CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601434d9365c4f7e81232e09/9-fakta-unik-amp-menarik-mobil-listrik-wahai-warga-62-apakah-kalian-tertarik

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Tak kenal maka tak sayang adalah ungkapan yang mungkin cocok untuk topik satu ini karena minimnya informasi tentang mobil listrik tapi mau ga mau, suka tidak suka, cepat atau lambat kita akan dihadapkan pada kondisi dimana mobil listrik menjadi bagian dari keseharian kita.Walaupun mobil listrik menurut sebagian orang adalah hal yang baru dan tidak biasa ternyata sejarah menyatakan bahwa mobil listrik pertama di dunia sudah ada sejak tahun 1884. Kendaraan itu dirancang dan dibangun oleh Thomas Parker yang merupakan inovator London yang bertanggung jawab atas elektrifikasi trem kota. Inovator tsb bertujuan mengurangi jumlah mobil hemat bahan bakar rendah dan ramah lingkungan di jalan raya dengan mobil listriknya yang berbahan bakar baterai isi ulang berkapasitas tinggi. Sedangkan mobil listrik pertama di Amerika Serikat dikembangkan pada tahun 1890-91 oleh William Morrison dari Des Moines, Iowa. Kendaraan itu adalah mobil tipe wagon dengan enam penumpang yang mampu mencapai kecepatan 23 kilometer per jam atau 14 mil per jam. Kecepatan yang sama dengan kecepatan emak2 bawa motor dengan anak di depan dan belanjaan di belakang dan bawah di tengah jalan di kondisi jalan ramai emoticon-Hammer

Itu adalah salah satu dari ke-9 fakta unik dan menarik mobil listrik, penasaran dengan ke-delapan fakta unik dan menarik selanjutnya? Yuk lanjut gan emoticon-shakehand

Sumber : axleaddict.com

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Quote:


Mundur sedikit ke tahun 2011 dimana saat itu hanya ada sembilan jenis mobil listrik yang beredar yang mencakup empat model body mobil seperti city car, [/[I]I]family car kecil, van kecil, dan coupé sport. Kini sekarang telah meningkat menjadi lebih dari 125 mobil dan van plug-in yang tersedia pada tahun 2019 yang meliputi superminis, mobil keluarga besar, hatchback, mobil estate, SUV, model eksekutif, dan van berukuran sedang. Wah jangan2 nanti di negara +62 bakal ada becak listrik ya emoticon-Ngakak

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?


Quote:


Sssttt emoticon-Malu (S) berisik disini maksudnya bukan seberisik knalpot racingnya mas2 jamet yang lagi godain mbak2 cabe2an di pinggir jalan BKT atau perumahan2 nanggung yak dan bukan juga seberisik dan ganggunya knalpot mas2 naik motor metik Namex atau motor 🐯 yang knalpotnya sengaja diberisikin terus moncong knalpotnya diarahkan ke atas persis ke wajah pengendara motor dibelakangnya emoticon-Cape d... . Bukan ya bukan itu. Semua dimulai dari laporan beberapa orang baik pejalan kaki, pesepeda atau pengendara motor yang tertabrak oleh mobil listrik dapat berjalan tanpa suara dan membuat si korban tidak ngeh akan keberadaan mobil listrik di sekitarnya. Laporan tersebut menghasilkan aturan baru EU pada Juli 2019 yang isinya mewajibkan semua kendaraan listrik dan hibrida mengeluarkan artificial sound alias suara buatan agar lebih mudah didengar oleh pengendara sepeda dan pejalan kaki. Tentunya kebisingan terdengar dengan kecepatan 13mph ke bawah untuk menghindari polusi suara yang berlebihan.

Dalam negeri tidak mau kalah dengan peraturan ini melalui Kementerian Perhubungan yang menyatakan alasan utama mewajibkan mobil BEV mengeluarkan suara ialah aspek keselamatan pejalan kaki. Panyung hukum yang mengatur kebisingan mobil elektrik ialah PP No.33/2018 di mana disebutkan mobil listrik wajib mengeluarkan suara . Kewajiban mengeluarkan bunyi lebih karena aspek keselamatan.


9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Sumber ; nltelectrical.co.uk & laman resmi Kementerian Perhubungan

Quote:



Kalo kata seksolog ternama kita " Sex doesn't matter" emoticon-Hammer2 nampaknya berlaku pada mobil listrik . Hal ini dikarenakan meski ukuran mobil listrik cenderung lebih kecil namun mereka sama amannya dengan mobil bertenaga bensin di kelas yang sama. Alasan mengapa banyak mobil listrik berukuran kecil adalah karena kepadatan atau density energi baterai yang rendah dan ikatan antara berat dan jangkauan. Hal ini tentunya kurang pas dengan keluarga2 +62 yang ingin bepergian jarak jauh atau sekedar rekreasi dalam kota. Selain karena ukurannya lebih kecil tentunya tidak bisa memuat banyak orang, barang, oleh2,pakaian kotor dll mobil listrik juga tidak bisa digunakan dalam jarak jauh karena dikhawatirkan baterai listrik tersebut sudah keburu habis di tengah perjalanan.

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Kecuali kalo pake mobil listriknya kaya yang diatas itu ya, dijamin ga perlu ngisi2 lagi asal pikachunya sehat terus emoticon-Ngakak canda gan emoticon-Shakehand2

Quote:


Jika mobil konvensional hanya perlu mengisi BBM beberapa menit, bahkan kurang dari lima menit hingga tangki penuh. Namun hal itu tidak dengan mobil listrik, pengisian daya baterai bisa memakan waktu antara 4-6 jam hingga penuh.

Hal ini tentu akan menimbulkan banyak masalah untuk warga +62 dikarenakan tuntutan pekerjaan atau sosial ditengah kemacetan parah (kondisi normal bukan pandemi) mengharuskan kita senantiasa mengejar waktu. Di negara2 maju sana, rata2 jam kerjanya 10 to 5, sedangkan di negara kita banyak yang harus memanaskan mesin mobil atau motor di jam 4 atau 5 pagi karena telat sedikit kemacetan akan semakin parah lalu makin kesiangan sampai kantor ( rata2 jam masuk kerja atau absen pagi 07.30-08.00). Ga kebayang deh gimana chaosnya kalau lupa ngecas mobilnya semalem terus abis sebelum sampe kantor emoticon-Takut

Sumber : liputan6.com

Quote:


Baterai mobil listrik saat ini ternyata harus rutin dilakukan penggantian setiap 3-10 tahun sekali. Tapi hal itu tergantung dari jenis dan penggantian baterai. Ada beberapa jenis baterai atau jenis ATPM yang umur baterainya singkat. Ada juga yang cukup lama bertahan. Loh kenapa harus takut ganti baterai? Bukannya ganti baterai pada mobil listrik itu ibarat ganti pelampung bensin pada tangki bensin atau seperti servis kuras tangki bensin? Jawabannya ada di fakta unik nomor selanjutnya 😎

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Quote:



Nahh ini ternyata penyebab mengapa hati bagai teriris tiap membayangkan selama periode 3-10 tahun sekali harus mengganti baterai. Hal ini disebabkan harga baterainya mampu mengalahkan harga part atau sparepart lainnya. Untuk saat ini tentu tidak tepat jika penggunaan mobil listrik diterapkan kecuali mungkin anak sultan yang kebanjiran uang di tengah kondisi dimana jumlah PHK, pengangguran, dan matinya ekonomi meroket pesat dimana sudah bukan lagi resesi ekonomi melainkan depresi ekonomi. Belum lagi dengan resiko2 akan banyak kasus pencurian baik dengan kekerasan maupun tidak demi mendapatkan harta yang paling berharga dari sebuah mobil listrik yaitu baterainya. Jika kita cukup peka dengan situasi sekitar kita sekarang makin merajalelanya kasus2 kriminal yang banyak didominasi pencurian, pembegalan, perampokan, penjambretan dan kasus2 lain yang jika ditarik benang merahnya maka ekonomi adalah triggernya emoticon-Turut Berduka

Sumber : energy.gov

Quote:


9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Ada sebuah mobil listrik yang diperuntukkan untuk mereka yang berkursi roda. Namanya Kanguru,bahasa hungaria dari kangguru, namun sayangnya bahkan di negara asalnya sendiri dari 3.3 juta warga negara AS yang menggunakan kursi roda hanya sedikit yang mampu membeli van kecil seharga $80,000 itu. Bayangkan jika itu masuk indonesia, harganya akan meningkat berkali2 lipat karena ada pajak dll emoticon-Frown
Yang ane harap si sebelum mobil listrik jenis tersebut masuk ke Indonesia infrastruktur jalan dan sarana serta prasana umum kita sudah harus ramah kaum difabel dan tentunya tidak hanya di pusat ibukota melainkan sampai ke pelosok desa 🙏🙏

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Sumber : kengurucars.co.uk

Quote:


Karena bahan utamanya bukanlah bensin melainkan listrik maka tidak semua daerah bisa membiarkan mobil listrik melaju disana. Apalagi di Indonesia dimana ada sebagian daerah yang belum tersentuh listrik, ada juga yang sehari ada listrik, sehari kemudian padam, ada juga yang kadang ada listrik kadang padam. Jadi jika ingin mengadopsi sistem kelistrikan pada mobil tentunya distribusi listrik harus merata ke semua daerah di penjuru negeri

Sumber : detik.com

9 Fakta Unik & Menarik Mobil Listrik. Wahai Warga +62 Apakah Kalian Tertarik?

Sekian tulisan ane, mari lanjut diskusi di thread ini. Kalo agan sendiri sudah siapkah dengan mobil listrik?

Spoiler for Jangan BUKA nanti ADIKSI :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luqman miracle
Token listrik depan kontrakan udah bunyi2 dari abis maghrib nyimak emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiliberalisme dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
Kalo ane si ga siap soalnya harga mobilnya katanya MAHAL BANGET belom spare partnya belom ngecasnya ahhhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiliberalisme dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Itu denger2 yang ngekasusin ke Tesla ya? Yang orang ditabrak itu ya? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luqman miracle dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 40 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 40 balasan
Mobil esemka aja gan diseriusin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiliberalisme dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Kalo ane si kalo harganya udah murah ane pasti beli emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiliberalisme dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Wah keren banget deh kalau sampe mobil listrik masuk dan dipakai di Indonesia uda berasa maju deh wkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kecewa sama agan @kaskuskreator01 trit ane ini dibilang ga nyantumin sumber padahal ada diatas 3 (diatas minimal kewajiban) referensi yang ane masukin. Udah ane pm beliau tapi belum dibales2. Semoga ada titik terang emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiagnostik dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap pak eko

emoticon-Wagelaseh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antimurtadan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luqman miracle


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di