CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Fungsi thermistor/termis ac di ac split
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603533930639e91dc85b30bc/fungsi-thermistor-termis-ac-di-ac-split

Fungsi thermistor/termis ac di ac split

Fungsi thermistor/termis ac di ac split

Anda seorang pengguna aktif mesin pendingin udara, tentu sudah asing lagi dengan alat yang satu ini. Namun ada juga sebagian dari konsumen yang belum mengetahuinya.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dari si pengguna tersebut. Mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya yang lain, atau memang tidak ingin tahu.

Memang kebanyakan orang hanya menginginkan AC nya selalu dingin, sampai-sampai lupa kapan terakhir kali di service atau di bersihkan. Padahal, intruksi dari pabrik pembuatnya, AC minimal harus dirawat service berkala 2 atau 3 bulan sekali.


Oleh karena itu, melalui artikel ini saya ingin menyampaikan informasi mengenai salah satu komponen pada unit AC. Yang mana komponen ini sebagai otomatis pengatur suhu pada Air Conditioner.

pengertian thermistor atau termis ac

pada unit ac, thermistor terbagi 2 yaitu thermistor suhu dan thermistor coil

Thermistor air conditioner adalah salah satu komponen kelistrikan dalam sistem pendingin yang berfungsi sebagai sensor suhu (temperature sensor). Jika terjadi kerusakan pada thermistor, maka sistem AC tidak akan bekerja dengan normal.

Jika diibaratkan pada tubuh kita, thermistor ini adalah kulit yang dapat merasakan suhu lingkungan. Andaikan suhu lingkungan tidak sesuai baik itu terlalu panas ataupun terlalu dingin, maka kita akan bereaksi karena ketidaknyamanan itu. Jika kulit kita tidak bisa merasakan suhu yang tidak sesuai, pasti bisa membahayakan tubuh. Begitu pula unit AC, jika terjadi kerusakan pada thermistor maka akan membahayakan bagi sistem AC itu sendiri.

ciri - ciri termistor ac rusak

Jika thermistor ini rusak, maka suhu ruang tidak akan terbaca dengan baik. Bisa jadi suhu ruangan belum dingin tetapi sistem sudah mematikan kompresor sehingga setting suhu tidak akan tercapai. Atau malah sebaliknya, suhu ruangan sudah dingin tetapi sistem tidak mematikan kompresor, sehingga suhu ruang akan sangat dingin (lebih dingin dari setting suhu).

Kerusakan thermistor pendeteksi suhu pipa.

Jika thermistor ini rusak, suhu pipa evaporator tidak akan terdeteksi oleh sistem. Bisa jadi suhu pipa sudah dingin tetapi sistem mematikan unit outdoor padahal suhu ruang belum sesuai setingan. Sebaliknya apabila suhu pipa tidak dingin (AC tidak ada refrigerant) tetapi sistem tetap menghidupkan unit outdoor. Hal ini sangat membahayakan kompresor.


baca juga : cara kerja termis ac



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di