CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602fbed56cf26d4d787e4790/fakta-di-balik-mitos-makanan-yang-belum-banyak-diketahui

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini zaman sudah memasuki era serba digital dan canggih, namun masih banyak masyarakat yang masih percaya terhadap mitos. Salah satunya adalah mitos yang berhubungan dengan makanan.

Mitos apa saja dan bagaimana faktanya menurut ilmu kedokteran..??

1. Benarkah Gadis Dilarang Makan Sayap Ayam Karena Bisa Jauh Dari Jodoh

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Sejak lama mitos tentang bagian sayap ayam bisa membuat gadis yang memakannya jauh dari jodoh, memang sudah ada benarkah mitos ini..!!

Jika ditelisik dari segi medis, ternyata sayap ayam memang mengandung banyak lemak. Jika remaja atau gadis yang mempunyai hormon tidak stabil mengkonsumsi sayap ayam, dikhawatirkan kulit wajah menjadi tidak bersih akibat jerawatan serta bertambah berat badan.

Selain itu disebutkan pula, jika bagian sayap ayam harus dihindari karena resiko ada endapan atau sisa obat-obatan yang disuntikkan ke ayam. Dari sinilah anggapan jika wajah kurang bersih lebih sulit mendapat jodoh.

2. Benarkah Bagian Kulit Ayam Pasti Bikin Gendut

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini banyak dari kita menghindari memakan kulit ayam karena sumber lemak, benarkah jika bagian terluar dari ayam ini memang menjadi sumber bertambahnya berat badan..!!

Menurut beberapa ahli, bahwa kulit ayam disebut mengandung lemak cukup banyak, tetapi lemak yang terkandung ternyata sebagian besar adalah lemak baik atau lemak tak jenuh.

Ini berarti kulit ayam tidak akan membuat gendut jika tidak dimakan secara berlebihan. Malah lemak tak jenuh dalam kulit ayam dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol.

Selain itu kulit ayam bisa menjaga kelembaban dan meningkatkan aroma saat dimasak, bahkan kulitnya bisa menjadi penghalang minyak agar tidak diserap berlebihan kedalam daging.

3. Benarkah Makan Nasi Panas Menyebabkan Diabetes

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Selanjutnya beredar mitos jika nasi panas adalah salah satu penyebab diabetes, apakah benar..!!

Menurut pakar kesehatan bahwa kandungan gula pada nasi panas memang lebih tinggi dibandingkan nasi dingin, fakta ini bukan berarti jika nasi panas yang dikonsumsi adalah penyebab utama dari penyakit diabetes.

Pasalnya diabetes dapat terjadi pada siapapun, bahkan untuk diabetes tipe 1 biasanya terjadi sejak lahir atau masa kanak-kanak. Sedangkan diabetes tipe 2 bisa diderita oleh orang paruh baya, ibu hamil, atau orang sudah memasuki usia dewasa.

Dan nasi panas ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes, karena indeks Glikemik nasi panas lebih tinggi daripada nasi dingin. Ini berarti nasi panas akan dicerna lebih cepat daripada nasi dingin sehingga menaikan kadar gula darah dengan cepat.

Selain menghindari nasi panas, beberapa ahli juga menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Seperti gandum utuh, nasi merah, nasi hitam, atau bahkan roti gandum.

Karena dengan mengkonsumsi makan berkarbohidrat kaya serat, maka kadar gula darah tidak akan mudah naik sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

4. Benarkah Makan Seafood Jangan Berbarengan Dengan Daging Merah

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Apakah kamu pernah mendengar mitos tentang larangan makan seafood dengan daging merah..?? Ternyata makan seafood dengan daging merah, seperti daging sapi tidak dianjurkan.

Pasalnya, kedua jenis makanan ini memiliki kandungan protein dan lemak tinggi, sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu jika Anda sudah memiliki penyakit asam urat, maka kombinasi seafood dengan daging merah bisa memicu serangan asam urat.

5. Benarkah Gangguan Pencernaan Karena Minum Air Setelah Makan Semangka

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Semangka mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh, apakah benar jika minum air setelah makan semangka bisa menyebabkan gangguan pencernaan..??

Beberapa ahli berpendapat karena semangka sebagian besar terdiri dari air dan gula dalam bentuk fruktosa. Maka jika minum air setelah mengkonsumsi semangka malah dapat menginfeksi usus.

Hal ini terjadi karena mikroba atau bakteri membutuhkan air dan gula untuk berkembang, jadi kemungkinan mikroba menyebar disaluran pencernaan lebih besar.

Beberapa ahli lain sampai melarang mengkonsumsi makanan lain bersamaan dengan makan semangka, pasalnya ketika semangka dimakan bersama dengan makanan lain bisa memperlambat penyerapan dan proses pencernaan di perut yang mengakibatkan perut menjadi asam.

6. Benarkah Minum Kopi Dan Makan Durian Berbahaya

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Bagi kamu penyuka durian, tentu aroma, rasa, dan tekstur daging buahnya sangat menggoda. Sayangnya beberapa waktu lalu beredar mitos, jika minum kopi dan makan durian bersamaan atau setelahnya. Ternyata sangat berbahaya, benarkah demikian..??

Menurut beberapa dokter gizi bahwa mengkonsumsi kopi setelah atau makan durian boleh-boleh saja, karena tidak berbahaya.

Tetapi jika ada kasus orang meninggal karena diduga mengkonsumsi durian dan kopi, hal ini bisa saja terjadi karena korban sedang dalam kondisi tidak sehat, bahkan mungkin saja sedang menderita penyakit kronis.

7. Benarkah Nanas Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Bagi perempuan hamil ada larangan memakan buah nanas, karena bisa menyebabkan keguguran atau persalinan dini. Apakah hal ini fakta..!!

Menurut ahli gizi dan ahli kandungan, nanas adalah pilihan aman dan sehat selama masa kehamilan. Meski nanas mengandung Bromelain, jumlah Bromelain dalam setengah hingga 1 butir nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan.

Namun jika mengkonsumsi hingga 10 butir nanas dalam satu kali makan, tentu saja jumlah Bromelain dalam nanas akan menimbulkan efek tidak baik. Jika dalam jumlah sedikit meski dimakan setiap hari, nanas malah bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal.

Selain itu nanas bisa juga mengatasi morning sickness, anti konstipasi, menjaga sistem saraf dan jantung, serta menjaga kesehatan tulang.

8. Benarkah Makan Cabe Bisa Usus Buntu

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Anda sering mendengar jika sering makan cabe atau sambal bisa memicu usus buntu, ternyata kebanyakan kasus radang usus buntu bukan karena cabai.

Menurut dokter spesialis gizi klinik, bahwa radang usus buntu bisa dipicu beberapa faktor yang utama adalah karena kurang minum atau tubuh kekurangan cairan.

Jadi, kalau sering memakan cabai bahkan jambu biji sekalipun tetapi tubuh tidak pernah kekurangan cairan. Maka tidak akan terkena resiko usus buntu.












profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
no 6, klo g salah inget jg sih emg bole tp dgn catatan minum kopi dgn sewajarnya #cmiw
profile-picture
rama2929 memberi reputasi
Yah padahal ane makan ayam cuma bisa makan sayapnya doang, bagian lain ane gasuka
profile-picture
profile-picture
bomgie dan ninipara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
saya seorang peminum alkohol
ibu sering pesan bilang jangan minum alkohol sambil nakan durian
mitos atau tidak...tetap kupatuhi nasehat ortu
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan ninipara memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Waaah... Banyak yang Ane baru tauk nih...
Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hmmm.. menarik juga nih fakta mitos soal makanan, beberapa jujur ane baru tau juga emoticon-2 Jempol
Kulit ayam ga bikin gendut
Kulit ayam krispi iya emoticon-Ngacir

Dilarang makan seafood dan daging merah, Anda rakus kah? emoticon-Ngacir
profile-picture
itsmoll12 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Semenjak adanya magic jar... Ane jarang makan nasi adem... Kecuali bawa bekel dari rumah. Padahal baik juga ya nasi adem.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sisa obat ayam berkumpul di sayap ? benarkah itu ferguso? emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah baru tau kalau ada mitos makan sayap ayam gara2 bisa jauh dari jodoh. Ya meski dari sisi medis bisa dijelaskan sih
Diubah oleh ben.cumberbatch
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Katanya makan batu gak baik buat kesehatan, mitos bukan ya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hahahahah sundul gan
Kalo makan nasi bungkus sih tidak masalah..,

Fakta Di Balik Mitos Makanan Yang Belum Banyak Diketahui

Tapi kalo makannya sama orang-orang kaya giniπŸ‘† pokoknya jangaaaaaan dah...

Dan ini bukan mitos..
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nanas muda buat aborsi emoticon-Leh Uga
_π™°πšπšŠ πš‹πšŽπš—πšŽπš›πš—πš’πšŽ πš“πšžπšπšŠ πšœπš’πš‘ πšπšŠπš—...
Benarkah makan menyebabkan kehilangan rasa lapar....

Mantap infonya gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg pernah dengar sih makan nanas buat lunturin kandungan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo kulit ayam yg disengaja makan belakangan trus dicomot sama temen sih bisa auto gelut bre
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg pernah ane tahu ya makan cabe bisa bikin usus buntu, kasian temen ane sampek harus operasi
JAngan banyak2 makan pedes lah
emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cabe.... ane kalo makan sambel setengah sendok teh padahal ga pedes besoknya BAB ane cari.... selalu begitu, kalo ga ada pedesnya kaya apa banget..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di