KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Cara Membersihkan Keyboard Laptop
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602f6f756061b058fd5d4d6f/cara-membersihkan-keyboard-laptop

Cara Membersihkan Keyboard Laptop


Salah satu perangkat laptop yang paling mudah kotor yaitu Keyboard. Meski terlihat bersih, tanpa disadari keyboard menyimpan banyak debu yang bisa merusak mesin laptop. Banyak faktor yang menyebabkan keyboard Sahabat Gawai mudah kotor dan berdebu. Berikut cara merawat keyboard laptop Sahabat Gawai agar tetap bersih dan tidak mudah rusak!

 
Mematikan laptop saat sedang dibersihkan


Sebelum laptop di bersihkan, pastikan laptop dalam keadaan mati. Karana laptop yang masih menyala akan menyulitkan proses pembersihan dan jika dalam proses pembersihan laptop Sahabat Gawai menggunakan alat pembersih, alat tersebut dapat menyentuh keyboard dan akan menekan tombol keyboard. ini akan mengakibatkan error ketika keyboard sedang dibersihkan.

 
Bersihkan keyboard dengan posisi terbalik


Membersihkan keyboard, sebaiknya laptop dalam keadaan terbalik. Karena dengan begitu, debu dan kotoran yang menempel pada keyboard akan lebih mudah jatuh dari sela-sela sempit.

Cara ini juga berguna untuk mejaga mesin di balik keyboard agar tidak terkena alat pembersihyang masuk ke dalam.

 
Membersihkan keyboard dari bagian luar


Selain debu yang menempel pada keyboard bagian dalam, kebersihan di sekitar keyboard pun harus dijaga kebersihannya dengan benar, karena kotoran yang menempel bukan hanya debu saja. Bisa jadi keringat, bubuk makanan, minyak, tetesan air minum, semua bisa menempel pada keyboard. Hal itu dapat menyebabkan malfungsi pada mesin.

Pertamabersihkan terlebih dahulu bagian di sekitar keyboard dengan menggunakan tisu kering atau cotton bud untuk bagian yang sempit. Jika sudah bersih di lanjutkan ke sela-sela keyboard.

 
Gunakan brush halus untuk membersihkan keyboard laptop


Sapu dengan lembut sela-sela keyboard dengan menggunakan brush, sampai tidak ada debu yang tersisa di sela-sela keyboard.

 
Menggunakan hair dryer


Cara membersihkan keyboard yang selanjutnya selain menggunakan brush, bisa juga menggunakan hair dryer dengan pengaturan angin yang dingin. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk membersihkan keyboard dari debu yang berada di sela-sela keyboard dan juga dapat mencegah kerusakan pada mesin. Tetapi pastikan terlebih dahulu keadaan laptop dalam keadaan dingin dan tidak panas.

Minimal laptop harus beristirahat terlebih dahulu selama satu hari penuh supaya suhu hair dryertidak membuat mesin menjadi semakin panas yang dapat membuat mesin menjadi cepat rusak. Untuk posisi saat melakukan pembersihan diharuskan dalam dengan posisi terbalik.

 

 
Menggunakan penyedot debu khusus Keyboard


Kini sudah ada penyedot debu khusus untuk membersihkan keyboard  dan juga sudah banyak yang menjualnya. Bentuknya sama seperti vacuum cleaner, tetapi yang membedakannya adalah ukurannya yang lebih kecil. Vacuum cleaner ini pun bisa disambungkanke laptop dengan menggunakan USB. Untuk cara ini tidak perlu repot untuk kembalikan laptop seperti cara-cara yang sebelumnya.

 
Boleh Melepas Keyboard Jika Berpengalaman


Jika sudah terbiasa dalam membersihkan keyboard, sangat disarankan untuk melepas kepingan huruf dan simbolnya. Langkah ini mampu membersihkan keyboard hingga mendalam sehingga tidak perlu khawatir dengan debu yang dapat merusak mesin.

Kemudian jangan lupa untuk membersihkan kepingan keyboard bagian dalam sebelum memasangnya Kembali. 

 
Bagi Sahabat Gawai tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan perawatan laptop, jasa profesional bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Gawaikita adalah solusi mu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.com dan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!


paling kalo ane buat ga kaya gitu si bre emoticon-Hi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di