CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mengucek mata, Sepele Tetapi Fatal Akibatnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6036e6ac6a924750804a255f/mengucek-mata-sepele-tetapi-fatal-akibatnya

Mengucek mata, Sepele Tetapi Fatal Akibatnya

Mengucek mata, Sepele Tetapi Fatal Akibatnya


Mata adalah salah satu organ tubuh yang masuk ke dalam 5 panca indera. Karena mata kita bisa melihat isi dunia. Alhamdulillah, bersyukurlah pada Tuhan YME karena kita dianugerahi mata sehingga bisa melihat segala rupa-rupa warna.

Mata memang sensitif terhadap cahaya, debu, dan angin. Saat merasa terganggu karena gatal misalnya kita akan reflek mengucek mata agar mata yang kering cepat dilumasi. Sehingga debu-debu atau partikel yang menempel pada area mata dapat berkurang karena tersapu air mata.

Namun jika kurang hati-hati dan salah dalam menangani hal ini bisa berakibat fatal. Seperti yang dialami teman suami saya, sebut saja Pak Boyo. Dua bulan lalu suami saya meminta ijin untuk menjenguk temannya (Pak Boyo) yang katanya sedang sakit. Setelah pulang ia bercerita tentang kondisi Pak Boyo yang sedang mengalami gangguan mata.

Awalnya, Pak Boyo merasa gatal di mata kemudian beliau menguceknya. Namun hal itu tak membuat mata membaik justru dirasakan semakin terasa pegal dan berat. Setelah itu ia berinisiatif untuk mengompres (merambang) mata dengan air sirih untuk beberapa saat, tetapi mata tak kunjung membaik. Selanjutnya beliau membeli obat tetes mata. Namun setelah beberapa hari pemakaian kondisi mata semakin memburuk. Seperti ada bercak putih di mata. Mau tidak mau beliau pergi ke dokter. Setelah diperiksa ternyata mata pak boyo terkena infeksi bakteri ditambah air sirih yang digunakan membuat tumbuhnya jamur. Hampir seluruh matanya tertutup jamur berwarna putih yang mengakibatkan harus dioperasi mata (membersihan jamur tersebut). Saat dijenguk Pak Boyo dalam posisi diperban matanya.

Mengucek mata, Sepele Tetapi Fatal Akibatnya
dokpri


Hal itu juga pernah saya alami sekitar delapan tahun yang lalu. Berawal dari rasa pegal di mata. Saat saya teliti ternyata di mata bagian warna putih seperti ada benjolan kecil. Mata saya tak memerah waktu itu tetapi terasa berat dan pegal. Tetes mata sudah saya pakai tetapi hinga sehari rasa sakit tak berkurang. Saat diteliti lagi benjolan itu telah hilang tetapi seperti ada yang terkelupas di bagian warna putih mata saya.

Khawatir terjadi sesuatu saya pun periksa ke Dokter mata. Saat saya tanya bagaimana kondisi mata saya Dokter memberikan jawaban yang cukup mengerikan.

"Dok, mata saya kenapa?"

"Gak papa, hanya ada luka sedikit, mungkin akibat dikucek."

"Terus bagaimana, Dok?"

"Ya, seperti luka biasa, cuma bedanya luka ini berada di mata. Biar cepat sembuh matanya di perban, sebab bisa jadi luka semakin membesar saat mata mengedip."

Akhirnya saya pulang dengan kondisi mata kanan saya diperban. Alhamdulillah dua hari mata saya sudah sembuh. Namun selama dua hari menggunakan satu mata, sungguh bukan pengalaman menyenangkan. Beruntung waktu itu saya sedang cuti kerja jadi tidak harus bertemu banyak orang. Walaupun saat ke tukang sayur atau ketemu tetangga, rasa sangat malu. Setiap yang melihat terlihat panik dan penasaran. "Apa yang terjadi, kenapa diperban?"

Belum lagi saya harus merasakan separuh dunia saya hilang. Coba saja saat mata sebelah kanan atau kirimu ditutup. Apa yang kau rasakan? Bayangkan jika itu terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Saya bukan Dokter atau ahli kesehatan. Meskipun tak tahu pasti apa yang sebenarnya terjadi. Setidaknya dari pengalaman ini, saya semakin mengerti betapa pentingnya mata. Jangan biasakan mengucek mata, karena hal sepele ini bisa mengakibatkan hal fatal.

Sekian thread ini. Semoga dari pengalaman teman suami dan saya ini bisa diambil manfaatnya. Terima kasih.

Salam
Mutia AH

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh husnamutia
Jangan biasakan mengucek mata
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Malu gansis, saat kekuar rumah dengan mata diperban, merusak penampilan juga
Udah kebiasaan sih, saat mata terasa gatal atau nggak nyaman gitu auto dikucek. Ternyata ada bahayanya juga ya
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Fatall lhaaa...masuk byk virus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya betul...ati2 mata adalah jendela dunia..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
betul banget sis, ane pake kacamata aja pegel. jadi paham betapa nikmatnya dulu hidup tanpa mata minus.
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Emang fatal banget apalagi kita gatau keadaan tangan kita bersih atau kotor
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau mata gatel ane suka minta tolong buat ditiupin hehe
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane kadang suka ngucek mata sih kaya pas kelilipan gitu.. gak nyangka aja kalo bisa seberbahaya itu gegara ngucek mata.. besok besok harus lebih aware lagi nih..
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang bahayaa tapi ngucek mata tuh rasanya enak banget apalagi pas gatel
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Haduhh emang nggak boleh sih ngucek ngucek mata tuh cuman kadng suka lupa kalau mata gatal langsung dikucek matanya
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wah iya nih bener
bisa luka terus iritasi malahan
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sering banget nih kita tanpa sadar me ngucek2 mata, entah itu karena gatal, kelilipan, pokok ya sesuatu yang tidak mengenakkan di mata, pasti reflek kita kucek2, padahal tangan bisa saja kotor, banyak bakteri..lebih baik menahan diri untuk tidak mengucek jika tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada mata kita.thanks Gan info threadnya pengetahuan banget.
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Diubah oleh husnamutia


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di