CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6033d5bd555c5b47371dd5c0/mesin-mesin-ini-rupanya-dikembangkan-oleh-perusahaan-lain

Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain

 
Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain


          Biasanya, perusahaan otomotif besar seperti Toyota, Suzuki, BMW, dan lain sebagainya melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin penggerak mobil buatannya. Namun tidak sedikit pula perusahaan mobil lainnya menggunakan mesin hasil pengembangan dari perusahaan otomotif lain. Alasan perusahaan otomotif menggunakan mesin hasil pengembangan perusahaan lain ialah agar dapat menghemat biaya pengembangan produknya. Lalu, mesin-mesin apa sajakah yang ternyata dikembangkan oleh perusahaan otomotif lain? Berikut selengkapnya.

1. Toyota 4A-GE

   

Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain


            Mesin ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar mobil-mobil Japanese Domestic Market (JDM) karena mesin ini tertanam pada Toyota Corolla Levin AE86. Beberapa orang percaya bahwa mesin legendaris ini dikembangkan sepenuhnya oleh Toyota. Padahal mesin ini justru dikembangkan oleh Yamaha Motor Corporation

       Mesin ini merupakan mesin generasi ke 4 dari mesin A series lansiran Toyota. berkapasitas 1587cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 120 hp pada 6000 rpm. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi dan juga DOHC. Selain Corolla Levin AE 86, mesin ini juga disematkan pada Toyota Corona generasi 7- 8 dan Toyota Celica generasi 3-4.

            

2. Wuling LJ479Q

Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain

      Wuling LJ479Q merupakan salah satu mesin lansiran Wuling Motors yang menggerakkan Wuling Cortez. Mesin berkapasitas 1794 cc bertenaga 127 hp ini rupanya merupakan hasil racikan Toyota

      Banyak yang menduga kalau mesin 1800cc yang tersematkan di Wuling Cortez ini merupakan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Chevrolet Orlando. Padahal menurut Wikipedia, Wuling LJ479C merupakan hasil rebadge dari mesin Toyota berkode 1 ZZ-FE. Mesin 1 ZZ-FE ini juga disematkan pada Toyota Corolla Altis lansiran 2008-2014.

3. Suzuki D13A

Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain


          Suzuki D13A merupakan mesin diesel pertama suzuki yang pernah masuk Indonesia melalui Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang berstatus CBU India. Mesin berkapasitas 1248 cc bertenaga 90 hp dengan torsi maksimal 200 nm ini rupanya hasil racikan dari pabrikan FIAT dengan nama 1.3 Multijet. Mesin ini pada awalnya merupakan mesin yang ditujukan untuk mobil-mobil diesel FIAT di Eropa. Namun mesin ini justru lebih populer di India karena mesin ini sudah banyak menjadi tenaga pada banyak mobil diesel lansiran Maruti Suzuki, Tata Motors, dan beberapa mobil Chevrolet yang beredar di India. 

         Di Indonesia, masyarakat mengetahui bahwa mesin ini menjadi jantung pacu bagi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Tapi sebenarnya, mesin ini ialah mesin yang sama dipakai dalam Chevrolet Spin Diesel dan DFSK Supercab DIesel. 

4. 5.2 L V10 Lamborghini

Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain



          Mesin berkapasitas 5200 cc bertenaga 602 hp ini merupakan mesin yang tersematkan pada Lamborghini Huracan. Namun rupanya, mesin ini merupakan mesin yang dikembangkan oleh Audi sehingga mesin ini sama persis dengan yang disematkan pada Audi R8. Jadi, aktivitas kanibalan atau bertukar komponen mesin yang terdapat pada kedua mobil tersebut kemungkinan dapat dilakukan.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Baru tau ane Gan... Spin - Ertiga diesel - Dongfeng pickup menggunakan jenis mesin yang sama. Mungkin komponen aja kualitas nya agak berbeda.
Di India memang mesin diesel cukup favorit.

Nice info.. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas.markues dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Cortez yg I-amt masih 1.800 cc, sekarang CVT pakai mesin yg 1.500 cc + turbo nya Honeywell apa mesinnya masih hasil kembangan toyota?
profile-picture
profile-picture
slukblukoto dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah ya emang kayaknya buat biar biaya murah atau biar produksi semakin cepat gan
profile-picture
jlamp memberi reputasi
yang sama dipakai dalam Chevrolet Spin Diesel dan DFSK Supercab DIesel.

yg bener aja? baru tau aneemoticon-Big Grin
Gak nyangka yaa.. Namanya doang sama tp yg ngeracik beda ternyata.. Hehe
Jangan lupa kunjungi blog saya untuk melihat artikel dan review otomotif lainnya

Sluk Bluk Oto
hmm mind blow sih, baru tau juga nih ane. nice thread
Bagus ini tritnya, jadi nambah wawasan.. emoticon-Cool
Ya bisa jadi untuk menghemat biaya produksi. Riset kan butuh dana banyak untuk bikin mesin sendiri
Ternyata begitu
jadi inget jokenya supra rasa BMW emoticon-Big Grin
Automaker itu klo dirunut lagi nggak banyak kok, ownershipnya cuma itu-itu aja.
sama juga dengan perusahaan dan orang-orang kaya di indo, kalo di runut2 lagi yah orangnya itu-itu juga yg punya dan bisa dihitung dgn jari emoticon-Big Grin
Mesin-Mesin ini Rupanya Dikembangkan Oleh Perusahaan Lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oh iya gan ane juga pernah denger nih emang gak semua mesin atau sparepartnya itu diproduksi semua sama pabrikan itu tapi sama perusahaan lain. Kek ada kerjasama jg soalnya hehehe
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Yaa menuriut ane mah sah2 saja sebenarnya semua mesin bisa dikembangkan oleh siapapun tergantung kreatif masing2 aja..yang bisa dimodifikasi sedemikian rupa menjadiinkendaraan uang bertenaga dan mampu bersaing di pasaran dunia
kalo udah masuk ke lamborghini auto jadi mahal
profile-picture
jlamp memberi reputasi
baru tau ane, makasih gan
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang mesin-mesin mobil yang dikembangkan oleh perusahaan lain.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
king.aslan memberi reputasi
Orang awam kek ane biasanya demen 2JZ emoticon-Ngakak (S)
itu namanya simbiosis mutualisme dan kolaborasi bisnis.

tidak ada satu usaha besar apa pun di dunia yang melakukan dan memproduksi segala sesuatunya sendiri.

pasti ribet dan begitu banyak divisi yang harus dibangun dan disiapkan agar dapat melakukan semua pekerjaan tersebut. Otomatis biaya operasional semakin besar alias modal usaha semakin besar. Ribet manajemennya.

wong seperti baut-baut dan mur pada sepeda motor, mobil, truk, bus, dan lain sebagainya itu tidak wajib dan tidak pasti diproduksi sendiri oleh pabrikannya. melainkan diproduksi dan disuplai dari pihak lain yang terjalin dalam rantai produksi.

emoticon-Toast emoticon-Shakehand2
Woah ternyata Yamaha juga kontribusi bikin mesin mobil untuk Toyota ya
profile-picture
cPOP memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau Yamaha sih bukan hal baru lagi ngeracik mesin mobil produsen lain. Selain sama Toyota, Yamaha juga pernah ngeracik mesin V8 nya Volvo (B8444S) sama mesin V8 nya Ford (SHO V6 & V8). Di luar divisi mesinnya, divisi musik Yamaha pernah ngeracik knalpotnya Lexus LFA biar merdu suaranya seperti alat musik
profile-picture
profile-picture
surokantet dan RifanX memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di