CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Indukmam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601ad520df436554c822d2e7/street-kitten-rescue-story---cara-merawat-anak-kucing-tanpa-indukmam

Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Indukmam

Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Induk

Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Indukmam
Baby dan Taboo, 2 kucing peliharaan kami dari hasil rescue.


Berawal dari bulan November 2020 lalu. Untuk pertama kalinya, TS dan sohib halal TS melakukan gerakan kecil untuk memberi makan kucing liar di jalanan alias street feeding.

Hal ini bermula dari rasa sayang doi yang sedih melihat kucing-kucing domestik liar kelaparan kerap mengais sampah untuk mencari makan. Kebetulan, saat itu kami sedang ada sedikit rejeki.

Gaes, berbagi rejeki itu tidak terbatas hanya pada sesama manusia semata, kita juga bisa berbagi rejeki pada alam dengan cara menanam pohon sembari menjaga lingkungan.

Bisa pula dengan berbagi kasih sayang dan kepedulian kita pada hewan, baik hewan liar maupun hewan peliharaan, tak terkecuali kucing domestik. Di sekitar kita, tak sedikit menjumpai kucing domestik liar.

Berangkat dari hal itu, TS pun setuju untuk menemani doi memberi makan pada kucing-kucing liar. Dari perjalanan kami itu, TS melihat kondisi kucing-kucing liar tersebut terkait kesehatan dan bobot tubuh mereka.

Ada yang kurus kering karena kelaparan bahkan sakit parah, seperti terkena virus misalnya. Ada yang cacat dan ada pula yang terlihat berisi badannya tapi mengalami sakit kulit, seperti jamur, scabies dan sebagainya.

Hati TS teriris melihat kondisi mereka tapi kami tak bisa berbuat lebih karena kondisi keuangan kami juga terbatas. Dengan berat hati, kami hanya bisa memberi mereka makan.

Tak lupa, kami mendoakan kebaikan dan kebahagian bagi kucing-kucing itu. Semoga mereka tidak kelaparan lagi dan bertemu dengan orang-orang baik yang mampu mengurus mereka, aamiin.


Awal Mula 'Street Kitten Rescue'

Mungkin GanSis penasaran tentang cerita awal mula kami menyelamatkan anak kucing jalanan? Hehe. Kalau penasaran, lanjut baca, dong!.

Pada suatu malam yang memang sudah masuk musim penghujan, kami menjumpai seekor anak kucing sedang diusir-usir oleh pemilik warung. Padahal, posisi sedang hujan dan si anak kucing tanpa induk hanya ingin berteduh.

Kami hanya melihat beberapa detik dan motor tetap melaju pelan karena kondisi jalanan licin. Tak berapa lama, doi membahas soal anak kucing tersebut dan mengkhawatirkan kondisinya di tengah hujan.

Setelah diskusi singkat, kami pun putar balik motor untuk menjemput anak kucing di warung tadi. Kami jumpai ia sedang berteduh di bawah pohon, tepat di samping warung.

Ia begitu kecil. Semestinya, ia masih dibawah perlindungan induknya. Badannya menggigil hebat. Hasil cek singkat kami, si anak kucing sedang sakit parah karena anak kucing sangat rentan mati bila berpisah dengan induknya di usia dini, terlebih belum lepas susu.

Dari ciri-cirinya, dugaan kami, ia terkena virus. Kami ragu membawanya pulang karena tak mampu membiayai pengobatannya, terlebih harapan hidupnya, sepertinya kecil.

Namun, lebih mengenaskan bila membiarkannya sendirian di sana. Kami pun membawanya pulang. Kami tatap lekat-lekat orang-orang di warung yang tadi mengusirnya.

Itulah pertama kalinya kami rescue anak kucing jalanan. Setelah-setelahnya, kami rescue hingga saat ini total 8 kucing yang telah kami rescue.


Cara Merawat Anak Kucing tanpa Induk

My bad, so sorry, Gaes. Anak kucing pertama yang kami rescue mati beberapa hari setelahnya. Dia makan & minum sangat sedikit hingga setelahnya, ia benar-benar tidak mau makan dan minum lagi.

Segala cara sudah kami coba untuk menyelamatkannya saat membawanya pulang. TS akui, kami belum maksimal karena tidak mampu membawanya ke dokter dan tidak punya pengalaman sebelumnya merawat anak kucing.

Kami berdua menangis sesenggukan saat ia pergi dan meminta maaf banyak padanya. Kami beri nama dia OR. Kematian OR menjadi pukulan besar bagi kami. Setelahnya, kami kembali rescue anak kucing.

Namun, dengan pengetahuan yang lebih baik, upgrade. Berikut beberapa cara yang kami lakukan untuk mengurus anak kucing tanpa induk :

1. Cari Puskemas Hewan (Puskeswan) di kotamu
- Biaya berobat di puskeswan lebih murah daripada berkunjung ke klinik dokter hewan. (Di kota TS, ada Puskeswan, pengobatan kucing malah selalu gratis tapi kami selalu sisihkan sumbangan, ada kotak sumbangannya. Kita bebas sumbangan berapa saja sebagai bentuk terimakasih kepada dokternya).
2. Cari info klinik dokter hewan yang biayanya terjangkau di kotamu
- Jika tidak ada puskeswan di kota GanSis atau ada tapi lokasi terlalu jauh maka GanSis carilah info klinik dokter hewan yang harganya bersahabat, terlebih ada harga khusus untuk kucing rescue-an. Info bisa didapat dengan mengikuti komunitas-komunitas pecinta kucing.

Quote:

3. Mengikuti Komunitas Pecinta Kucing
- Dengan mengikutinya, kamu bisa memperoleh berbagai informasi tentang apapun berkaitan dengan kucing. Bisa pula mencari kucing rescue-an untuk diadopsi maupun mencari adopter.
4. Mengikuti Arahan Dokter
- Merawat anak kucing tanpa induk bukan perkara mudah. Ibaratnya, kita menjaga anak bayi sendiri karena mereka rentan mati. Ikuti dan patuh pada instruksi dokter tentang pemberian obat, makanan & susu. TS selalu mencatat apa yang dokter terangkan saat berbicara pada TS agar tidak lupa. Apa yang boleh dan tidak boleh jangan sampai dilanggar.
5. Tidurkan Anak Kucing dalam Kandang Hangat & Jaga Bulu Mereka Tetap Kering
- Jika tidur, anak-anak kucing kami diletakkan dalam kandang hangat yang diberi lampu kuning (yang buat ayam) untuk jaga kondisi mereka, terutama di musim hujan begini. Kami pastikan pula bulu mereka dan kandang mereka kering supaya tidak kedinginan dan terhindar dari penyakit kulit yang bisa memperparah kondisi mereka.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Semoga setelah membaca thread ini GanSis tergerak untuk ikut menyelamatkan hingga mengadopsi kucing ataupun anak kucing jalanan di sekitar Gansis.

Terlebih saat ini sedang musim hujan sehingga mereka sangat butuh rumah untuk berlindung dari dingin, kuman dan virus penyakit yang saat ini juga melanda para kucing.

Bisa pula dengan ikut menyumbangkan sebagian rejeki pada orang atau lembaga yang bergerak dalam penyelamatan kucing dalam bentuk pasokan makanan, kebutuhan mandi dan obat-obatan bagi kucing.

Seminimalnya, GanSis bisa berbagi rejeki di rumah ataupun jalanan seperti kami dengan cara membeli makanan khusus kucing. Harganya juga gak mahal kok, hanya dikisaran 25ribuan perkilonya dari berbagai merek dan berikan pada kucing-kucing di sekitar lingkungan Gansis, insyaallah berkah, aamiin.

Ada yang punya kisah indah berkaitan kucing, monggo share di sini ataupun bagikan kisah ini ke sosmed GanSis."

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower


Btw, ini dua diantara beberapa anak kucing yang telah kami rescue. Mereka sudah kami jadikan peliharaan kami. Ada yang kami pelihara sendiri dan ada pula yang kami berikan pada adopter.

Spoiler for Silakan intip video & foto Taboo & Baby:


Quote:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
lube memberi reputasi
Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Indukmam
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan kabutingploy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pecinta kucing pasti TS tau banget cara ngurus nya emoticon-Embarrassment
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Quote:
emoticon-terimakasih

Quote:
karena klo gak upgrade pengetahuan bisa2 kucingnya gak selamat sis :'(
profile-picture
profile-picture
eghy dan sekkar memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Semoga TS dan Tim Rescue dilancarkan rejekinya, dimudahkan segala urusannya.. Aamiin.. terimakasih banyak orang baik!
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Bermanfaat gaes
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Alhamdulillah, ada aktifitas positif dan berfaedah yg luar biasa hebat bisa jd inspirasi bagi penduduk kaskus sekalian, hal ginian bisa jadi nutrisi kite2 untuk bisa segera sadar menjadi bagian dari kehiatan2 positif dalam banyak hal dan tentu bisa membuktikan bahwa kualitas mutlak manusia bisa dibuktikan akan manfaatnya bagi segala makhluk hidup dalam arti positip, trima kasih banyak TS, nice share emoticon-Recommended Selleremoticon-I Love Indonesia
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Ayo kita cinta terhadap kucing-kucing jalanan.
Mereka tidak mengenal kalian tetapi mereka akan mengenal kalian jika kalian sudah menolong mereka.

Pelihara hewan yang sehat maupun jalanan, yang penting bisa memelihara hewan. Street Kitten Rescue Story - Cara Merawat Anak Kucing tanpa Indukmam
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Diubah oleh kabutingploy
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
bagus banget thread nyaa, kadang ane juga suka kasihan liat kucing kucing di jalan, apalagi kucing yang masih kecil kecil, jadi kadang kalo lagi bawa makanan kucing atau jajan ane yang sekiranya kucing juga suka, ane coba kasih sedikit sedikit
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Yang penting ada kehendak bebas untuk para neko ya gan di kasih makan cukup dan berimbang seperti rerumputan.
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Quote:

Aamiin allahumma aamiin terimakasih banyak doanya gan, bantu kami memperhatikan mereka ya gan, lakukan semampu yg agan bisa, insyaallah berkah buat agan dan kucing2 nya
emoticon-Angpau
Quote:

Alhamdulillah gaes
Quote:

terimakasih banyak gan atas apresiasinya. bantu kami memperhatikan mereka ya gan, lakukan semampu yg agan bisa, insyaallah berkah buat agan dan kucing2 nya
emoticon-Angpau

Quote:

terimakasih banyak gan atas seruannya. Semoga Banyak yg ikut dalam kegiatan baik ini dan terus bantu kami memperhatikan mereka ya gan, lakukan semampu yg agan bisa, insyaallah berkah buat agan dan kucing2 nya
emoticon-Angpau
Quote:

terimakasih banyak atas apresiasinya gan, bantu kami untuk terus memperdulikan mereka ya gan, lakukan semampu yg agan bisa, insyaallah berkah buat agan dan kucing2 nya, aamiin. Betul gan, terutama kucing kecil karena mereka belum mendapatkan cukup pengajaran dari induknya untuk bertahan hidup dan mereka juga retan mati
emoticon-Angpau
Quote:
maunya gan, doakan kami memiliki rejeki banyak utk memberikan mereka kehidupan yang layak, membawa ke dokter dan melengkapi kebutuhan mereka
kucingku yg ku pungut dari got
kmarin meninggal emoticon-Frown emoticon-Frown

kondisi awal cacingan gelang + kutu

stlah ngeluarin segelendong cacing dia pergi emoticon-Frown

bsok paginy lumpuh
napas engas2

emoticon-Frown

cuma brthan sminggu

tolong donggg tipssz ny

profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Semoga TS rezekinya berlimpah udah peduli dg kucing2 yatim itu.
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Ijin nyimak sambil ngupy gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 12 lainnya memberi reputasi
Bener nih, pernah denger dari temen juga emang lebih terjangkau puskeswan. Daerah ane ada, jadi kayaknya aman kalau melihara hewan dan kejadian lagi sakit
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
gue mau gelandang deket rumah ts ah biar dihalalkan eh diselamat juga
emoticon-Ngacir
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Monggo gan, saya ABC kopi susu barusan hehe
Quote:

Betul gan bawa puskeswan murah meriah dan jd pahala. Kucing aman kantong kita aman. Ga ragu lg mau ambil kucing sakit karena udah tau t4 berobat yg murmer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Bukan sekali, aku udh 2 kali ngalamin ginian. Ini terjadi sama anak kucing karena tubuh mereka lemah. Makanya saya sangat wajibkan kasih obat cacing pd setiap kucing yg baru diambil krna dr jalanan tentu makanan mereka gk sehat n tanah yg mereka injek atau kutu yg ad pd tubuh mereka juga nyimpen telor cacing dan nginfeksi mereka

Buat kucing/anaknya yg baru d Rescue, siapin modal buat beli ini : Obat cacing 21.500 + obat kutu sebotol kecil 30-35.000an (isi dikit tp pemakainya juga dikit kok, cukup 1kali tetes buat 1-3bln)

Saat dimasukin ke rumah, jgn langsing lepas dlm rumah. Mandiin dlu utk jaga kebersihan dia dan kebersihan rumah kita. Pake air hangat, sampoin pke sampo yg lembut misal sampo Lifebuoy. Jangan sampe make sampo yg keras/dingin spt clear ice cool itu jangan. Gosok semua bagian tubuh. Bilas langsung handukin n keringkan. Jangan lebih dr 2 mnit prosesnya takut mati kedinginan

Bersihin kupingnya, bersihin kutunya. Kasih makan dry food cuma 23-25.000/kg bisa beli yg setengah kilo juga. Kasih minum air putih gak boleh susu manusia kecuali susu khusus kucing sesuai umurnya. Baru bisa kasih obat2an d atas td

Masukin dlm kandang hangat yg udah diberi lampu ayam (kandang second 100-130.000an + lampu ayam/lampu kuning 5-7000 harganya), kasih alas dan litter box (cari di pasar baskom buat kucing bilang nya cuma 8-10k yg kecil, mending beli yg agak gede sih sekitar 20.000 beli di pet shop mahal) + pasir kucing 5kg 30-47.000 tergantung merek, 5kg bisa 1-2bln 1 anak kucing + skop buat ambil ee/pipis 10k

Semoga next time gak kapok ambil kucing atau klo mau bisa langsung pm klo mau tanya2


Quote:

Aamiin ya Allah tq doanya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di