CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hamil di Luar Nikah, Teruskan atau Gugurkan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6037ecbbf2796f035c40afba/hamil-di-luar-nikah-teruskan-atau-gugurkan

Hamil di Luar Nikah, Teruskan atau Gugurkan?

Hamil di Luar Nikah, Teruskan atau Gugurkan?

Assalamualaikum, GanSis! Masih sehat dan bahagia, bukan? Semoga saja, ya!

Oke kali ini ane kembali akan menuliskan sebuah opini. Tentang apa? Hamil di luar nikah.

Sangat seru bukan? Baiklah jangan pakai basa-basi lagi, yuk kita bahas bersama! Cekidot!

Fenomena hamil di luar nikah bukan hal baru di dunia ini, khususnya di negara Indonesia.

Seperti kodratnya, tiap wanita akan hamil.

Hamil sendiri sangat wajar dan malah menjadi salah satu tujuan setelah pernikahan.

Dengan adanya berita kehamilan, banyak pasangan yang akan bersuka cita. Ada sebagian dari mereka yang sampai bersujud syukur saking bahagianya. Ada juga yang biasa saja dalam menanggapi datangnya anugerah Tuhan yang satu itu.

Namun, tahukah kita, bahwa tak semua kehamilan membawa kebahagiaan? Apa sebab hal itu terjadi? Salah satunya adalah kehamilan yang tak diinginkan.

Ada begitu banyak wanita yang mengalaminya.

Wanita-wanita ini ada yang mengalami pelecehan seksual hingga berakibat kehamilan.

Ada juga mereka yang memang pelaku seks pranikah. Mereka hamil dan tak menginginkan hal itu terjadi. Otomatis mereka tak mensyukurinya.

Jika sudah demikian, bagaimana ke depannya?

Akankah meneruskan kehamilan dengan berbagai risiko? Atau, mungkin berpikir untuk menggugurkannya saja? Dua hal itu sama-sama berat.

Meneruskan kehamilan dari hasil pemerkosaan misalnya, akan banyak cap dan gunjingan yang terjadi. Terlebih jika anak lahir tanpa ayah. Lingkungan bisa-bisa geger. Demikian juga kehamilan hasil seks pranikah dengan pacar misalnya.

Namun, seks pranikah yang menghasilkan kehamilan bisa saja diteruskan dengan memutuskan untuk segera menikah.

Terlepas dari hukum agama (Islam), hal bisa saja dilakukan. Namun, bukan tanpa risiko. Apalagi jika mereka belum siap untuk berumah tangga.

Bukankah menikah yang penting saling cinta?

Tentu saja tak semudah itu, Marimar! Di dalam sebuah pernikahan bukanlah berisi taman-taman surga. Akan tetapi, ada jurang-jurang dalam, tebing-tebing curam yang jalanannya bisa saja terdapat kerikil atau malah kawat berduri.

Menikah tak sesederhana mengucap sumpah.

Menikahlah saat sudah siap secara usia, cara berpikir, dan tentu saja finansial. Tak ada pernikahan yang selalu mulus bak jalan tol. Untuk itu dibutuhkan kesiapan.

Menikahlah bukan karena kamu atau pacarmu hamil! Menikahlah karena kalian siap menikah! Menikah itu butuh sebuah komitmen.

Komitmen untuk selalu saling menjaga, mengayomi, dan membahagiakan. Jadi, apabila belum telanjur, mending hindarilah hal-hal yang bisa membuat diri sendiri merugi di kemudian hari! Bijak dan sehatlah dalam menjalin asmara!

Lalu, apabila sudah hamil dan ternyata belum siap menikah, haruskah digugurkan?

Untuk kasus pemerkosaan mungkin legal.

Namun, untuk kasus hamil karena hubungan suka sama suka itu tak boleh digugurkan.

Lagipula, sudah sebanyak apa kebaikan kita hingga nekat menambah dosa sekelas menggugurkan kandungan? Tak ada yang pantas bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan selain diri sendiri. Tindakan menggugurkan kandungan adalah bentuk ketidakmampuan individu untuk bertanggung jawab. Apabila kesalahan sudah dilakukan, maka tanggung jawab adalah solusinya. Jika belum siap menikah, maka menjadi orang tua tunggal adalah pilihan. Pemerintah sudah memfasilitasi untuk para ibu tunggal.

Lantas bagaimana dengan omongan tetangga?

Kita melakukan kesalahan tanpa mengingat larangan atau cibiran tetangga.

Jadi lakukan hal yang sama dalam bertanggung jawab! Bagaimana pun, setiap kesalahan pasti ada hukuman. Di sini, anggap saja ocehan dan nyinyiran tetangga adalah sebuah hukuman yang harus kita terima.

Demikian opini ane tentang hamil di luar nikah.

Bagaimana menurut GanSis? Adakah yang sepakat dengan tulisan ane? Yuk, bagikan opini GanSis di kolom komentar!

Sekian dan sampai jumpa di lain kesempatan!

Wassalamualaikum.

Tulisan ini asli opini pribadi penulis
Photo by Janko Ferlic from Pexels

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Lanjoooooot!
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
manusia memang makhluk yang unik.

Hamil di Luar Nikah, Teruskan atau Gugurkan?
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1. Apabila Memilih Mengugurkan
Untuk opsi seperti ini, pilihan paling bodoh yang pernah dibuat. Kesalahan yang diperbuat oleh dua orang sampai harus mengorbankan lahirnya seorang manusia. Dengan mengugurkan, ane yakin suatu saat nanti dia akan diputus rasa sayangnya.
2. Apabila Memilih Melanjutkan
Ane tau bahwa itu akan mencoreng nama baik keluarga tapi harus ambil konsekuensi nya jan hanya enak doang. Belajar tanggung jawab

PS: hanya opini ane ya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sadewa3082 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
dibarat menikah sesudah kehamilan itu biasa dan dan bentuk dari sebuah tangung jawab, bahkan banyak yang sudah merencanakan hamil dulu baru nikah. kebanyakan sudah mapan dan terencana.
kalo disini alasanya hanya untuk menutupi aib dan menjaga nama. kebanyakan juga belum mapan karena biasanya hamil karena kecelakaan
padahal dalam islam selaku agama mayoritas disini, tidak boleh hukumnya menikahi wanita yang hamil.
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Tergantung dari sang ibu, sebab hal yang salah akan terus di iringi dengan kesalahan...
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan nofivinovie memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dilanjutkan kehamilannya krn hamil di luar nikah udah dosa dg menggugurkan malah nambahin dosa lagi.
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dilanjutkan harus terima segala konsekuensinya dengan apa yang sudah diperbuatnya jangan malah tambah bikin dosa lagi dengan cara malah mengugurkannya
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tega kalau di gugurin
Kalau gugurin mungkin hal mudah
Cobain tantangan besarin anak

Bata cin emoticon-Blue Guy Bata (S)
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya harus mau tanggung jawab lah, masa cm mau enaknya ajaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tanggung Jawab lah...
Mau enaknya doang lo...

Klo mau ngeue bebas crot sewa jablay aje, jgn sama pacar lo.

emoticon-Ngakak
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya ena-ena di luar nikahnya dah salah.
Kalau dah salah, ya dibenerin.

Nikah.

Jgn digugurin, tambah salah lagi ntar.
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
jangan gugurin, kalo ga mau rawat anak lebih baik berikan kepada kerabat yg mau punya anak
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dilanjutkan lah gan, manusia macam apa yg tega bunuh jabang gak berdosa??
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hamil di luar nikah, mau ga mau harus sama sama tanggung jawab ya gan.
Entah akan berakhir pernikahan atau anaknya dititipkan.
Gak boleh digugurkan
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gugurkan kalo belum siap, jangan sampe seorang manusia menjalani kehidupan yg f**ked up gara2 orang tuanya bahkan gak bisa ngurus dirinya sendiri.
kalo memang sudah cukup umur, punya penghasilan cukup untuk biaya hidup sendiri + anak lanjut aja, walaupun misalnya pasangannya gak mau tanggung jawab.
note : jangan sampe terjebak di situasi seperti ini, karena kita akan dihadapkan pilihan yang sangat berat
profile-picture
profile-picture
nofivinovie dan SexyBitchy memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Mau enak gak mau anak.
emoticon-doremoticon-doremoticon-doremoticon-dor
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

jika konteksnya memang ngew3 karna sama-sama suka. lalu terjadi kehamilan di luar pernikahan, maka lu adalah sampah. namun lu bakal lebih sampah lagi kalo menggugurkan. sebagai MAN lu harus bertanggungjawab. kalo BOY yaa lu maen gundu aja ajg jangan ngew3.


SAFETY CAN BE FUN SAYANGGG :*
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
terserah, bukan urusan gw juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan nofivinovie memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
DOSA boss!!

lu bikinnya aja udah dosa ditambah mo bunuh anak darah daging sendiri!

mending klo lu emang ga sanggup rawat lu titip ke panti,, tapi APA LU TEGA!!

kelak dimintai pertanggung jawaban di akherat lu!
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Ane, gini sebagai seorang pria yang bertanggung jawab, tetep haru mempertangungjawabkannya atas perbuatan yang dilakukan
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di