CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6011e890c820844248456a9c/cepat-tanggap-seorang-dokter-berhasil-selamatkan-bocah-asfiksia-apa-itu-asfiksia

Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?

Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?

Bahayanya asfiksia jika tidak lekas mendapatkan pertolongan, dapat merenggut nyawa!

Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?


Asfiksia, adalah kondisi dimana kadar oksigen di dalam tubuh berkurang.
Kondisi asfiksia ini dapat merenggut nyawa penderitanya jika tidak lekas mendapatkan pertolongan dari dokter atau team medis dengan peralatan khusus dan cara penanganan yang tepat.

Gejala asfiksia adalah gangguan peredaran oksigen mulai dari menghirup udara menggunakan hidung dan mulut, yang kemudian akan masuk ke paru-paru, diedarkan oleh darah ke jantung dan diedarkan kembali ke seluruh jaringan tubuh.
Saat terjadi gangguan tersebut, maka penderitanya akan mengalami dampak sesak napas dan kesulitan untuk menarik dan menghembuskan napas!

Lebih berbahayanya lagi, karena kesusahan dalam menarik dan menghembuskan napas, karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan saat proses pernapasanpun juga tidak dapat dikeluarkan. Kondisi ini juga sangat membahayakan korban asfiksia.


Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?


Melihat bahayanya gangguan asfiksia ini, tentu pertolongan pertama pada asfiksia harus diperhatikan dan diketahui oleh banyak orang, agar saat ada orang yang mengalami gangguan tersebut kita dapat melakukan pertolongan secara cepat dan tepat.

Namun sebelum kita membahas tentang penanganan asfiksia, Agan dan Sista perlu melihat kejadian viral yang berhubungan dengan asfiksia yang satu ini!

Beredar sebuah video yang dibagikan oleh akun Instagram @makassar_iinfo, yang memperlihatkan seorang anak balita tengah mengalami gangguan asfiksia di dalam sebuah lift.
Jika dilihat dari rekaman video, kejadian ini bukan terjadi di Indonesia, melainkan di Negara lain.

Dalam kejadian ini, terlihat seorang ibu kebingungan karena anaknya kesusahan dalam bernapas. Untung saja di tempat tersebut terdapat seorang Dokter yang dengan tanggap membantu si anak yang mengalami asfiksia.

Dengan gesit dan cekatan, sang Dokter mengambil sang anak dari ibunya dan melakukan pertolongan dengan menengkurapkan anak tersebut dan dipukul-pukul pada bagian bawah tengkuk.
Tidak berapa lama anak tersebut menangis dan kembali dapat bernapas dengan lancar setelah diberikan pertolongan oleh sang dokter.

Di bawah ini video viralnya!


Spoiler for Viral Bocah Asfiksia:


Jika melihat dari video tersebut, hal yang paling utama dalam penanganan korban asfiksia yaitu tetap tenang dan tidak melakukan sesuatu yang membuat gugup penderita asfiksianya ya GanSis.
Pengurangan jumlah orang dalam satu ruangan juga dapat dilakukan guna untuk dapat memberikan sirkulasi udara yang lancar.

Namun lebih tepatnya dalam menangani asfiksia, Agan dan Sista dapat melakukan hal-hal ini:


1. Membawa penderita gejala asfiksia ke UGD Rumah Sakit
2. Memberikan alat bantu pernapasan
3. Memberikan obat-obatan khusus untuk penderita asfiksia
4. Tidak melakukan sesuatu yang membahayakan bagi penderita asfiksia


Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?


Selain cara penanganan asfiksi, kita juga harus paham cara pencegahannya GanSis. Di bawah ini beberapa cara untuk mencegah asfiksi:


1. Istirahat cukup
2. Mencukupi kebutuhan cairan
3. Menghindari polusi udara
4. Rajin olahraga
5. Tidak merokok
6. Makan makanan bergizi
7. Selalu menjaga kebersihan diri dan tempat
8. Tidak berlebihan berat badan


Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?


Gejala asfiksia ini bukan sebuah gejala yang dapat disepelekan ya GanSis, meskipun sangat jarang orang yang mengalami gejala asfiksia, namun kita tetap harus waspada dan paham terhadap asfiksia agar kita mengalami kebingungan dan kegugupan secara berlebihan sampai kita lupa cara untuk memberikan pertolongan pertama.

Ada satu lagi pesan moral yang dapat ane ambil dari video viral di atas, yaitu kepedulian dan respect terhadap sesama. Kita sebagai makhluk sosial yang dibekali hati nurani, maka harus membantu dan cepat tanggap saat melihat orang-orang di sekitar membutuhkan bantuan!


Cepat Tanggap, Seorang Dokter Berhasil Selamatkan Bocah Asfiksia! Apa Itu Asfiksia?



Penulis: @masnukho ©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi dan gambar
1, 2, 3

emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Matabelo Alhamdulillah untung selamat
profile-picture
syafetri memberi reputasi
emoticon-2 Jempol hati-hati ya gaes
profile-picture
syafetri memberi reputasi
Menarik sekali gan, sehingga tetap bisa dikondisikan biar tetap sehat. Hal ini tentu saja membuat anak menjadi tidak nyaman. Selanjutnya silahkan bisa dilihat bagaimana biar tetap sehat.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Seremm bangett nggak kebayang itu kaya gimana paniknya si ibu saat anaknya mengalami hal seperti ini
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Beruntung ada dokter yang sigap sehingga anak tersebut bisa diselamatkan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-2 Jempol bwner banget gan

Quote:

Oke, siap

Quote:

emoticon-Matabelo pasti panik banget gan, untung ada dokter sigap

Quote:

emoticon-2 Jempol iya gan, sangat beruntung sekali karena asfiksia ini tidak membutuhkan waktu lama untuk merenggut nyawa
Ngeri juga ya.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dokter yg memiliki multi spesialis (pengalaman banyak) biasanya memiliki repon cepat jika situasi tak terduga walau bukan jobnya emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nomor 1 sering istirahat kok

nomor 2 gampang, sejam sekali ane minum segelas air putih, meski bolak-balik ke wc

nomor 3 yg susah gan, apalagi kalo tinggal di jekardah yg tiap hari hirup udara kotoremoticon-Leh Uga

nomor 4 sih bisa, lagi pelajari yoga dari youtube

nomor 5 gampanglah nyetopnya

nomor 6 makan makanan bergizi ane sekarang lagi menuju jadi vegan nihemoticon-Cool
kan sayuran murah di indoemoticon-Ngakak

nomor 7 ane udah bersih, saking resiknya ane selalu lap semua sampe gagang pintu dan remote ac setelah service ac

nomor 8 ane justru butuh lemakemoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane masih punya pertanyaan mungkin ada yg bisa bantu
Penyakit ini bawaan atau penyakit tiba2 kaya panas dalam atau apa ya? emoticon-Bingung

Dan apakah penyakit ini hanya pada saat umur balita atau umur siapapun?
profile-picture
profile-picture
cewieClown dan masnukho memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
kalo di INA , dibilang positif covid dah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Bisa tiba-tiba karena beberapa alasan gan, banyak di kalangan usia bayi tapi ada juga di usia dewasa

Quote:

emoticon-Matabelo bisa jadi
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mo play videonya tp ko ragu .. emoticon-DP
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Hooooo ane baru paham nih soal asfiksia, ilmi baru
profile-picture
masnukho memberi reputasi
alhamdulillah selamat, baru tau mengenai asfiksia ini, nice thread gan.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Salut buat dokternya sih, alhamdulillah bisa selamat, untung rumah sakitnya ngga penuh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo ragu kenapa

Quote:

emoticon-2 Jempol iya gan

Quote:

emoticon-2 Jempol terima kasih gan

Quote:

emoticon-Matabelo itu malah di lift gan nolongnya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Salut banget sama dokternya bisa gercep, kalo di sini kira-kira gimana ya? bakal ditindak dulu atau nunggu dibayar dulu ya
Baru tau ada penyakit namanya ini, salut sih buat yang gercep2 gitu
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di