CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035cc886007cc363e25ee85/dugaan-quotmark-upquot-dana-quothand-sanitizerquot-sumbar-49-m-harga-9-rb---botol-dibeli-35-rb

Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb

Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar 4,9 M, Harga 9 rb / Botol, Dibeli 35 rb

Dugaan "Mark Up" Dana "Hand Sanitizer" Sumbar Rp 4,9 M, Pansus DPRD: Harga 9.000 Per Botol, Dibeli Rp 35.000

PADANG, KOMPAS.com -;Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan adanya indikasi penyelewengan dana Covid-19 Sumatera Barat berupa kemahalan harga barang senilai Rp 4,9 miliar.

Akibatnya uang tersebut terpaksa dikembalikan oleh rekanan atau penyedia jasa ke kas negara.

"Ada temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI sekitar Rp 4,9 miliar atas indikasi kemahalan harga barang," kata Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Erman menyebutkan barang yang dibeli tersebut adalah hand sanitizer untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumbar.

Akibat temuan tersebut, rekanan harus mengembalikan harga yang kemahalan itu dengan total Rp 4,9 miliar.

"Sekitar Rp 4,3 miliar sudah dikembalikan. Sedangkan sisanya dalam minggu ini dibayarkan," kata Erman.

Pansus DPRD Sumbar duga ada penyelewengan

Sementara Wakil Ketua Pansus DPRD Sumbar tentang LHP BPK RI terkait Covid-19, Nofrizon menyebutkan dalam LHP BPK RI ditemukan adanya indikasi penyelewengan dana untuk pembelian hand sanitizer tersebut.

Hasil penyelidikan Pansus sementara ditemukan bahwa pembelian hand sanitizer itu diduga di mark up dari harga sebenarnya.

"Harga sebenarnya Rp 9.000 per botol, namun dibeli Rp 35.000. Kemudian perusahaan atau rekanannya tidak bergerak di bidang pengadaan alat kesehatan," jelas Nofrizon.


Nofrizon menyebutkan rekanan yang menyediakan hand sanitizer tersebut bergerak di bidang batik tanah liat, bukan alat kesehatan.

"Ini yang akan kita selidiki di Pansus," kata Nofrizon. 

Dua temuan LHP BPK RI di Sumbar

Temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI soal dana hand sanitizer merupakan salah satu dari dua temuan indikasi penyelewengan dana Covid-19 Sumbar.

Temuan sebelumnya, ada indikasi dana Rp 49 miliar yang belum dapat dipertanggungjawabkan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat pun menyelidiki dugaan penyelewengan dana Covid-19 dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

"DPRD Sumbar bentuk Pansus untuk menindaklanjuti LHP BPK RI tersebut. Ada Rp 49 miliar dana Covid-19 Sumbar yang belum bisa dipertanggungjawabkan," kata Wakil Ketua Pansus DPRD Sumbar, Nofrizon yang dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan temuan BPK RI itu berupa adanya pembelian barang yang dibayar tunai.

Padahal dalam aturan tidak diperbolehkan pembayaran dilakukan secara tunai.

Nofrizon mengatakan Pansus sudah bekerja sejak 17 Februari 2021 lalu.

https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page2

35.000 - 9000 = 26.000.. emoticon-Malu (S)

Akankah d hukum mati??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
geleng-geleng kepala banget
situasi lagi serba sulit, segala handsan aja di markup anggarannya
hayoloh ada dugaan mark up wkwkwk ayo usut kasusnya. heuheu
Aduh aduh lagi lagi berita seperti ini, ada aja oknum oknum yang memainkan hal hal seperti ini
Kenapa ane gak terkejut ya dengernya, ini empat kali lipat lho harganya
Buat kesehatan gini aja bisa di mark up.. hmmm..
Lah..mahal amat ya jadinya
Dari 9rb jadi 35rb
Apa mungkin ongkirnya mahal tuh emoticon-Ngakak
Coba markup nya cuma 1000 perbotol
Kan sama bpk masih dianggap harga wajar
Wkwkwkkwkwkww
Maruk sih ah
satu singgit dua singgit
basis kdrone ya?
Diubah oleh eghy
tapi awal awal covid memang harganya pada naik beli 5 ml aja 10rb
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kearifan lokal selain sarung anti nyamuk 😅
emoticon-Matabelo
mesti diusut tuntas apapun alasannya Korupsi adalah tindak kejahatan yang merugikan negara dan menguntungkan bagi para koruptornya...
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lah.. kok bisa.. di sumbar lohh... gimana ini
Kaga beda jauh ama nyang minta ceban, koruptor kontooooll
Wanjayyy korupsi lagi ini. Hmmm udah ketauan belom nih pelakunya gan?hehehe
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
waaaaaaah usust terusssss sampe kelarr. ane pantengin emoticon-Cool
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
josss lah bpk ri
Dah gila orang2 ini, pejabat2 gila
Di tengah pandemi, masih dikorupsi
emoticon-Bingung
Kebiri dah lgsg tersangka nya. emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Padang pantek
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di