CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602a5f11b675030388562b61/saat-ahok-masih-dipilih-warga-jakarta-sebagai-calon-gubernur

Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...

Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...

Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta sebagai Calon Gubernur...


JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih menjadi pilihan sebagian warga Jakarta sebagai calon pemimpin jika Pilkada DKI digelar saat ini.

Meski berstatus mantan narapidana, Ahok masih masuk bursa calon gubernur DKI.

Hal itu terlihat dari survei yang diklaim dilakukan lembaga Media Survei Nasional (Median) pada 31 Januari-3 Februari 2021.

Hasilnya, elektabilitas Ahok berada di posisi ketiga, di bawah Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Direktur Riset Media Survei Nasional (Median) Ade Irfan Abdurrahman mengatakan, semula pihaknya melakukan survei tanpa menyodorkan nama alias pertanyaan terbuka (top of mind).

Sebanyak 8,5 persen responden warga Jakarta mengaku ingin Ahok kembali menjabat Gubernur DKI.

Di atas Komisaris Utama Pertamina itu, yakni Anies dengan elektabilitas 40,5 persen dan Risma 16,5 persen.

"Yang menarik di posisi ketiga secara top of mind, Ahok muncul di posisi ketiga dengan angka 8,5 persen," ujar Ade dalam konferensi pers virtual, Senin (15/2/2021).

Ahok memang bukan nama baru di panggung politik Jakarta. Di Ibu Kota, ia memulai karier sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan bersama Joko Widodo pada 2012.

Setelah Jokowi terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2014, Ahok menggantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Namun, jauh sebelum berkarier sebagai politisi di Jakarta, Ahok memiliki beragam latar belakang, mulai dari pengusaha hingga menjadi anggota legislatif.

Pengusaha timah di Belitung

Lulus sebagai sarjana Teknik Geologi dari Universitas Trisakti, Ahok tak langsung bersentuhan dengan dunia politik.

Dia memilih menjadi seorang pengusaha dan mendirikan CV Panda di Belitung pada 1989 yang bergerak di bidang pertambangan timah.

Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama. Ahok kembali melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang magister di bidang manajemen keuangan.

Setelah lulus, dia kemudian bekerja di PT Siamxindo Primadya di Jakarta yang bergerak di bidang kontraktor pembangunan pembangkit listrik.

Setelah dirasa cukup modal, pada 1992, Ahok kembali ke Belitung dan mendidikan PT Nurinda Ekapersada. Pabrik itu didirikan di Dusun Burung Mandi, Desa Mangkubang, Belitung Timur.

Pabrik pengolahan pasir kwarsa pertama di Belitung tersebut kemudian ditutup pemerintah dengan alasan dijadikan wilayah hutan lindung di area pertambangan pabrik yang didirikan Ahok.

Menjadi wakil rakyat

Setelah menjadi pengusaha, pada tahun 2004 Ahok terjun ke politik bernaung bersama Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB).

Sebagai seorang keturunan Tionghoa, tidak mudah bagi Ahok untuk meyakinkan masyarakat Belitung memilih dia menjadi wakil rakyat.

Namun, metode blusukan ke pelosok Belitung membuat masyarakat memberikan kepercayaan Ahok untuk mewakili suara mereka di DPRD Kabupaten Belitung periode 2004-2009.

Pada saat menjabat sebagai anggota Dewan, Ahok dikenal dengan integritasnya yang tinggi dan tidak sama sekali melakukan politik uang pada pemilihnya.

Dia juga dikenal tegas menolak praktik korupsi dan tidak menerima uang perjalanan dinas fiktif dari DPRD serta familiar dengan gerakan blusukan menemui warga.


Menjadi Bupati

Moncer meraih suara sebagai politisi di kancah legislatif, Ahok mencoba peruntungan menjadi eksekutif dan mencalonkan diri sebagai bupati Belitung Timur tahun 2005-2010.

Dia berhasil meraih suara 37,13 persen suara dan dinobatkan sebagai pemenang dalam pemilihan bupati Belitung Timur periode 2005-2010.

Setelah menang menjadi bupati, Ahok tak langsung berpuas diri. Dia kembali mencoba peruntungan dalam pemilihan gubernur Bangka Belitung.

Namun, Ahok gagal menjadi pemenang dalam pilkada tersebut.

Setahun sebelum masa jabatannya sebagai bupati Belitung Timur, Ahok maju sebagai calon anggota legislatif tingkat pusat dari Partai Golkar dan berhasil lolos dengan mudah.

Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta

Pada 2012, Ahok kembali maju mendampingi Jokowi sebagai calon wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dan berhasil menjadi pemenang.

Dua tahun kemudian, Jokowi maju mengikuti pemilihan presiden dan berhasil memenangi pemilihan persiden bersama calon wakil presidennya, Jusuf Kalla.

Otomatis, Ahok yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI mengisi kekosongan jabatan Gubernur DKI yang ditinggal Jokowi.

Karier politik Ahok yang moncer akhirnya tersandung kasus penistaan agama menjelang Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Ahok menghadapi kasus penistaan agama sejak 2016 dan divonis dua tahun penjara pada 9 Mei 2017, lalu dinyatakan bebas pada 24 Januari 2019.

Apakah Ahok bisa maju dalam pilkada?

Kesempatan untuk bisa mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta bisa didapat Ahok apabila sudah melewati lima tahun sejak hari dibebaskan dari tahanan.

Hal tersebut tertuang dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 56/PUU-XVII/2019 yang memungkinkan seorang mantan narapidana mencalonkan diri sebagai gubernur, tetapi dengan syarat menunggu jeda waktu lima tahun setelah melewati masa pidana penjara.

Selain itu, Ahok juga wajib mengumumkan mengenai latar belakang dirinya sebagai mantan narapidana jika ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Putusan MK tersebut mengubah Pasal 7 ayat 2 huruf G Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang sebelumnya tidak ada persyaratan jeda waktu, kini harus ada jeda waktu lima tahun.

----++++----

Jika pilkada DKI jadi diundur ke 2024, you know lahemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembaladomba666 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andika.1stravel
Laskar emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan samsol... memberi reputasi
Byk yg belum mup on ni
profile-picture
profile-picture
samsol... dan andika.1stravel memberi reputasi
Padahal kalo partai pendukung anies pinter.. Bisa kok lobi-lobi pdip untuk revisi UU pemilu supaya pilkada bisa tahun 2022/2023.. Tinggal ajuin proposal penghilangan pasal (ayat) UU tentang "calon kepala daerah tidak boleh mantan terpidana dg ancaman kurungan 5 tahun ato lebih".. emoticon-Malu (S)

Ane yakin pdip dan koalisinya bakal setuju kok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
klo btp nyalon lagi apakah tragedi bangke ga disolatin terulang kembali? sedangkan fpi sekarang sedang keok..
profile-picture
profile-picture
samsol... dan andika.1stravel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
calonin aja buat prank para kadalemoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Ahok sudah masuk kotak. Pendukungnya juga ga sesolid dulu, banyak yang eneg sama dia semenjak cerai dengan Veronica Tan. Padahal kalau keluarganya harmonis, nih orang patut diperhitungkan. sekarang, ane sih ga yakin.
selesai dari pertamina, paling dia buka usaha atau ditarik sama konglomerat untuk jadi direktur di salah satu perusahaan besar. walau banyak cacatnya, setidaknya masih ada yang percaya kalau dia orang yang jujur
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Ahok udah habis di jakarta dan daerah mayoritas islam emoticon-Blue Guy Smile (S)

Lagipula, daripada coblos ahok, mendingan coblos puput emoticon-Malu


























































emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ngahok udah tamat emoticon-Big Grin
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...




Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...
Quote:




Ente terlampau merendahkan mak banteng... emoticon-Mad

Bahkan... SBY+Amin Rais jilatin bokongnya ...tidak bakal mundur si megawati dari keputusannya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nenek lu
biji miring
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
BTP kalo maju lagi kayaknya bakal geger dan ungkit" masa lalu emoticon-Bingung
Kadrun kejang massal baca ini..
Berarti risma uda pegang 27 % hasil tambahan dari ahok, ga mungkin dong pendukung ahok milih wan abud.
Berarti beda 14%,
Gede lah kemungkinan risma, bakal lebih ngenal jakarta, tambah orang jakarta kenal risma.
emoticon-Jempol
Gua sih realistis aja, si Cina atu ini udah mati karirnya di politik emoticon-Embarrassment

Dan gua yakin, Masih ada calon lainlah yang lebih potensial dari berbagai macam pihak emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...
Saat Ahok Masih Dipilih Warga Jakarta Sebagai Calon Gubernur...


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di