CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Singgung Fatwa, MUI Soroti Nakes Pria Mandikan Jenazah COVID Wanita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035cfef59dc2056041a53e5/singgung-fatwa-mui-soroti-nakes-pria-mandikan-jenazah-covid-wanita

Singgung Fatwa, MUI Soroti Nakes Pria Mandikan Jenazah COVID Wanita

Singgung Fatwa, MUI Soroti Nakes Pria Mandikan Jenazah COVID WanitaJakarta - Sebanyak 4 tenaga kesehatan (nakes) pria dijerat dengan pasal penistaan agama karena kasus memandikan jenazah pasien positif COVID-19 wanita. Majelis Ulama Indonesia (MUI) berbicara soal fatwa memandikan jenazah pasien COVID-19.
"Di fatwa MUI nomor 18 tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah muslim yang terinfeksi COVID-19, ketentuan hukum poin 1 di situ dinyatakan sesuai dengan ketentuan syariah," ujar Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas saat dihubungi Selasa (23/2/2021).

Anwar Abbas menjelaskan bahwa ketentuan syariah ialah jenazah perempuan dimandikan oleh sesama perempuan. Begitu pula sebaliknya bagi jenazah laki-laki.

"Mayat laki-laki dimandikan oleh laki-laki atau perempuan yang merupakan istri dan anak perempuannya. Untuk mayat perempuan dimandikan oleh perempuan, kecuali oleh laki-laki yang merupakan suami dan anak laki-lakinya," kata Anwar Abbas.

Anwar Abbas menyebut belum bisa mengatakan apakah pelanggaran tersebut masuk kategori penistaan agama. Namun dia mengatakan petugas tidak melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan syariat Islam.

"Kalau istilahnya saya belum bisa mengkategorikannya, tetapi yang jelas petugas tidak memperhatikan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh syariat islam," tuturnya.


Diketahui, empat nakes di RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar yang jadi tersangka terkait kasus memandikan jenazah wanita positif Corona ternyata juga dijerat pasal tentang penistaan agama. Sebelumnya, mereka juga dijerat dengan UU tentang Praktik Kedokteran.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, setelah dilakukan gelar perkara soal kasus yang dilaporkan oleh Fauzi Munthe, petugas menjerat para tersangka dengan tindak pidana penistaan agama.

"Hasil gelar perkara di Wasidik Ditkrimum Poldasu disimpulkan perkara yang dilaporkan Fauzi Munthe adalah merupakan peristiwa tindak pidana penistaan agama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 156 a KUHP atau tidak memberikan pelayanan medis sesuai standar profesi dan standar prosedur operasional serta kebutuhan medis pasien sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 jo Pasal 51 UU No 79 tahun 2014 tentang Praktik Kedokteran," sebut Kombes Hadi dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (23/2).

Hal senada dikatakan Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar AKP Edi Sukamto. Dia mengatakan keluarga pasien wanita Corona juga melaporkan keempat tersangka dengan pasal penistaan agama.

"Korban buat LP penistaan agama," kata AKP Edi saat dimintai konfirmasi terpisah.

Untuk diketahui, kasus jenazah pasien Corona wanita diduga dimandikan petugas pria di RSUD Djasamen Saragih, Pematangsiantar, Sumut, ini bermula ketika MUI Kota Pematangsiantar memanggil pihak RSUD.

Pasien Corona itu meninggal pada Minggu (20/9/2020). Namun dia tidak menjelaskan status pasien yang meninggal dan dikubur dengan protokol kesehatan itu.

Dalam pertemuan dengan pihak rumah sakti, MUI Kota Pematangsiantar kemudian mempertanyakan alasan pihak RSUD menggunakan petugas pria untuk memandikan jenazah wanita. Menurut RSUD, hal itu dilakukan karena tidak adanya petugas wanita untuk memandikan jenazah di RS itu.

https://news.detik.com/berita/d-5435...rom=wpm_nhl_25

Sebenarnya aneh klo masuk pasal penistaan agama karena ini manusia bkn kitab suci.
Kalo pelanggaran secara syariat di nisbatkan penistaan agama.
Lha banyak orang muslim sendiri yg melanggar syariat loh yakkk.

Lucu sebenarnya...
Mending pasal lalai atau apalah.
Kalo penistaan agama yaa sama aja polkis keliatan konyolemoticon-Cool



Lalu gimana dgn yg iniemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Halaman 1 dari 8
Padahal sama internal...

Apalagi sama tapir...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Betul...setuju sama TS ..keliatan Konyolemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
moga2 nakes pada mogok biar yg mabok agama ngurus sendiri
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nakes mogok massal aja,
Pengen tau mui ngomong apa.

Next, mayat copid silahkan dimandikan sama keluarga,
Kalo tertular gak usah minta tolong nakes.

Basa kasar nya:
Loe jual, gw beli.

Asli emosi tiap baca berita perundungan nakes di tengah situasi pandemi.
emoticon-Ngamuk
Mereka garda terdepan bertaruh nyawa,
Tapi masih diancam pidana.
emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 52 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kalau nakesnya kafir gue masih agak-agak maklum karena melihat track record kaum ini.
lha ini... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Quote:

anjayyy gua suka gaya lor nyet!

emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 9 lainnya memberi reputasi
Kalau gw mending next time tu mayat suruh mandi sendiri aja nakes siapin sabun dan peralatan doank . sekalian suruh mayat kuburin diri sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
ini kan kondisi darurat
kl diserahkan ke keluarga bisa jd menyebar

makan babi aja boleh dlm kondisi darurat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Lain x mayatnya suruh mrka aja yg bawa & mandiin sendiri.
Tutup instalasi kamar jenazahnya.
pihak RS jg lemah melindungi pegawainya sendiri atau sekalian RSnya khusus buat kafir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mui ga guna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fazerdaze
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Aneh juga dituntut pake pasal penistaan agama. emoticon-Bingung (S)

Yg kek gini sensitif
di satu sisi sensitif bagi kelompok berdaster
di sisi lain sensitif bagi nakes

kalo diproses nanti nakesnya mogok, ribet
kalo ga diproses nanti pasukan berdaster rame2 ribut2, malah bikin penularan covid

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atarack dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Betul
setuju sama TS, keliatan Kontol
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
Apakah non muslim bisa dipidana akibat aturan syariah islam?

Kalo bisa, fix agama ini bener2 sampah peradaban emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Gak bakalan nakes mogok kalo soal agama, buktinya udah lama kan kasus ini muncul, adem ayem aja tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
dikit2 penis-taan emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Mui aja suruh stand by di kamar mayat, biar bisa mandiin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintabot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh a2team
Lihat2 dulu, ada gak karyawan wanita yg bekerja di Instalasi Pemulasaraan Jenazah nya, trus juga dikaitkan dengan covid nya. Masuk kategori penanganan bersifat khusus gak itu.
Yg kedua, lihat SOP nya dulu. Klo sudah sesuai SOP, artinya yg harus disalahkan adalah institusinya, bukan pelaksana SOP nya. IMHO, sedangkan pekerjaan mengepel lantai ajah ada SOPnya, harusnya memandikan jenazah pasti ada.
Kalau 2 diatas diabaikan, barulah maklum klo dikasuskan secara personal. Mungkin dipasalkan kategori perbuatan tidak menyenangkan atau pelecehan.
Klo dipasalkan penistaan agama, tuh dokter obgyn / kandungan banyak yg laki juga.
Atau klo sebab eprbuatan tidak sesuai syariat islam, warga BP yg muslim dimari, 99,99 persen dipastikan adalah penista agama. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gini nih kalo cuma modal sarung sama baju muslim doang dijadiin pejabat mui.
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan pitaksemprul memberi reputasi
Byk bnr org gila di Indonesia. Hal remeh kaya gini diurusin. Anggap aja di RS itu gak ada perawat cewek yg ngerti cara mandiin jenazah, atau mang gak ada cewek yg muslim. Trus mau diapain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintabot dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane cuma mendoakan semua kadroen sampah agama semoga cepat mampus kenak covid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintabot dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di