meniru Gereja .

eslam, secara historis, adalah yang terbesar dari ajaran sesat Timur. emoticon-Big Grin
Ia berutang sesuatu kepada individualitas terisolasi dan unik dari Israel;
tetapi berutang lebih ke Byzantium dan antusiasme teologis Kristen.
Ia berutang sesuatu bahkan kepada Perang Salib...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
pendidikan agama islam itu luar biasa luas makanya indon gak sanggup nyerap pengetahuan yang penting sejak dini habis mental dan fisik mempelajari dan menghafal semua materi itu. lom logika yang bertentangan dengan hak asasi manusia dan asas rasionalitas serta kritisme. Pendidikan agama itu sebaiknya jangan masuk kurikulum atau minimal nilainya gak dipakai buat kenaikan kelas karena luar biasa membebani materinya
belajar bahasa belajar tulisan arab belajar hadits belajar fiqih belajar tajwid belajar halal haram belajar ritual macam2 ibadah dan doa - doa. menamatkan kitab gila aja ada bocah yang sanggup sekalipun punya stamina hercules sudah habis stock memorinya karena penuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh slider88
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di