CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6033c2601e9ad73bc4066c48/seperti-apa-pulo-gadung-dan-kejahatannya-yang-dahulu

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Hai GanSis apa kabar? Kiranya semua dalam kebaikan dan kebahagiaan. Kali ini ane mau cerita suka duka saat jualan koran di Pulo Gadung. Di mana hampir tiap hari ane melihat kejahatan di depan mata, tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Tahun 2003 waktu itu ane jualan koran di area Kowanbisata 512 jurusan Pulo Gadung-Ciputat, 511 jurusan Pulo Gadung-Depok sama Mayasari P11 jurusan Tangerang atau Cimone saat itu.

Pagi jam 4 ane sudah ada di terminal, menyaksikan para penumpan bus Antar Kota Antar Propinsi yang baru tiba. Ada yang sudah hafal jalan, ada yang baru pertama kali injakkan kaki di Jakarta. Sementara para jambret justru beroperasi di jam-jam genting ini.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Sering saat aku menjual koran sambil keliling, menemukan Bapak atau Ibu bahkan anak-anak muda yang menangis karena kehilangan dompet atau tas pakaian mereka. Andai saja saat itu ane orang yang berani, pasti langsung ane ambil barang curiannya. Karena ane tahu kelompok mana atau anggota siapa yang tengah beraksi. Sayangnya ane hanya gadis penjual koran yang cari makan di terminal ini.

Enam bulan di Pulo Gadung, banyak yang mengenali wajah ane, mulai tukang jaga WC yang menggratiskan ane kalau mau buanh hajat. Para pecopet yang selalu menatap mata ane yang artinya harus diam. Sopir dan kenek bus, juga para calonya. Tidak lupa para penipu yang selalu menyamar sebagai penolong padahal penjual manusia.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Kok bisa? Iya ... jadi ada beberapa Ibu-Ibu yang akan bertanya pada gadis yang tampak sendirian, entah mencari kerja atau terlihat bingung. Itu adalah sasaran empuk buat mereka. Yang ane ga habis pikir, kenapa cewek-cewek itu bisa mudah percaya terbujuk rayu katanya ada kerjaan di Jambi. Bahkan terkadang mereka itu cantik-cantik. Satu anak gadis dihargai 300.000 saat itu, nanti kalau sudah 7-10 orang kirim ke Jambi dan 1 anak dijual 1,5juta. Jujur saat itu pingin sekali lapor polisi tapi takut.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Tuhan baik, ada salah satu anak berhasil kabur dari penampungan yang kebetulan dekat dengan rumah kost ane. Pas pulang jualan ane lihat 5 pria dewasa dan 2 Ibu-ibu berbaris ditangkap Polisi, disorot media Patroli Indosiar kalau tidak salah saat itu. Antara senang tapi takut dikira komplotan, akhirnya ane sembunyi di warung Nasi Padang.

Penggerebekan itu jam 10 tapi ane sembunyi sampai siang, entah berapa batang rokok habis. Jujur ane ketakutan sekali karena ke-7 orang itu ane kenal dan hari-hari ketemu di Pulo Gadung. Karena takut pulang ane kembali ke terminal. Memang lagi apes, sampai di sana pas ada teman yang tengah menjambret ketahuan dan dihajar masa. Dalam waktu kurang dari satu jam, teman satu lagi ketangkap saat menjambret di terminal AKAP, ditangkap polisi dengan pisau masih menancap di perut.

Pengalaman yang mengerikan selama di Pulo Gadung, dan itu adalah hari terakhir ane jualan koran. Rasanya terlalu berat hidup di tempat yang begitu keras. Nyawa dan nurani seperti tak ada harganya. Bahkan demi uang 10 ribu pun tak jarang saling pukul.

Itu kisah ane tentang Pulo Gadung, ane harap sekarang kejahatan makin berkurang, jangan bertambah. Dan kiranya kita dijauhkan dari kejahatan, juga para penipu jalanan ... amiin. ok sekian dan terima kasih.

Foto : Google
Sumbet : Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 101 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Ceritanya selalu menginspirasi. Berasa lagi didongengin dN kebayang ajaaa di otak ocil kejadian2nyaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Serem amat😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
apakah ada ormas disitu?
profile-picture
opand696 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Wah terkenal banget sih emang, ane yang tinggal di jateng aja dulu sering denger ceritanya dari orang tua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 4 lainnya memberi reputasi
Emang keras gan itu polgad
Kopi digiling kopi digiling. . Mm42 😬
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
Pernah taun brapa yaa ngeliatin calo maksa2 naik bis , nah pas ane lg anter paman yg pake baju TNI ga ada tuu calo yg maksa seolah menghindar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Skrg ksbukan apa bro?

Udah maju ya kehidupannya. Sukses slalu emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
52 Pulgad Senen
906 Mayasari Pulgad Lap Banteng
P 08 Pulgad BlokM Patas AC
512 Kowanbisata Pulgad Ciputat
M21 Mikrolet Pulgad Kp Melayu
T501 Kopaja Pulgad Cililitan...

Angkutan umum langganan 😁

Paling rame Pulgad kalo mau Lebaran. Macet sampai ASMI Pulomas/Perintis Kemerdekaan.

Pas arus balik lebaran, pagi² di Pulgad isinya ratusan pengadu nasib dr Jateng/Jatim baru turun bus, bingung, kelelahan, duduk di trotoar terminal, gak jarang jadi mangsa preman² di sana.

Those golden times... 🙂👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 11 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
congratulations sudah berhasil keluar dari impitan hidup kayak gitu Gan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane org Palembang..
Paman/om ane dulu pernah cerita, kebanyakan preman2 di terminal2 dan pelabuhan2 di Jakarta itu pendatang dari sumatra (Medan, Palembang, dll), jd kalo mau aman jalan2 di Jakarta dulu (tahun 80 s/d 90-an) itu, kalo masuk terminal dan pelabuhan, ngobrolnya pake aja bahasa Palembang, sama org yg ga dikenal jg pake aja bahasa Palembang biar ga ada yg berani jahil.. emoticon-Leh Uga terserah mau org itu ngerti atau ngga, biar aman emoticon-Ngakak
Mungkin saking banyaknya preman dari Palembang disitu, jadi yah bakal panjang urusan kalo jahil sama org Palembang emoticon-Hammer2
Bukannya sok2an, tp begitu cerita yg ane dgr dari om ane, entah bener atau ngga. Krn dia sendiri mengalaminya begitu.. berdasarkan kisah nyata emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Koq jadi inget waktu stm ya, kalo setengah 7 pagi naek 52 ke pasar baru.
Memori th.95 - 98.
beneran sis Ts, saya ngeliatnya suka kasian sama mereka yg baru dateng dari daerah.
Tapi pas saya gawe di mitsubishi th.2000 sudah mulai aman n rapi koq volgad.emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 4 lainnya memberi reputasi
Para pecopet yang selalu menatap mata ane yang artinya harus diam. itu kah kode mereka tuk orang internal setempat.

kalau ane mah ga pernah alami hal hal buruk, kenapa? secara pakaian ane jika ke depok dari lampung pake celana bolong, kesan nya gembel banget lah. plus kaos tulisan Anak Lampung (hasil sablon sendiri saat itu). setidak nya buat Pamer ane anak lampung. Saat itu orang sono jiper lah ama kata "Lampung". wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane ade gan tp di sta Jtn.

Pas jd sukarelawan korban banjir, diminta nganter bahan bantuan berupa baju, sabun, bhn mkn (mentah/mateng) sama rombongan. Udah kek tukang mendring ae.
Krn bdn ade gedhe tinggi, diminta jd leader pdhl ane baru 1 thn rantau di K jd buta kehidupan "keras" dijakarta & sekitar.
Sama senior di relawan, diwanti2 kl turun di sta Jtn lngsng temui yg njemput disono atau temui petugas resmi dan jgn lupa ini dr bpak SXN dr kota K. Ane iyain ae, gampang mah.
Sampe jtn,weeee mlah ditanya2 penumpang masih open donasi ndak berupa duit binggung juga ntuh krn emak2 pada maksain mo ikut nyumbang terpaksa diladenin. Yaaa ladang pahala. Krns sibuk jd lupa koordinasi sama penjemput, dan sibuk sama yg mok donasi korban (hp cuma bisa sms plng , bbm booming tp belom pake).
Disamperin tuh sama beberapa orang, kaya minta/maksa bawain barang dgn harga xx.
Krn ane yg bdn gedhe, diminta maju dan jls ane tolak. Berantem tuh ane ama 3 begundal di jtn, dan ane jd juara.emoticon-Cendol Gan
Ada emak2 bilang, ati2 mas kl keluar biasane bawa temen tuk curut2 madesu.
Beneerrrrrr juga tuh pas keluar bawa barang banyak dan dibantuin emak2, curut2 dateng sekitaran 15 orang. Dr yg dekil sampe bj kantoran aka copet. Emak2 yg ikut ane udah nyebut nama gusti dan bilang udah iklasin, kasih aja yg mereka mau. Petugas ndak ada yg nonggol, pedagang/asongan pada kasihan krn kami cuma relawan yg nganter bantuan.
Ntuh pentolan curut2 sudah marah2 sambil nunjuk2 mati4 jadi bangke dimakan Anjing tikus got (cuma ini yg ane paham)...segala sumpah logat betawi. Ane mlonggo krn ndak paham.
Ane yg kesel cuma teriak kenceng pake bhs jawa "mas, niki bantuan saking bpk SXN kutho K, monggo menawi badhe mendet, tak ikhlasno lahir batin tp ayo gelot sampe tugel guluku riyen"....nah pas ane nyebut nama beliau, ntuh curut2 udah kek tletong sapi, mosak masik mukanya ndak karuan. Dan smbl nunduk2 minta maaf serta nawarin bawa bantuan.emoticon-Lempar Bata
Ekekekek....ternyata beliau ntuh dulu kepala disini yg berkuasa secara resmi dan "resmi". Dan ternyata yg jemput ane ntuh liat tp dibiarkan krn nguji ane yg culun, diibaratkan biar ky DikSar, Gokil emang orang betawi wong mo modar mlh diisengin.emoticon-Sorry
Sampe sekarang kl kondisi banjir dimana2 kek gini, pasti ntuh cerita bkl di up lg digroup.
Dan diiringi emot ketawa dr beliau, sisesepuh juragan sapi yg dikenal pa haji preman.
emoticon-Hammer2.
Pengalaman hidup ane dikota betawi....dulu dulu dan yg bikin ane ogah kerja di Plat B.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pulaukapok
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Salam dulu buat kaskuser sepuh....
profile-picture
ribkarewang memberi reputasi
haha jadi inget dulu waktu kerja di pulo gadung emoticon-Big Grin klo situ pendatang/orang kerja yg terpaksa kerja tapi ke terminal pulo gadung sebisa mungkin jangan pas diterminalnya sarang copet itu tempat emoticon-Nohope padahal udah g serame dulu dan banyak busway emoticon-Nohope apalagi menjelang lebaran makin terang2an nyopetnya emoticon-Gila malah ada jambret gila dah tuh tempat lawless macam gotham masih jauh lebih aman terminal priok kemana2 emoticon-linux2 apa pengaruh copet2nya rata2 dari gotham city emoticon-linux2 konyolnya lagi di terminal pulo gadung itu ada kantor polisi tapi cuma pajangan emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bawa koper/tas 4
Pas sadar tinggal 3 emoticon-Hammer2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ngeriii eh .. emoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Hampir semua terminal punya cerita hitamnya sendiri sendiri ya gan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
untung sekarang ga seserem dulu ya emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kevinpo12 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di