CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60302beadde014523f42e28c/perempuan-nusantara-di-lingkungan-hindia-belanda

Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belanda

Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belandagambar

Kedatangan bangsa eropa ke wilayah Indonesia membuat banyak hal berubah didalam tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan itu ternyata juga menyasar kepada peran kaum wanita di Indonesia. Jika pada masa Masuknya agama Hindu - Budha, peran wanita sama rata dengan kaum pria, bahkan terdapat kaum wanita yang bisa menjadi kepala suku atau pemimpin.

Semua berawal ketika masa penjelajahan samudera yang gencar dilakukan oleh bangsa eropa. Didominasi oleh kaum pria eropa karena saat itu pelayaran masih dilakukan dengan cara sederhana, menghadapi cuaca yang ekstrem di tengah lautan sehingga hanya kaum pria eropa saja yang melakukan penjelajahan eropa tersebut.

Karena hasrat seksual yang harus terpenuhi, maka terjadilah pergundikan dan perkimpoian dengan wanita lokal di nusantara. Pemerintah Belanda ketika itu memilih membiarkan pergundikan tersebut dengan alasan moral.

Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belanda
gambar

Sayangnya anak hasil pergundikan/hubungan tidak sah tersebut malah menimbulkan masalah baru yakni krisis identitas pada anak indo - eropa tersebut. Hal ini disebabkan karena Nyai tidak memiliki Hak asuh terhadap anaknya dan Ketika ayah mereka kembali ke Eropa hak asuh mereka terbengkalai, jikalau beruntung ada yang masih tetap diakui namun tak sedikit yang ditelantarkan begitu saja.

Karena Nyai tidak memiliki hak asuh, tidak jarang ayah dari Anak - anak hasil pergundikan tersebut terutama kaum hawa dimasukan kedalam panti asuhan yang dikelola Belanda, di panti asuhan tersebut mereka dididik dengan budaya Eropa, cara Eropa dan menggunakan bahasa Belanda. Hal ini merupakan cara pemerintah Belanda yang ingin menjadikan anak hasil pergundikan sebagai kaum Belanda yang selayaknya kaum Belanda.

Tahun 1828 pengadopsian anak hasil pergundikan di sah kan. Anak - anak yang lahir dari hasil pergundikan nantinya dapat memyematkan nama ayahnya tapi harus dieja terbalik misalnya Reimsdijk menjadi Kijdsmeir, Vermehr menjadi Rhemrev.

Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belanda

gambar

Pemerintah Belanda pada tahun 1632 pernah mencoba menghentikan pergundikan tersebut dengan cara mendatangkan wanita - wanita eropa ke tanah air, namun sayangnya etos kerja pegawai belanda menjadi turun sehingga kebijakan ini dihentikan, dan akhirnya pergundikan kembali terjadi tapi dengan syarat harus seagama.

Pada tahun 1848 UU pernikahan berubah, syarat melakukan pernikahan tersebut adalah ketika kaum Belanda menikah dengan pihak asing, maka pihak asing tersebut harus patuh terhadap hukum eropa hingga pada tahun tahun tersebut banyak ternjadi pernikahan campur.

Perempuan Nusantara Di Lingkungan Hindia Belandagambar

Semenjak adanya politik etis, akhirnya para perempuan indonesia mulai mendapatkan pendidikan dan terdidik. Hingga akhirnya mulai bermunculan perhimpunan emansipasi wanita seperti Putri Mardika, Kartini dll.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikirin TS
Referensi : ini ini dan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Widih cantik cantik dan ayu nian perempuan Indonesia jaman dahulu sebelum diserang dunia it ok emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
sayangnya anak hasil pergundikan/hubungan tidak sah tersebut tidak ada yang menjadi artis ftv/sinetron, model, atau selebgram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Amanda18 dan 6 lainnya memberi reputasi
mari belajar sejarah emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
inilah penyebab kadang kadang anak skrg ada yg kayak bule, karena ada gen yg nyempil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siriza dan 3 lainnya memberi reputasi
hahahahah sundul gan biar ISO
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
Berarti emang Ibu Kartini itu bener-bener punya jasa yang besar ya buat perempuan Indonesia
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
Wahhh keren nih thread sejarah lagi nih heheheh ngebahas soal nyai2 kek gini yak. Kasian anak2nya gan itu jadi keturunan indo, mau masuk eropa gak diterima mau masuk kelompok pribumi juga banyak pertentangan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
sekarang keturunan campuran malah jadi lebih eksis di dunia entertainment emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gurke dan 2 lainnya memberi reputasi
Barisan para gundik
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
Itu tahunnya ga salah...?
Masa thn 1632. Sebelumnya thn 1828
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
Jadi begini salah satu asal mula warga Indo keturunan Belanda
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Coba lahir tahun 2000an bakal laris manis tuh anak2emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
wongkayyis dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Poin yang bagus.



Bata emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
gembaladomba666 dan dikamaru memberi reputasi
Diubah oleh BukanFPI
Sebenernya dengan begitu, anak2 yang masuk panti asuhan tersebut jadi punya tata tertib, moral, dan pembawaan diri yang lebih modern.

Contohnya kalo jaman generasi yang lahirnya awal 1900-an, mereka dididik dan akan mendidik dengan tegas. Makan mesti duduk yang tegap, kaki ga boleh naik ke kursi, dsb.
profile-picture
aygilagility memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sangat memprihatikan emoticon-angry
kok pas didatangin cewe bule malah kerja jadi kendor ...

ngamar terus kgk kerja2 yy emoticon-Wakaka
pejwan dulu nyai
emoticon-Cool
Jadi kalo Klaas-Jan Huntelaar punya anak gundikan di Indonesia, misalnya si Amir, namanya jadi Amir Raaletnuh gitu? Kalo Van Nistelrooy jadi Van Yoorletsin~
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hasil keturunan kurang lebih bakal kaya

Asmirandah
Mawar de Jongh

emoticon-Big Kiss
Memperbaiki keturunan, bagi wanita pribumiemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
gembaladomba666 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di