CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601c5d9a915e04583c2c0f18/parah-ada-sekitar-156-milyar-sampah-masker-dan-sarung-tangan-sekali-pakai-di-lautan

Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan

Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan

Semenjak adanya wabah corona aka covid 19 memakai masker adalah suatu keharusan bagi setiap orang untuk mencegah penularan wabah tersebut. Pada masa ini masker sekali pakai telah menjadi pilihan kebanyakan orang sehingga masker jenis ini menjadi barang yang paling dicari dan paling banyak dibeli selama pandemi.

Untuk memenuhi kebutuhan manusia akan masker sekali pakai selama pandemi berlangsung berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh OceansAsia sepanjang tahun 2020 lalu diperkirakan ada lebih dari 52 milyar masker sekali pakai yang diproduksi di seluruh dunia namun sayangnya tidak semua orang setelah memakainya membuang masker tersebut di tempat yang seharusnya. Dilaporkan sebagian besar malah berakhir di lautan.

Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan

Selain sampah masker sekali pakai ada juga sampah sarung tangan sekali pakai dengan jumlah yang tak kalah banyak ditemukan di lautan. Berdasarkan riset yang telah dilakukan dibeberapa negara menurut sumber saat ini ada sekitar 1,56 milyar sampah masker dan sarung tangan sekali pakai yang harus dibersihkan dari lautan. Jumlah tersebut diyakini lebih kecil dari jumlah yang sebenarnya dan kemungkinan besar akan terus bertambah apabila kesadaran manusia masih kurang untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Masker dan sarung tangan sekali pakai ditambah pula dengan sampah medis yang dibuang ke laut tentu butuh waktu yang sangat lama bahkan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai, belum lagi kandungan mikroplastik pada benda benda tersebut yang sudah pasti tak akan bisa hilang. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kehidupan hewan hewan laut dan memang pada kenyataannya kita tahu bahwa sudah lebih dari jutaan hewan laut yang terbunuh karena penumpukan sampah plastik di lautan.

Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan

Solusi untuk mengurangi polusi akibat sampah plastikini tak hanya cukup kalau hanya dengan membersihkan dan menyingkirkan sampahnya saja sebab lambat laun penumpukan sampah plastik dilautan pasti akan terjadi lagi tanpa dibarengi kesadaran kita umat manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan. Caranya sebenarnya sangat sederhana, yaitu cukup dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat dsb.
emoticon-Shakehand2

Ref ini
Sumber gambar 1 2 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Parah men
kok sampai dibuang di lautan emoticon-No Hope
Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan
profile-picture
megaut memberi reputasi
Itu gambar apa yang terakhir
profile-picture
megaut memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Laut jadi jorok...
emoticon-Mewek
Parah! Ada Sekitar 1,56 Milyar Sampah Masker Dan Sarung Tangan Sekali Pakai Di Lautan
profile-picture
profile-picture
Demonaz666 dan megaut memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sebenarnya pengen buang sampah pada tempatnya tapi tempatnya ga ada trus kepiye gimana??
emoticon-Malu
profile-picture
megaut memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalau bakar sampah itu boleh gak sih sebenernya?

ini juga bikin kesel lho gan :
profile-picture
megaut memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ouh berarti yg "sekali pakai" tuh bisa di buang ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
megaut memberi reputasi
Quote:

Iya nih ga ngrti, dipikirnya laut itu TPA apa ya

Quote:

Ikan paus mati perut n mulutnya isi sampah doang gan

Quote:

Iya gan thian, jadi risih maen air di pantai

Quote:

Nah ini masalah yg harus dicari solusinya..

Quote:

Ga boleh katanya gan...

Quote:

Contohnya donk brae....?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kasian ama lingkungan sekitar krn dampak dari tu sampah emoticon-Turut Berduka
profile-picture
megaut memberi reputasi
Wah bener parah nih sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini semua ulah si Corona !!!emoticon-Marah
profile-picture
megaut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Miris gan emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
megaut memberi reputasi
Quote:

Kasian ke kitanya juga gan dapet udara n makanan yg kotor..emoticon-Busa
Quote:

Parah separah parahnya gan emoticon-Turut Berduka
Quote:

Iya, korona jahat emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:

Iya, makanya jangan buang sampah sembarangan ya gan emoticon-thumbsup
nah ini dia gan, kesadaran masyarakat akan sampah ini masih sangat memprihatinkan, terutama ditempat wisata, atau tempat lainnya.

tidak sedikit yang membuang sampah sembarangan, dan hanya ditinggalkan begitu saja.

padahal, jumlah sampah itu hampir berbading lurus dengan jumlah kita mengkonsumsi baik makanan maupun barang-barang lainnya.

contoh:
ane beli bubur ayam, dibungkus, sudah dipastikan sampahnya ya kantong kresek dan plastik bubur/box, belum lagi plastik kecil2 yg isi sambal dll.

ane aja kalau lagi nyapu di depan toko ane, tiap pagi, itu sampahnya ya ampun hampir sekantong plastik gede lah, ini ane berfikir, ini kalau ga disapu seminggu udah kaya tempat sampah aja kali.

dalam hal ini memang perlu kerjasama yang solid antarwarga/masyarakat dengan pemerintahan setempat. artinya, warga harus tertib dalam mengelola sampah, jangan membuang sampah sembarangan, tapi disisi lain pemerintahan juga harus menyediakan fasilitas baik itu tempat sampah atau petugas yang rutin mengambil sampah-sampah dari warga.

karena yang ane rasain, kadang sampah udah di plastikin, udah dikarungin, numpuk, baru nongol petugas keliling, memang diambil, cuma jadwalnya gak tentu, artinya harus terjadwal dengan baik, sehingga warga pun ikut disiplin dalam mengelola sampah rumah tangga.

daripada dikorupsi, mending duitnya buat nambahin mobil truk pengangkut sampah aja kali ya.

ya begitulah kira-kira gan

profile-picture
Doddy7 memberi reputasi
Tolol banget sih mereka emoticon-Smilie
profile-picture
mubafirs memberi reputasi
Suka heran sm orang yg cuek gitu buang sampaj di sungai
Go green donk
Buang ke got. Got ke sungai. Sungai ke laut. Laut jd tong sampah finalnya.
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
semoga corona ini cepet kabur dari muka bumi deh
bakar aja ngapa
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di