CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kapolri: Tersangka Kasus UU ITE Minta Maaf Tak Perlu Ditahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60344d029e5ea8459545385f/kapolri-tersangka-kasus-uu-ite-minta-maaf-tak-perlu-ditahan

Kapolri: Tersangka Kasus UU ITE Minta Maaf Tak Perlu Ditahan


Kapolri: Tersangka Kasus UU ITE Minta Maaf Tak Perlu Ditahan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya untuk tidak menahan terhadap tersangka kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Khususnya, terhadap tersangka yang telah meminta maaf serta kasus tersebut dinilai tak berpotensi memecah belah masyarakat, mengandung unsur SARA, radikalisme dan separatisme.

Instruksi itu disampaikan oleh Listyo kepada jajarannya melalui Surat Edaran Kapolri Nomor: SE/2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif.


Dia menekan kepada penyidik kepolisian untuk mengedepankan upaya mediasi terhadap kasus yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-Undang ITE.


“Korban yang tetap ingin perkaranya diajukan ke pengadilan namun tersangkanya telah sadar dan meminta maaf, terhadap tersangka tidak dilakukan penahanan dan sebelum berkas diajukan ke JPU agar diberikan ruang untuk mediasi kembali,” kata Listyo dalam Surat Edaran Nomor: SE/2/11/2021, Selasa (23/2/2021).


Dalam surat edaran tersebut Listyo juga menjelaskan pertimbangannya, yakni lantaran perkembangan situasi nasional terkait penerapan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dinilai kontradiktif dengan hak kebebasan berekspresi masyarakat melalui ruang digital.


Sehingga, dia pun menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengedepankan upaya restorative justice dalam menyelesaikan suatu perkara yang berkaitan dengan pelanggaran UU ITE. Sedangkan, hukum pidana merupakan langkah terakhir yang diambil dalam penegakan hukum berkaitan dengan perkara tersebut.


“Maka diharapkan kepada seluruh anggota Polri berkomitmen menerapkan penegakan hukum yang dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat,” jelasnya.


Berikut 11 poin pedoman penanganan perkara dan penerapan Undang-undang ITE bagi penyidik Polri dalam Surat Edaran Kapolri Nomor: SE/2/11/2021:
1. mengikuti perkembangan pemanfaatan ruang digital yang terus berkembang dengan segala macam persoalannya;
2. memahami budaya beretika yang terjadi di ruang digital dengan menginventarisir berbagai permasalahan dan dampak yang terjadi di masyarakat;
3. mengedepankan upaya preemtif dan preventif melalui virtual police dan virtual alert yang bertujuan untuk memonitor, mengedukasi, memberikan peringatan, serta mencegah masyarakat dari potensi tindak pidana siber;
4. dalam menerima laporan dari masyarakat, penyidik harus dapat dengan tegas membedakan antara kritik, masukan, hoaks, dan pencemaran nama baik yang dapat dipidana untuk selanjutnya menentukan langkah yang akan diambil;
5. sejak penerimaan laporan, agar penyidik berkomunikasi dengan para pihak terutama korban (tidak diwakilkan) dan memfasilitasi serta memberi ruang seluas-luasnya kepada para pihak yang bersengketa untuk melaksanakan mediasi;
6. melakukan kajian dan gelar perkara secara komprehensif terhadap perkara yang ditangani dengan melibatkan Bareskrim/Dittipidsiber (dapat melalui zoom meeting) dan mengambil keputusan secara kolektif kolegial berdasarkan fakta dan data yang ada;
7. Penyidik berprinsip bahwa hukum pidana merupakan upaya terakhir dalam penegakan hukum (ultimatum remidium) dan mengedepankan restorative justice dalam penyelesaian perkara;
8. terhadap para pihak dan/atau korban yang akan mengambil langkah damai agar menjadi bagian prioritas penyidik untuk dilaksanakan restorative justice terkecuali perkara yang bersifat berpotensi memecah belah, SARA, radikalisme, dan separatisme;
9. korban yang tetap ingin perkaranya diajukan ke pengadilan namun tersangkanya telah sadar dan meminta maaf, terhadap tersangka tidak dilakukan penahanan dan sebelum berkas diajukan ke JPU agar diberikan ruang untuk mediasi kembali;
10. penyidik agar berkoordinasi dengan JPU dalam pelaksanaanya, termasuk memberikan saran dalam hal pelaksanaan mediasi pada tingkat penuntutan;
11. agar dilakukan pengawasan secara berjenjang terhadap setiap langkah penyidikan yang diambil dan memberikan reward serta punishment atas penilaian pimpinan secara berkelanjutan.

“Surat edaran ini disampaikan untuk diikuti dan dipatuhi oleh seluruh anggota Polri,” imbuh Listyo.




http://www.wartaregional.com/2021/02...perlu-ditahan/

Gimana menurut Agan dengan dikeluarkannya Surat Edaran ini siapa yang diuntungkan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Kalo ane sih lagi fokus kasus abu janda bakalan berlanjut seperti apa.. Masalahnya dia ini DIBAYAR PEMERINTAH.

kalo kasus dia yg udah jelas masuk pidana karna SARA menimbulkan konflik ternyata kasus nya hilang di telan bumi seperti sebelumnya ya bakalan ada sekolompok masyarakat mungkin akan meluapkan kekecewaan nya kepada yg bersangkutan atau kepada polisi.

Kolom komentar di youtube yg ane baca itu udah banyak sekelompok orang yg berniat buruk ke abu janda kalo dia gak di proses hukum..

Yg rugi siapa nanti???
Yg jelas bukan ane yg rugi..
Abu janda juga yg rugi atau pihak kepolisian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Ahmad Dhani udh minta maaf belom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gestan dan 2 lainnya memberi reputasi
abu janda efek 😂
profile-picture
Negrod memberi reputasi
MCA: emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nizzandeath dan 3 lainnya memberi reputasi
Penjara kepenuhanemoticon-Embarrassment. Selama covid pajak seret bikin rumah tahanan baru ama ngurus tahanan. Belom polisi byk depresi terus acara gaya-gayaan seleb team Jaguar.
Semua mudah masuk penjara di Indonesia dari masalah rumah tangga, kelamin, mimpi, ramalan.
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan extreme78 memberi reputasi
fix aman si abu gosok
direvisi saat abu gosok kena kasus
sekuat apa sih si abu gosok? apa gr2 dia koar2 soal dia dibayar
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
1x, cukup minta maaf di sosmed
2x, disuruh minta maat di publik
3x, ciduk aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
salah satu undang2 sampah selain undang2 penodaan agama emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
emang kasusnya abu duda apaan? siapa yg dirugikan?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
reza220 dan extreme78 memberi reputasi
Kapolri: Tersangka Kasus UU ITE Minta Maaf Tak Perlu Ditahan

Harus ditahan dong kayak ahok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sekelompok kaum radikal FPI n HTI : giliran kita teriak khilafuck dilarang karna kita bukan negara islam tapi negara hukum.. Tapi hukum nya gak jalan buat MEREKA YG DI BAYAR.

Sekelompok kaum NKRI harga mati : Ya emang negara hukum kalo gak kena pidana masa harus di pidana??

Sekelompok kaum radikal FPI n HTI : SARA itu jelas pidana apalagi dia menyebutkan kepada golongan dan agama tertentu dengan jelas menyinggung dan menyakiti umat muslim.

Sekelompok kaum NKRI harga mati : Agama gak perlu di bela.

Sekelompok kaum radikal FPI n HTI : Tapi junjungan ente harus di bela pake buzzerp kan pake dana APBN?

Sekelompok kaum NKRI harga mati :
~ TERDIAM ~

Polisi dunia maya dan influencer :
Jadi kita harus gimana ini pak liat pertengkaran netizen di dunia maya??

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh noiss.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Polri dibawah Presiden langsung, Kapolri LSP dekat dengan Presiden. Instruksi Kapolri sama juga dengan instruksi Presiden.

Sedia payung sebelum hujan buat buzzer. Aman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Marah kagak, mana ada viral trus kelakuan kek gt gak berpotensi memecah belah. Pancung !
profile-picture
profile-picture
gesermeja dan extreme78 memberi reputasi
Ada untungnya juga bajer kena uu ITE.
Jadi di evaluasi lg uu nya..
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan gesermeja memberi reputasi
jerinx dan ahmad dani, maher dah kena duluan bro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sakti coy abu sundal
Asal jangan ada lagi kasus lagi kasus HOAX ala Ratna lagi...
Quote:


Sudah jelas toh, yang di untungkan pasti mbak gisel seorang

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh combustor
kagak ditahan selama menunggu persidangan, bukan dianggap tidak bersalah.

artinya tetep aja masuk pengadilan
diputuskan bersalah
ditahan juga

profile-picture
wanpantau memberi reputasi
Cara bagus melariskan materai Rp 10ribu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di