CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Rahasia Tempe Kemul Tetap Kriuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603810202d448f1b351f3f4c/rahasia-tempe-kemul-tetap-kriuk

Rahasia Tempe Kemul Tetap Kriuk

Rahasia Tempe Kemul Tetap Kriuk

Rahasia Tempe Kemul Tetap Kriuk

Tempe merupakan salah satu jenis bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Selain enak rasanya, tempe juga mengandung banyak protein nabati yang baik untuk pertumbuhan. Banyak variasi makanan yang bisa dibuat dari bahan dasar tempe. Salah satunya yang mau ane bagikan ke Gansis semua, nih. Emang bukan resep mewah, sih. Tapi lumayan buat menambah pengetahuan bagi yang belum tahu.

Tempe kemul. Kalau di daerah Gansis mungkin beda lagi namanya. Makanan ini bisa dijadikan lauk atau teman saat santai. Cara bikinnya juga gampang banget. Yuk, cek di bawah ini!

Bahan-bahan :

- 1 papan tempe
- tepung terigu secukupnya
- 1 sdm tepung beras
- daun bawang secukupnya
- minyak goreng
- penyedap rasa secukupnya(ane pakai royko sapi)
- air secukupnya


Bumbu yang dihaluskan :

- 4 siung bawang putih
- 1sdt ketumbar
- 3 cm kunyit
- 1 sdm garam


Cara memasak :

- Potong tempe sesuai selera. Jangan terlau tebal dan terlalu tipis, ya

Quote:


- Haluskan bumbu

Quote:


- Di wadah terpisah, masukkan tepung terigu lalu dikasih air dan aduk sampai tidak ada yang menggumpal
- Masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk rata
- Masukkan tepung beras putih. Aduk kembali hingga tak ada tepung yang menggumpal

Quote:


- Masukkan daun bawang dan penyedap rasa, lalu aduk rata kembali
- Koreksi rasa, lalu masukan potongan tempe ke dalam adonan tersebut

Quote:


- Masukan tempe yang telah dibalut adonan tepung ke dalam wajan berisi minyak panas
- Goreng dengan api sedang hingga kering atau sesuai selera. Kalau ane, sih lebih suka kering.


Gimana? Mudah, kan cara bikinnya? Sekadar saran, adonan tepungnya jangan terlalu tebal ya, Gansis supaya nggak keras setelah dingin nanti. Sebab di sini kan ada campuran tepung beras yang berfungsi untuk membuat tempe kemul tetap kriuk meskipun udah dingin. Di situlah rahasianya.

Tempe kemul ini sangat cocok sebagai lauk atau camilan sambil nggigit cabe rawit hijau. Dicocol sambal kecap lebih mantap, tuh. Perpaduan gurih kriuk dan manis pedas dari sambal kecap, pasti bikin nggak berhenti ngunyah. Apalagi kalau cuaca sedang hujan, uhh maunya ngemil terus. Ya, kan?

Quote:


Tertarik nyobain resep sederhana ane? Cuuz aja, Gansis!


Rahasia Tempe Kemul Tetap Kriuk

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : pengalaman pribadi, opri


profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Siapa yg udah pernah nyobain?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Enyaaaakkkk
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nggak suka bumbu sachetan, boleh diskip. Ane biasanya cm pakai bawang plus garam diuleg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Makan pakai rawit. Eh Cilacap bukannya suka Mendoan ya
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
.ane demen nih "The Blanket Tempe" aka "Tempe Selimut"
tiap bini masak bihun atau pecel...nggak Legal kalo ngak pake Tempe begini, trus abis makan selalu ane sisain buat dimakan pake kecap!...emoticon-Rate 5 Star

Tapi nggak pernah pake bumbu jadi ama nggak pake penyedap rasa sih.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kok mingg garem tok, micin mana micinnnn emoticon-Ngakak
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tempe kemul tuh bahasa makanan daerah mana? emoticon-Bingung
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mendoaan mantulll mbekayuuu
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Iya kalau pakai tepung beras bisa lebih kriuk sist.. ibu ane juga sering goreng tempe kemul yang lumayan kriuk tepungnya..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Wow
enak enak enak....
makanan kesukaan ane tuh...

apalagi dimakan pas ujan² hihihihi
pake sambel kecap juga sedep nih emoticon-Matabelo
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mendoan favorite aku sist. Maemnya pakai sambal kecap. Duh jadi laper
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tempe mendoan,,,
emoticon-2 Jempol
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
duh lapar emoticon-Matabelo
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Suka banget nih sama tempe kemul, kalo ane nyebutnya ya tempe tepung aja, bumbunya kurang lebih sama, memang mantap nih dimakan pas hujan, kalo ane buaat tempe tepung baru aja diangkat, sekejap ludes, keluarga ane semua doyan tempe tepung
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tempe kemul = Mendoan, mung rada garing sitik nggorenge
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tempe is the best, apalagi musim hujan begini...
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Saved nih tipsnyaa.. jangan tebel tebel yaa biar ga keras
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wuihhh mantapp nih ya kayaknya mah emoticon-Jempol apalagi dimakan pas panas panas begitu
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di