Kaskus

News

mountcookAvatar border
TS
mountcook
Pahami Analisis SWOT dengan Cara Mudah Berikut Ini
Pahami Analisis SWOT dengan Cara Mudah Berikut Ini
Analisis SWOT merupakan suatu teknik yang dibuat mengevaluasi spekulasi dalam bisnis, dikenalkan oleh Albert Humphrey, sekitar tahun 1960-an. Model analisis ini sudah cukup lama diperkenalkan dan diterapkan dalam berbagai macam berbagai macam bisnis di berbagai belahan dunia. SWOT diperlukan dan berguna bagi perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang sedang dijalankan. Hebatnya, analisis ini juga bisa untuk mengidentifikasi pada bisnis yang masih dalam proses perencanaan untuk di masa mendatang.
Proses analisa pada SWOT melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis, serta mengidentifikasi faktor eksternal dan internal yang mendukung proses, serta yang tidak mendukung untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi sebenarnya apa sih analis SWOT itu? Kenapa Kawan Kledo harus tau tentang analisis ini? Bagaimana cara menerapkannya dalam perencanaan maupun menjalankan bisnis? Yuk kita bahas satu per satu. Simak artikel berikut ya, Kawan Kledo!
Pengertian Analisis SWOT
Pahami Analisis SWOT dengan Cara Mudah Berikut IniBagan analisis SWOT – https://wikipedia.org/
SWOT merupakan suatu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Analisa ini dilakukan dalam suatu proyek maupun bisnis yang penuh dengan spekulasi. Keempat faktor dalam SWOT itulah yang menjadi akronim dari analisa ini (strengths, weaknesses, opportunities, threats). SWOT akan lebih mudah ketika dipraktekan dalam bentuk bagan atau table, yang dibuat pada kertas besar. Dengan demikian Kawan Kledo dapat melakukan analisis dengan baik hubungan setiap aspek yang ada.
Tapi, apasih pentingnya SWOT dalam konteks bisnis, terutama UKM? Yang perlu digaris bawahi yaitu setiap bisnis tidak akan mencapai kesuksesan apabila tidak direncanakan dengan matang. Dalam mendirikan sebuah bisnis, yang dicari pasti keuntungan. Mungkin ada yang merasa, dengan menggunakan teori kaku pun, UKM tetap akan mendapatkan untung. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah bisakah bisnis tetap bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan meningkat semakin besar? Tentu saja, hal tersebut harus menjadi keresahan tersendiri di tengah perkembangan jaman yang semakin maju setiap harinya.
Pelaku bisnis, termasuk UKM, memiliki sejumlah tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Tanpa adanya strategi yang jelas dan matang, akan sulit untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi itulah yang dikembangkan atas dasar dari analisa SWOT. Jangan salah, teknik analisis ini tidak hanya berguna untuk perusahaan maupun kelompok bisnis lho, Kawan Kledo. Analisis SWOT juga dapat dimanfaatkan oleh pihak perseorangan yang mempunyai tujuan, misal hendak mencapai mimpinya dalam pekerjaan maupun karir.
Mengenal Unsur Analisis SWOT
Pahami Analisis SWOT dengan Cara Mudah Berikut IniUnsur-unsur dalam Analisis SWOT – https://dictio.id/
SWOT akan memetakan perencanaan yang lebih cermat, jeli, dan teliti. Analisa ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan sering digunakan. Analisa SWOT mudah dipahami oleh siapa saja. Sebagai pelaku UKM, untuk melakukan analisis SWOT , Kawan Kledo wajib untuk memahami unsur-unsur yang dipakai. Unsur-unsur tersebut yang tak lain dan tak bukan merupakan singkatan dari SWOT itu sendiri. Yuk kita bahas lebih dalam masing-masing dari unsur tersebut!
S – Strengths (Kekuatan)
Di sini, Kawan Kledo di minta untuk mengidentifikasi kekuatan paling besar yang terdapat pada tujuan UKM yang sedang dirintis. Proses pemahaman dan pengenalan ini diharapkan akan menghasilkan sejumlah temuan yang tentu berpengaruh positif bagi kesuksesan usaha. Yang dibahas dalam unsur ini adalah segala hal yang dilakukan oleh perusahaan atau proyek Kawan Kledo dengan sangat baik. Nah, bagaimana cara mengenali dan memahami kekuatan tersebut? Cobalah untuk membuat daftar pertanyaan agar lebih mudah dalam mengidentifikasi. Contohnya:
Kelebihan bisnis atau usaha yang Kawan Kledo jalankan?
Yang membuat bisnis atau usaha Kawan Kledo ini lebih baik dibanding yang lain?
Apa alasan yang membuat bisnis atau usaha Kawan Kledo unik?
Sebutkan faktor yang dapat membuat dapat meningkatkan penjualan bisnis atau usaha Kawan Kledo selama ini?
Respon positif konsumen selama ini terhadap bisnis yang Kawan Kledo jalankan?
Aset tak berwujud apa saja yang dimiliki oleh tim kerja Kawan Kledo? Misal pengetahuan, pendidikan, jaringan, ketrampilan, atau reputasi.
Aset fisik apa yang dimiliki oleh perusahaan? Misal pelanggan, peralatan, teknologi, pendanaan, atau bahkan sudah mendapat hak paten atas produk.

Pada intinya, ketika mengidentifikasi unsur kekuatan, jangan cuma dilihat dari hal-hal fisik ya, Kawan Kledo. Karena poin strengths juga bisa dari hal-hal tidak berwujud, misalnya brand yang dimilki oleh perusahaan, maupun hal yang lebih kecil seperti proporsi penjualan unit yang berasal dari lini produk tertentu. Orang-orang yang mendukung bisnis Kawan Kledo juga bisa digolongkan dalam unsur strengths (sumber daya manusia dalam lireral Kawan Kledo, misal kepemimpinan yang kuat, atau secara teknis timnya memang benar-benar kompak.

Lebih lengkapnya baca di sini.
0
908
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan