CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banjir Jakarta Akankah Berakhir?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603765d82727004ee21c0bac/banjir-jakarta-akankah-berakhir

Banjir Jakarta Akankah Berakhir?

HALO KASKUSERS BUDIMAN

B A N J I Rmenjadi perbincangan yang ramai, HOT THREAD Kaskus hari ini dan beberapa hari sebelumnya, selalu saja ada berita tentang banjir, terutama banjir Jakarta.

Quote:

Banjir di Jakarta sudah ada sejak lama, setidaknya sejak belum bernama Jakarta. Jakarta sudah sering banjir, tercatat pada 1621, 1654, 1873, dan 1918, Jakarta telah mengalami banjir di sejumlah wilayah, dan banjir Jakarta masih menjadi masalah yang selalu diperbincangkan sampai saat ini. 

Banjir adalah peristiwa atau keadaan dimana terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat.Menurut BNPB banjir masuk dalam kategori bencana yang disebabkan oleh alam yang disebut bencana alam.  Maka ketika gempa bumi, gunung meletus, juga tsunami terjadi. Tidak ada orang yang menyalahkan satu sama lain. Ah kata siapa, ada kok, ada juga yang bilang itu gara-gara manusia udah kebanyakan maksiat, itu azab. Aduh kalo yang begitu ane gak faham.

emoticon-Cape d...

Namun banjir punya perbedaan, beberapa orang banyak yang menyatakan banjir bukan bencana alam, melainkan fenomena sosial yang bersebab akibat perbuatan manusia. Melihat pengertian banjir sendiri, Air bisa berlebihan karena penampung nya tidak cukup sungainya luber, dan penampung tidak cukup bisa disebabkan oleh ulah manusia. Maka banjir bukan bencana alam. Begitulah kesimpulan yang dihasilkan sebagian orang. Lalu persoalan itu pun meningkat ke arah jika bukan bencana alam, melainkan ulah manusia, maka siapa orang yang menyebabkan banjir? Siapa yang pantas disalahkan ketika banjir?

Ane, ente, tetangga sebelah rumah, apalagi yang terkena banjir pasti tidak mau dong disalahkan. Maka satu-satunya yang mungkin bisa disalahkan ya pemerintah, orang-orang yang diamanatkan melalui pemilu mengurusi beragam hal menyangkut suatu wilayah, termasuk soal banjir. Baik gubernur Jakarta saat ini ataupun gubernur Jakarta sebelumnya pernah disalahkan soal banjir. Lah dia kan gubernur nye, ya dia yang salah dong, gak bisa ngatur, gak bisa ngurusin, gak bisa kelola.

Jakarta secara tata ruang emang rumit, saluran, penampungan dan pembuangan air nya juga pabeulit. Bangunan dan gedung-gedungnya sembrawut. Belum lagi letaknya Jakarta di cekungan seperti mangkok ngebuat air jadi ngumpul di sana. Tapi makin ke sini banjir Jakarta makin parah

emoticon-Ngamuk

Pembangunan Jakarta sangat ngebut sejak lama. Beragam rencana pembangunan tata ruang kota Jakarta berubah-ubah bersama dengan pergantian gubernur ke gubernur yang lain. Sejak masih Batavia Jakarta emang udah rame kan?. Lah mana ane tau!Pembangunannya cepat melesat. Dari tahun ke tahun makin padat. Ane pernah ngontrak pas buka pintu satu meter udah tembok lagi, halaman sempit, resapan air entah di mana. Jalanan udah aspal, kiri kanan coran. Belum lagi tuh sampah yang berserakan. Tapi kalo sampah sih mungkin kan udah dipikirin sama yang buang, kalo banjir tuh sampah bakalan ke bawa juga. Tata letak kota Jakarta yaa emang begitu. Udah salah entah sejak tahun kapan kalik.

Sebuah Cerita singkat

Quote:

Untuk soal banjir Jakarta ane rasa lebih kompleks dan lebih rumit lagi dari sekedar kontrakan bocor, lebih banyak perenungan, pemikiran, penelitian, tindakan, kebijakan, kesabaran, kesepakatan.

emoticon-Bingung

Demikian Thread ane soal banjir Jakarta. Sudut pandang dari pemerintah yang mengurusi banjir, orang yang terdampak banjir, orang yang baca berita banjir pasti berbeda satu sama lain. Ya bedalah, Kalo sama mungkin banjir ini udah beres, atau udah diterima gitu aja. Para kaskusers yang budiman pun pasti punya beragam pandangan soal banjir ini. Semoga banjir lekas berakhir.

 emoticon-Malu

emoticon-Cendol Ganemoticon-Lempar Bataemoticon-Rate 5 Star

JEJAK

Narasi : 
@raeuki 

Referensi :





profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh raeuki
Halaman 1 dari 8
Quote:


Jakarta terlalu padat, yah semoga itu bisa mengurangi banjir ...

Quote:


Hmmm, emoticon-Takut

Quote:


Wkwkwkwk, kalo itu masalahnya. Mudah mudahan "gabener" segera kerja dengan bener. emoticon-Shakehand2

Quote:


Waaaaahh .. ia juga yaak
emoticon-Leh Uga
Wah ternyata sesederhana itu ya oom emoticon-Ngakak

Quote:


Jejak digital emang begitu ... Orang gampang flashback

Quote:


Gak mau pusing ya gan ..
emoticon-Leh Uga

Quote:


Sama ane juga mau nyimak, emoticon-Shakehand2

Quote:


Uh naikin tanah kah, berat juga.

Quote:


Bukan ane emoticon-Ngakak
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Diubah oleh raeuki
Quote:


Ke laut aja kah, seperti di Jepang yaa (ane baru baca komen kaskuser)

Quote:


Modifikasi cuaca emang, rada aneh sih untuk suatu upaya penanggulangan banjir.

Quote:


Tunggu tenggelam aja berarti ini
emoticon-Leh Uga

Quote:


Mikirin dan menjalankan mungkin.

Quote:


Wah artinya Amsterdam yang bendung laut itu lebih mungkin bakalan tenggelam dari jakarya ya gan yak.

Quote:


Susah yak. Hmmm

Quote:


Kalo ada yang bisa nyembuhin luar biasa banget berarti orang itu.

Quote:


Hmmm. Menanti keajaiban kah.

Quote:


Murah meriah, tapi hati2 kena tipu ...emoticon-Wkwkwk

Quote:


Amiiin ...
Diubah oleh raeuki
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo udah tau rawan banjir karena dulunya rawa, daerah resapan air, dll ya jangan semuanya dijejelin ke Jakarta emoticon-Sorry

makanya ane setuju soal pemindahan ibu kota, minimal bisa ngurangin beban Jakarta
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Semoga ga hujan lebat lagi
Dan jgn pamer sok sukses ga banjir

Kalo pamer
Biasa di bls kontan emoticon-Takut (S)
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Masalahnya nih gabener kaga bisa kerja
emoticon-Ngakak

Banjir Jakarta Akankah Berakhir?
Banjir Jakarta Akankah Berakhir?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andi_mastrak dan 5 lainnya memberi reputasi
Banjir akan berakhir emoticon-Smilie
















jika kemarau datang emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
elbe94 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hcas dan 2 lainnya memberi reputasi
Entahlah gan
Ane minyak ajaa,takut salah komeng emoticon-Ngakak
profile-picture
raeuki memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bisa klo tanah nya rata d naikin 100 meter semua
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Siapa yang mobilnya udah pinter ngapung karna banjir?
Diubah oleh ih.sul
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kl liat dari posisinya,Jakarta emang rawan banjir,tapi kl bener di Belanda ada yang lebih rendah dari permukaan air laut dan ga kebanjiran,maka mungkin bisa kita belajar dari sana untuk mengatasi banjir.
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
puja puji ras ngarab kon tol dan pemimpin2 palsu lainnya yang begitu urus banjir antara kaget, sok jelasin kalau banjir itu akibat hujan, doa supaya ga banjir buat solusi...terkutuk lah mereka dan keluarganya di kerak neraka emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane optimis bisa, tapi lama waktunya. Dan butuh kebijakan sama inovasi yg nyata si biar gak keulang terus tiap awal tahun
profile-picture
raeuki memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
banjir jakarta ga akan berakhir tapi banjir ibukota akan segera berakhir..emoticon-Wakaka
profile-picture
raeuki memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Masalah banjir di Jakarta sih menurut ane bisa ga bisa sih gan kenapa?? karena Jakarta itu sudah termasuk dataran rendah dan juga dekat dekat dengan laut, banyak sungai dimana-mana karena peradaban dari jaman beheula(bisa baca sejarah jakarta emoticon-Big Grin), karena resapan air juga semakin menipis karena banyaknya bangunan" tinggi atau pencakar langit lainnya. Dan menurut ane yang bisa disalahkan sih diri kita sendiri gan. Kita harus intropeksi diri yaa memang benar hujan yang terus menerus memang membuat banjir tapi karena kurangnya resapan air dan sungai-sungai yang tidak mengalir karena menumpuknya sampah itu juga bisa faktor dari banjir tersebut. emoticon-Malu
profile-picture
raeuki memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mustahil kalo.dilihat dari kondisi sekarang ini.. sejak jaman voc kala masih batavia namanya aja udah sering dilanda banjir.. bahkan gubjen pada masa itu kewalahan buat mengatasi masalah banjir di batavia.. apalagi sekarang ini yg dimana mana isinya gedung dan beton.. hampir gak ada ruang lingkup hijau lagi..
profile-picture
profile-picture
luluvi dan ekaputra19 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Banjir di jakarta berakhir ??.......Dalam lubuk hati terdalam sebenarnya kita semua kuatir bahwa justru akan MAKIN PARAH di tahun2 y.a.d

Sebabnya apa ? well sudah terlalu banyak teori & wacana yg dilemparkan oleh orang2 pintar di negeri ini..... tapiii apakah anda percaya bakal terealisasi ??
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ketolong ama garemm....

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rumit sih kalo ngomongin jakarta kapan kelar banjirnya.
padahal gubernur jakarta ada program pemprov sukses jakarta bebas banjir awal 2021. Pemprov DKI Jakarta menyebut program penanganan banjir seperti pengerukan sungai, terobosan codetan, perbaikan pompa dan polder berjalan optimal di akhir 2020 untuk mengantisipasi banjir.
Jakarta pun sejak masih bernama Batavia sudah akrab dengan banjir. karena Jakarta merupakan wilayah dataran rendah seluas 650 km2. Ketinggian tanah diukur di titik nol Tanjung Priok dari pantai sampai ke kanal banjir berkisar antara 0-10 m di atas permukaan laut. lantas di perparah dengan wilayah serapan air yang di sulap dengan gedung-gedung tinggi dll.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di