Kaskus

News

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Rayakan Hari Jadi ke-4, Yuk Tengok Perjalanan IDN Times Community
Rayakan Hari Jadi ke-4, Yuk Tengok Perjalanan IDN Times Community


8 Februari 2021 merupakan hari bersejarah bagi IDN Times, dimana hari tersebut menjadi hari jadi IDN Times Community yang tahun ini genap menginjak usianya yang ke-4 tahun. Seperti kita ketahui nih gan, IDN Times sebagai media digital multi-platform berita dan hiburan untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia awali sebagai pendatang baru di industri media terdorong untuk menciptakan sebuah medium yang bisa menjembatani komunikasi antara IDN Times dengan para audiensnya. IDN Times percaya bahwa apabila relasi tersebut dapat terjalin dengan baik, supporting system yang kuat bagi IDN Times pun bakalan terbentuk dengan sendirinya. 
emoticon-Selamat

Di hari jadinya yang ke-4 ini, spesial Mimin bagikan cerita dari Ernia Karina, Community Manager IDN Times, untuk program Timmy's Story. IDN Times Community sendiri hadir sebagai wujud keinginan menjaga komitmen mewadahi dan menginspirasi generasi Millennial dan Z melalui karya tulisan, serta untuk terus menerbitkan karya terpilih mereka melalui platform IDN Times. Mengingat perjalanan yang sudah ia lewati bersama IDN Times Community, Ernia sadar betapa IDN Times Community telah berevolusi menjadi sebuah komunitas yang membawa dampak positif bagi masyarakat. 

1. Awal bergabung dengan IDN Media, dipercaya membangun komunitas
Ernia Karina bergabung di IDN Media sejak tahun 2015, momen saat Winston dan ia pertama kali berjumpa di sebuah sesi wawancara yang masih dapat ia ingat dengan jelas. Menurutnya pertanyaan-pertanyaan dari Winston pada saat itu, bisa dibilang seperti interview pekerjaan pada umumnya. Namun, ada satu pertanyaan yang cukup membuat Ernia berpikir ekstra. 
“Kamu punya ide apa untuk bisa dukung pertumbuhan IDN Media?,” tanya Winston. 
Berbekal pengalaman yang dimiliki ia pun kemudian utarakan ide mengenai sebuah komunitas yang bisa menampung interaksi IDN Times dengan para pembaca. 
Dari situlah aku mengawali kariernya di IDN Media. Ernia Karina, Community Manager IDN Times, bertugas untuk membentuk komunitas buat IDN Times. Bersumber dari rilis resmi yang tim KASKUS terima, Ernia memulai dengan banyak mendengar feedback dari beberapa pembaca. Rupanya, beberapa dari hal tersebut diperoleh insight bahwa para pembaca yang juga ada yang ingin menulis. Terlebih lagi, artikel yang dikirim pun ternyata juga bagus-bagus. Sampai pada akhirnya tahun 2015 hingga 2016 ia berupaya untuk membangun user-generated contentdengan mengadakan ragam kompetisi. Selain itu, pembentukan komunitas ini menjadi salah satu cara IDN Times guna meningkatkan awareness pada IDN Times sebagai pendatang baru di dunia media saat itu.
 
2. Animo masyarkat yang semakin meningkat 
Meski baru resmi diluncurkan pada 8 Februari 2017, versi pilot IDN Times Community sebenarnya sudah ada semenjak bulan Juli 2016. Berawal hanya ada 30 anggota yang join, semakin lama terlihat animo masyarakat semakin baik. Di saat itulah IDN Times memutuskan untuk beri gamification di IDN Times Community dengan memberikan sistem ranking, bonus poin yang bisa dikumpulkan berdasarkan jumlah page view. Nantinya, poin yang terkumpul kemudian dapat diuangkan.  
Gamification yang dihadirkan tentu membuat antusias masyarakat untuk menulis di IDN Times semakin tinggi. Hal ini membuat jumlah artikel yang diterima oleh tim editor pun semakin banyak. Menurutnya, namun tak semua artikel yang di-submit dapat langsung dipublikasikan di IDN Times karena harus melewati proses kurasi. Di sinilah tugas editor IDN Times Community harus sabar dan telaten untuk memberi feedback ke masing-masing penulis. Mengingat mereka menulis di IDN Times, sehingga merasa bertanggung jawab untuk memberi ilmu baru bagi para kreator. 

Rayakan Hari Jadi ke-4, Yuk Tengok Perjalanan IDN Times Community


3. Pelopor pembentukan komunitas bagi perusahaan media 
Sebagai media yang menjadi pelopor pembentukan komunitas menulis bagi para penggunanya, IDN Times Community menyediakan sebuah dashboard yang dapat dengan mudah diakses melalui IDN App dan website. Dilengkapi dengan menu Artikel Terbit, Artikel Revisi, Artikel Ditolak, dashboard tersebut juga menjadi tempat bagi para editor IDN Times Community untuk memberi saran dan masukan mendetail kepada tiap penulis. Dengan demikian, anggota IDN Times Community Writer pun bisa belajar.
Tak hanya itu, menurut Ernia Karina IDN Times Community juga secara reguler mengadakan acara pelatihan menulis kepada anggota komunitas dengan mengundang para editor IDN Times sebagai pengajarnya. Menariknya, dengan menjadi bagian IDN Times Community, para anggota juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan melalui poin terkumpul yang dapat ditukarkan dengan sejumlah uang tunai. Sebagai info tambahan saja nih gani, IDN Times Community saat ini telah memiliki lebih dari puluhan ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. emoticon-2 Jempol

4. Suka duka dalam mengelola IDN Times Community 
Mengelola IDN Times Community tentu bukanlah hal yang mudah, dan Ernia Karina pun membeberkan akan cerita suka dan duka yang mendampingi. Berbicara tentang duka, hal pertama yang akan ia sebutkan adalah saat dirinya menerima banyak komplain dari penulis. Karena antusiasme penulis yang begitu besar, kemampuan tim dalam mengakomodasi dan mengorganisasi tulisan para penulis jadi terbatas, mengingat komentar dan masukan yang diberikan pada penulis memang mendetail. 
Di sisi lain, channel yang mengkoneksikan, seperti WhatsApp Group per daerah juga memungkinkan komunitas writer untuk berteman dengan editor. Dengan demikian, banyak anggota komunitas yang dapat dengan mudah menghubungi guna berikan honest review. Bahkan menurut Ernia ada penulis  yang sempat menulis tentang K-Pop, kemudian tulisan yang dibuat penulis tersebut sampai di-notice oleh fanbase official boyband di Korea emoticon-Wow. Ernia sendiri sangat berterima kasih kepada para editor IDN Times Community, dan hal-hal sederhana seperti inilah yang menurutnya ia dan tim kembali semangat.

5. Harapan untuk IDN Times Community 
Selaras dengan visi IDN Media untuk mendemokrasikan informasi, IDN Times Community ingin terus mewadahi dan menginspirasi generasi Millennial dan Z melalui karya tulisan, serta untuk terus menerbitkan karya-karya terpilih mereka melalui platform IDN Times. Intinya di hari jadinya yang ke-4, IDN Times Community berkomitmen untuk terus berinovasi agar artikel-artikel ciptaan para anggota komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia dapat terakomodasi dan terorganisasi dengan lebih baik. Dengan demikian, konten lokal yang tak tersentralisasi di Ibu Kota pun dapat menciptakan ekosistem pemberitaan yang demokratis di IDN Times. 

Itulah cerita dari Ernia Karina selaku Community Manager IDN Times yang beberkan perjalanan IDN Times Community di momen hari jadi yang ke-4. Nah, Mimin kepo nih Gan,. Adakah Kaskuser yang selain menjadi kreator di KASKUS, namun juga menjadi kreator di IDN Times?. Ayo bagikan komentar kalian, atau mau ngucapin selamat untuk IDN Times Community juga boleh banget tinggal bubuhkan pada kolom komentar di bawah. emoticon-Shakehand2



Diubah oleh KASKUS.HQ 15-02-2021 15:05
0
345
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan