CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dikaitkan dengan Sistem Khilafah, Pedagang Pasar Muamalah Merasa Dirugikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6014dee1dbf76460ce64ca34/dikaitkan-dengan-sistem-khilafah-pedagang-pasar-muamalah-merasa-dirugikan

Dikaitkan dengan Sistem Khilafah, Pedagang Pasar Muamalah Merasa Dirugikan

R Ratna Purnama
Jum'at, 29 Januari 2021 - 23:06 WIB


Dikaitkan dengan Sistem Khilafah, Pedagang Pasar Muamalah Merasa Dirugikan

Mengaitkan antara Pasar Muamalah dengan sistem khilafah itu pun dengan tegas dibantah oleh pedagang di pasar tersebut. Foto/iNews.id

DEPOK - Keberadaan Pasar Muamalah di Depok kini menjadi sorotan. Dikutip dari tayangan youtube channel Kanal Anak Bangsa Tv, Rudi S Kamri menyebut bahwa dari literasi yang dia dapat bahwa di Kota Depok ada Pasar Muamalah dengan sistem khilafah.

“Saya buka-buka referensi, di Depok ini sudah 10 tahun ada Pasar Muamalah, transaksinya sistem khilafah,” kata Rudi dalam youtube channel tersebut.

Mengaitkan antara Pasar Muamalah dengan sistem khilafah itu pun dengan tegas dibantah oleh pedagang di pasar tersebut. “Nggak ada hubungannya karena ini kan barter. Barter kan berlaku umum. Di kalangan masyarakat Baduy itu pun masih berlaku barter. Di Jawa Tengah ada yang pake bambu,” kata Anto, salah satu pedagang di Pasar Dirham ketika ditemui di Beji, Depok, Jumat (29/1/2021).

Dia pun meluruskan terhadap tudingan tersebut. Dia pun meminta agar media bisa meluruskan informasi tersebut.“Tinggal teman-teman saja menjelaskan, ini eggak ada hubungannya dengan sistem negara,” tegasnya.

Dengan tudingan itu, Anto mengaku, para pedagang merasa dirugikan. Menurut dia, tudingan itu menyudutkan dirinya dan para pelaku usaha yang ada di kawasan Pasar Muamalah. “Ya dirugikan sekali,” ucapnya.

Anto menjelaskan di Pasar Muamalah memang menerima Dinar dan Dirham sebagai alat tukar. Namun hal itu tidak mutlak. Karena penjual di sana juga menerima rupiah sebagai alat transaksi. (Baca juga; Pedagang Pasar Muamalah Rutin Sedekah Dinar ke Warga Sekitar )

Bahkan memungkinkan dilakukan sistem barter juga bagi yang benar-benar tidak memiliki uang. “ Itu (dinar dirham) kalau yang bisa saja, yang bisa ya bisa. Yang enggak bisa, bisa barter barang,” katanya.

Pasar Muamalah ini kerap digelar dua pekan sekali pada hari Minggu. Di sana penjual bebas membuka lapak tanpa dikenakan biaya sewa.

https://metro.sindonews.com/read/318...kan-1611932475
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anandakania dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Belinya harus pake hijab ga? Yg pastiga boleh nego kalo saringahh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 5 lainnya memberi reputasi
Penilaian barang yang dibarter bagaimana caranya? Siapa yang menentukan

Misalnya saya lapar tp tidak punya uang, apa bisa ditukar kaos yang saya pakai dengan seporsi nasi rendang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
kenapa gak dinamai pasar onta aja emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 10 lainnya memberi reputasi
Kriminalisasi arap.. emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 4 lainnya memberi reputasi
Arab wannabe

Cuih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 12 lainnya memberi reputasi
Tempat Wisata Floating Market Lembang juga nooh gak pake uang resmi ... transaksi disana mesti tuker pake koin bikinan mereka sendiri. emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dadedarwanto dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 28 balasan
ngeles nih ceritanya?
emoticon-Malu
makanya, udah tau sensitif malah cari gara-gara. btw semenjak FPI dilarang kalo ada kasus ginian gak ada rame-rame
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan areszzjay memberi reputasi
Diubah oleh joesatriyono
O ini yang ngakunya dinar padahal emas buatan lokal, yang dihitung "cuma" beratnya saja sbg alat tukar sedangkan namanya sok2an catut biar bernuansa arab..

yakin transaksi dgn rupiah tidak pernah dibedakan dgn yang pakai "dinar" ?
double standard adalah jalan ninja mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apriyatna dan 8 lainnya memberi reputasi
transaksi biasa pake dirham dan dinar namhn tidak multak,bisa juga rupiah

artinya rupiah bukan mata uang utama dipasar itu,gitu?emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pemalsuan mata uang negara lain bisa kena pasal gak sih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kl beli bahan baku dan modal pake rupiah, goblok dong mereka, bntar2 tuker
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan mamiterbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
weh msh ada barter juga ini emoticon-Angkat Beer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terserah mereka aja, selama gak ada yang dirugikan emoticon-Blue Guy Smile (S)

Oh iya, kalau begitu ngitung2 buat bayar pajaknya gimana ya?
Eh, bayar pajak gak ya? emoticon-Hammer
























































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raperinoa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Dikaitkan dengan Sistem Khilafah, Pedagang Pasar Muamalah Merasa Dirugikan

Quote:


Dalam syariat Islam, hubungan antar manusia dengan manusia disebut sebagai muamalah.

Pertanyaannya.. kalo (pelaku pasar) muamalah yg sesuai dg syariat islam (malah) merasa d rugikan jika d kaitkan dg sistem khilafah.. berarti sistem khilafah ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
10 tahun bray.
Lagi lagi dari jaman pepo.
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
besok2 kalo ada acara jejepangan, beli takoyaki nya pake duit yen.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo sistemnya pakai Dinar & Dirham, berarti seperti sistem barter dan sukarela. Dan transaksi tersebut tidak dijamin oleh pemerintah.

Artinya kalau ada salah satu pihak yang merasa dirugikan, maka polisi juga tidak bisa menindak si pelaku. Termasuk jika Dinar & Dirham-nya palsu. Kan sistemnya barter dan sukarela. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Syaakira dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ah elah,, udah dibilang transaksi selain pake rupiah dilarang kok,,

masi aja ngeyel,,,

profile-picture
profile-picture
yusuko dan gabener.edan memberi reputasi
Denarii (Dinar) : Alat tukar berupa koin emas zaman Romawi

Dirham : Alat tukar berupa koin perak dari Persia

Rupiah : Alat tukar baik berupa koin maupun kertas di NKRI
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 37sanchi memberi reputasi
Diubah oleh reep1000
WASPADA BAHAYA NYATA NEO DI/TII
profile-picture
yusuko memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di