CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Penyebab swing ac tidak bergerak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602a9462e924a464ac261ee0/penyebab-swing-ac-tidak-bergerak

Penyebab swing ac tidak bergerak

Penyebab swing ac tidak bergerak
AC atau Air Conditioner ini banyak sekali digunakan oleh beberapa perusahaan guna memberikan udara sejuk ditempat kerjanya. Dibandingkan menggunakan kipas angin biasa, pemilihan AC ini dinilai lebih efektif karena mampu memberikan udara segar secara menyeluruh, serta udara dingin yang dihasilkan juga lebih baik.

Sama halnya dengan benda elektronik lainnya, dimana AC ini juga bisa mengalami kerusakan. Baik itu karena faktor internal atau karena kelalaian dari pemilik AC tersebut, dan salah satu masalah yang mungkin cukup sering dialami adalah AC tidak terbuka.

Maksudnya disini adalah Swing atau sirip depan AC tersebut tidak bisa terbuka, sehingga udara dingin yang dihembuskan oleh AC itu pun juga tidak bisa keluar menyebar untuk mendinginkan ruangan. Jika kondisi ini terjadi bukan mesin pada AC yang mengalami kerusakan, bisa jadi hanya bagian swing itu saja yang mengalami error.

Perlu anda ketahui, untuk masalah AC tidak terbuka ini sebenarnya yang paling umum terjadi ada dua penyebabnya, yakni antara motor dari swing tersebut atau dikarenakan swing itu yang mengalami masalah, dan pada kesempatan kali ini akan dibahas kedua masalah tersebut dan cara mengatasinya.

Penyebab swing ac tidak bergerak

1. Motor Swing Rusak

Masalah yang pertama kenapa Swing atau sirip AC tidak terbuka adalah karena motor swing tersebut rusak. Rusaknya motor pada swing ini jelas akan sangat berpengaruh, karena motor ini menjadi penggerak buka tutupnya swing saat AC dinyalakan.

Jika hal ini menjadi penyebabnya, biasanya ciri-cirinya adalah mesin dari AC ini berjalan yakni menghembuskan udara sebagaimana mestinya, namun swing ini tidak bisa membuka untuk menyemburkan udara yang dihasilkan, sehingga udara sejuknya pun tidak bisa berhembus menyegarkan ruangan.


2. Swing AC Patah

Jika motor swing AC ini tidak rusak, lantas apa penyebab lain kenapa AC tidak terbuka ini? bisa jadi masalah ada pada bagian swing atau sirip didepan itu sendiri. Dalam beberapa kasus, bisa jadi swing ini mengalami patah atau retak pada bagian ujungnya.

Bagian yang dimaksud ini adalah lingkaran di ujung yang ditancapkan dengan motor swing tadi. Karena terbuat dari material plastik, maka swing ini pun mudah rapuh karena termakan usia atau mungkin terkena benturan yang tidak disengaja.

3. kabel swing putus

hal ini juga sering terjadi dikarenakan putusnya kabel motor swing yang diakibatkan oleh gigitan tikus atau hal lain yang menyebabkan kabel motor swing menjadi putus. untuk memeriksanya kalian harus membuka casing atau cover indoor ac terlebih dahulu.

selengkapnya di Sini
sumber airtech ac






GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di