CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6034ccbe4a18ec6af976874c/ghost-buster-berkenalan-dengan-tiga-hantu-asal-thailand

[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand

[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand

SÁWÁDEE-KRÁB

emoticon-Takut

Bicara tentang film horor, ane tidak bisa melupakan Thailand. Menurut ane, Thailand memiliki banyak film horor seru, bagus, dan tentu ada adegan gore yang menjadi favorit ane. Tak jauh beda dengan Indonesia, Thailand juga memiliki urban legend-urban legend yang mereka angkat menjadi film horor. Beberapa di antaranya dipercayai keberadaannya oleh masyarakat Thailand. Ya, maklum. Di negara itu, percaya pada hantu atau roh-roh masih lekat di masyarakat, khususnya yang menganut agama Budha.

Yes, right! Kali ini ane akan membahas dunia perhantuan Thailand. Namun, sebelum membaca thread ini perlu diingat bahwa, ane menulis ini hanya untuk hiburan semata. Tidak menuntut Gansis untuk percaya dengan hantu apalagi takut karenanya. Ingat, kita manusia jangan sampai tunduk di bawah aura ketakutan makhluk halus.

So, Inilah dia hantu-hantu khas Thailand. Ada yang mau kenalan?

***

Má ley!

emoticon-I Love Indonesia (S)

1. Phi Krasue

[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand

Dari fotonya kita sudah familiar, ya, dengan sosok ini. Yup, kalau di Indonesia namanya Kuyang atau Palasik. Nah, kalau di negara tetangga namanya Krasue. Penampakannya rada mirip sih. Berupa kepala wanita yang malayang-layang dengan organ dalam-- jantung, hati, lambung, usus-- yang menggantung. Di beberapa cerita digambarkan Krasue dengan leher seperti manusia biasa, tapi kadang hanya berupa trakeanya saja.

Perbedaan mencolok antara Krasue dengan Kuyang adalah, Krasue digambarkan dengan hati atau jantung yang memunculkan pijar (sinar) merah, sedangkan Kuyang tidak. Krasue meminum darah hewan ternak dan memakan isi perutnya. Bila tidak menemukan darah, ia akan memakan makanan busuk bahkan kotoran manusia. Sedangkan Kuyang memakan janin atau plasenta untuk kepentingan ritual ilmu hitamnya.

Krasue dikatakan berasal dari wanita yang mati karena dosa yang menjijikkan: berzina, menyelingkuhi suami, atau menggugurkan kandungan. Mereka yang mati dalam kondisi seperti itu, ruhnya tidak pernah tenang hingga mereka dilahirkan kembali dan dikutuk menjadi Krasue. Namun, di beberapa versi disebutkan bahwa Krasue adalah wanita cantik yang dikutuk karena mempelajari ilmu hitam. Lalu cerita manakah yang benar? Entahlah. Namanya juga legenda, heheh. Boleh dipercaya, boleh tidak.

Ih, ngeri juga, ya. Kalau pas ngeronda tiba-tiba melihat Krasue melayang. Kalau kalian melihat Krasue atau Kuyang apakah kalian akan lari atau malah menangkapnya? Mayan, organ dalam manusia harganya mahal. Hahaha.

***

2. Pret Yang

[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand

Preta atau Pret Yang adalah sosok supranatural yang keberadaanya dipercaya oleh umat Hindu, Buddha, dan Taoisme Thailand. Hantu ini gambarannya cukup menyeramkan, yaitu dengan postur tubuh seperti penderita busung lapar. Tubuh kurus, perut buncit, lehernya panjang, dan kulitnya seperti mumi. Preta digambarkan sebagai jiwa manusia yang terkena karma yang menjijikkan di mana ia memiliki sikap rakus dan tamak. Oleh sebab itu, Preta direinkarnasi sebagai makhluk yang didera lapar dan haus menggebu, tapi ia tidak bisa melepas dahaga dan laparnya dengan puas karena mulut dan kerongkongannya yang sangat kecil.

Roh Preta katanya hidup berdampingan dengan manusia, tapi dapat tidak dilihat secara kasat mata. Disebutkan pula bahwa Preta dan manusia memiliki pandangan mata yang bertolak belakang. Misal, jika manusia melihat sebuah sungai dengan air yang sejuk dan jernih. Maka dalam pandangan Preta, sungai tersebut tampak seperti aliran darah dan nanah. Jika dalam pandangan manusia kotoran itu menjijikkan, maka dalam pandangan Preta kotoran tampak seperti makanan enak.

Karena Preta adalah reinkarnasi orang-orang terdahulu, maka tak sedikit biksu atau orang-orang yang meletakkan sesajen atau persembahan untuk Preta. Itu karena mereka ingin membantu leluhur mereka yang menjadi Preta tak selalu kelaparan. Bahkan di beberapa negara di Asia, seperti di Cina, Thailand, Malaysia, Tibet, dan Tiongkok, umat Buddha-nya merayakan festival hantu kelaparan. Festival itu dilakukan pada hari ke-15 di bulan ke-7. Ada yang pernah ikut atau menyaksikan festival tersebut? Bisa berbagi cerita di kolom komentar, ya.

***

3. Krahang

[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand

Di Thailand juga ada setan laki-laki loh (gak lebih setan dari laki-laki yang ngakunya khilaf selingkuh selama dua tahun). Hahaha. Oke, back to topic. Hantu laki-laki itu namanya Krahang. Ia digambarkan sebagai laki-laki bertelanjang dada yang terbang di malam hari dengan kradong (penampi beras) sebagai sayap. Kadang kala ia terbang dengan menunggangi sam tam khao, alu atau kayu panjang yang digunakan untuk menumbuk beras di lesung tradisional.

Krahang dikenal sebagai roh jahat yang suka mengganggu orang-orang khususnya wanita di malam hari. Wilayah kekuasaannya ialah wilayah yang dihantui oleh Krasue. So, itulah kenapa Krahang dan Krasue sering disebut bersamaan. Bahkan katanya Krahang adalah pasangan dari Krasue. Caelah, Krahang aja punya pasangan. Masa kamu engga?

Namun, di beberapa cerita disebutkan bahwa Krahang mendekati Krasue karena ia menginginkan jantung Krasue untuk dimakan. Ish, ternyata Krahang fuckboy juga, ya. Ia mendekati cewek bukan karena apa adanya, tapi karena ada apanya. Ish, tak patut!

***

Nah, untuk thread kali ini cukup sampai di sini, ya, Gansis. Udah, kenalan sama mereka bertiga aja dulu. Di thread selanjutnya kenalan sama setan-setan Thailand lainnya. So, tungguin ya.

Xoxo

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by: serbaserbi.com
Gambar: Google image
Sumber: 1, 2, 3

emoticon-Cendol Gan

Gomawoyo



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ane gak nyuruh Gansis untuk percaya hantu, ya.
profile-picture
wanpantau memberi reputasi
Seseram-seramnya hantu masih serem manusia yang kelakuannya kek setan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Jarang beud lu ngaskus sekarang, Bang. Eh, sekalinya nongol malah bahas jurig.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Takut hantu thai ladyboy
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hmm..jd pengen ntn horror Thailand emoticon-2 Jempol
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pada hobi makan kotoran. Kyknya sengaja nakut2in biar pada ga jorok yah
profile-picture
wanpantau memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pret Yang entuh ada bonekanya ndak sih??? Ane pengen belik bwt dijadiin guling...
[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand
[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
horror thailand salah satu yang paling nyeremin kalo menurut ane
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kek di film pee mak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan serbaserbi.com memberi reputasi

Quote:


ane setuju banget ama komen 1 ini .. emoticon-Matabelo

masih sereman manusia kemana2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang pertama mirip Kuyang ya, btw ada tambahan lagi gan, Kraitong wkwk

Siluman buaya yang ada di Lativi dulu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Krahang di ceritakan serem tapi kok absurd banget yah bentuknya, ane mau pake emo ngakak tapi takyuuuuut...
Kapan hari ane streamingan online film horor thai 4bia. Nah kisah prtama ada manusia berubah jadi Pret Yang, oalah ada kaitanya dengan karma ternyata...
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ada iklan lampu Thailand yg nampilin aneka hantu sebagai kontennya. Termasuk hantu2 diatas. Ditampilkan dengan lucu ceritanya, jadi gak kelihatan serem. Utk bentuk hantunya sesuai dengan deskripsi di atas
profile-picture
wanpantau memberi reputasi
Diubah oleh proto1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau mau kenalan ya datang saja ke sana gan, kemudian makan-makan atau apa. Berhubung memang hantu merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Selanjutnya memang tidak perlu memburu hantu.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw kirain preta itu tinggi kaya titan di shingeki no kyojin alias attack on titan
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ndak ada serem-seremnya setan luar negeri.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nongpoy emoticon-Takut
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau gue nama nama hantunya, ngeri juga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ada Kuyang
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setan kredit juga meresahkan bre!
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di