CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6012796fdbf76464323e8665/bagaimana-merawat-bayi-kucing-tanpa-induk

Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk

Saat Induk Kucing Abai Setelah Melahirkan Anaknya

Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk


Jumpa lagi gansis, hari ini ane lagi bahagia si empus kemarin sore melahirkan 5 anak kucing yang lucu-lucu. Ini adalah kelahiran yang ke 3, setelah sebelumnya Empus melahirkan satu ekor dan 3 ekor anak kucing.

Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
Dok.pri


Awalnya si Empus kucing liar yang kebetulan tiap hari datang ke rumah, saking seringnya dia datang ane bela-belain sediain makanan kucing, eh lama-lama betah banget di rumah ane, bahkan lemari samping jadi tempat dia lahiran. Sekarang makanan kucing buat si empus dan anak-anaknya menjadi salah satu yang masuk dalam daftar belanja bulanan ane. Melihat kucing-kucing itu terlihat sehat dan lucu bagi ane merupakan hiburan teraendiri.

Sering kita liat kucing liar yang melahirkan anaknya di semak atau di pekarangan rumah, terkadang beberapa anak kucing itu bernasib malang dibiarin begitu saja dan ditinggal pergi oleh induknya, selain kucing liar ada juga kucing rumahan yang bernasib sama entah karena induknya tidak mau mengurus/menyusui anak-anaknya atau bisa juga induk kucing mati atau hilang.

Kita tentu tak bisa ikut abai melihat bayi-bayi kucing yang tak terawat, karena kemungkinan bayi kucing akan mati bila dibiarkan begitu saja. Berikut beberapa tips untuk merawat bayi-bayi kucing tanpa induk.

Pertama kita lihat apakah bayi kucing sudah bersih atau belum, beberapa induk mungkin sempat membersihkan bayinya, tapi ada juga yang ditinggal langsung sesaat setelah lahir. Bila masih terdapat plasenta/ ari-ari yang menempel, bersihkan agar tidak menimbulkan bau selain itu plasenta juga membuat anak kucing sulit dalam bernafas. Gunakan perlengkapan yang bersih dan higienis, dianjurkan memakai sarung tangan.


• Tempat yang nyaman
Bayi-bayi kucing seperti halnya bayi manusia membutuhkan kehangatan lebih, bila induk tidak ada untuk menghangatkan dengan bulunya, maka kita harus menyediakan tempat yang kering dan hangat. Sediakan kotak dengan lapisan kain/selimut/handuk yang bersih dan kering agar bayi kucing merasa nyaman dan hangat, bila perlu tambahkan lampu untuk menambah kehangatan.


• Susu
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk


Setiap bayi membutuhkan susu dari ibunya demikian juga bayi kucing. Namun hati-hati dalam pemberian susu untuk anak kucing, usahakan memberikan susu khusus kucing. Jangan pernah memberikan susu kental manis pada kucing karena bisa merusak pencernaan si kucing kecil. Bila sulit mendapatkan susu kucing dapat menggunakan susu bayi, diutamakan susu bayi baru lahir.

Berikan susu dengan dot khusus kucing atau dengan kapas basah, bisa juga dengan pipet yang diteteskan perlahan melalui samping mulut, memberikan minum dari depan lurus ke rongga mulut kucing dapat menyebabkan air masuk ke paru-paru.


• Bersihkan
Bayi kucing mempunyai siklus tidur yang panjang, oleh karena itu penting untuk membersihkan mata kucing dari kotoran yang menumpuk. Kotoran mata membuat kucing susah/tidak bisa membuka matanya.
Gunakan kapas yang diberi air hangat kuku, usapkan perlahan pada mata kucing. Selain mata bersihkan juga hidung dan bagian belakang.
Bisa juga gansis usap badan kucing dengan waslap dan air hangat lalu lekas keringkan.


• Pijat perut
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk


Mungkin banyak yang belum paham kalau induk kucing menjilat perut anaknya selain untuk membersihkan juga untuk merangsang pencernaannya. Jadi dianjurkan untuk memijat perut bayi kucing secara perlahan juga pada bagian genital untuk memperlancar bayi kucing membuang kotoran, bisa menggunakan kapas dengan air hangat untuk memijat- mijat dan merangsang pembuangan kotoran.

Usahakan langsung membersihkan kotoran kucing agar sarangnya tetap bersih dan nyaman.

Untuk tambahan bisa menjemur anak kucing pada pagi hari sekitar jam 8n sebagai asupan vitamin D, dianjurkan pula membawa ke dokter hewan untuk vaksin.

Demikian gansis beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat bayi kucing tanpa induk, yang terpenting adalah ketelatenan dan kesabaran terutama untuk beberapa minggu pertama. Kasih sayang dan kepedulian bisa jadi penentu kelangsungan hidup anak-anak kucing yang terlantar.

Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
Dok.pri ( anaknya empus)

Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
Si empus


Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber:
Pendapat pribadi
bayi kucing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
Halaman 1 dari 2
Anaknya si empus.
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Masih gadis dulu punya kucing
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ga tega deg kalo liat kucing masi keciil gitu🥺
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk

Lolos Kreator ✏️ emoticon-shakehand
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cie yang kucingnya baru lahiran, tritnya bahas kucing juga emoticon-Ngakak
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi keinget dulu pernah adopt anak kucing liar yg ditinggal induknya di kampus ane.. Bersyukur sih bisa tumbuh gede sampe bisa punya anak sendiri dia..
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lutju amat
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bayi kucing aja dirawat apalagi bayi kita nanti emoticon-Leh Uga
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wuihhh kebetulan ane juga punya bayi kucing terlantar! Untung ketemu thread ini, Thanks ya gan nice thread! Semoga sehat sampe gede
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Diubah oleh citra1717
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah nice info sangat bermanfaat untuk pawrents
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Suka geli sama anak kucing, tapi lucu
Agak ribet dikit ya kalo induknya gak ada..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emang butuh kesabaran dan ketelatenan yang ekstra sih kalo ngadopt bayi kucing begini
sehat yh ucing imut
Makasih gan infonya, bagi yg suka merawat kucing boleh di tiru nih
wah kasian banget dah kalau liat bayi kucing ini kalau udah gaada induknya pengen ane rawat semua dah tapi apa daya gaada tempat dan biaya
lucu banget nih gan sis kucing nya ane bakal coba rawat deh gan sis kalau nemu kucing tanpa induk lewat cara agan sisturr
makasihh gan sis infonya menarik dan bermanfaat banget dah buat ane jadi tau lebih bnnyak nih ane tentang perawatan kucing kaya ginii
Mantaaaap
Ane gagal mulu gedein kucing kecil...nih 2 kali kejadian. Yg pertama kucingku disecar krn dia udah ga kuat ngejan...jalannya ngesot...krn secar plus steril jadi gabisa nyusuin dan ngurus anaknya tuh...malah gada yg selamet anaknya...ada 1 yg sampe usia 3 bulanan....tapi hilang emoticon-Frown

Yg kedua barusan kmrn, pdhl anak2nya udah gede 2 bulanan....induknya disteril biar ga nambah lagi kucing di rumah....eh...malah mati satu persatu, kayanya sakit...krn setelah mrk mati tuh kucing2 yg gede pada bergiliran kena sakit mata parah. Ckckck
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wahh imut sekalii yah gannn baby kucing inii
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di