CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60113e049a972e3e6343270f/mereka-yang-putuskan-lepas-jilbab-saya-bicara-pada-tuhan-untuk-melepas

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Ilustrasi Jilbab. [Dok.Pixabay]

BeritaHits.id - Pemakaian jilbab menjadi kontroversi di kalangan publik seusai mencuatnya kabar siswi di Padang, Sumatera Barat dipaksa memakai jilbab saat sekolah. Padahal, siswi tersebut tidak beragama Islam.

Banyak pihak menilai penggunaan jilbab merupakan bentuk penghormatan terhadap pemilik agama mayoritas di sebuah wilayah.

Alasan lain yang muncul di tengah pemaksaan penggunaan jilbab datang dari eks Wali Kota Padang, Fauzi Bahar.

Fauzi menyebut siswi diwajibkan memakai jilbab agar bisa terhindar dari gigitan nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah (DBD).

"Kalau menggunakan pakaian pendek, siswa tidak sadar mereka digigit nyamuk saat belajar. Dengan seluruhnya tertutup, maka hal itu tidak akan terjadi," kata Fauzi.

Di tengah arus pemaksaan mengenakan jilbab, ada
perempuan memilih melawan arus tersebut.
Dikutip dari DW Indonesia , Mereka memutuskan untuk tak lagi mengenakan jilbab yang selama ini menutupi kepalanya.

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Dewi Susanti ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Salah satunya Dewi Susanti yang memutuskan melepas jilbabnya setelah mengenakan selama dua tahun.

Ia mengaku merasa menjadi dirinya sendiri dan bebas dalam mengekspresikan dirinya.

"Saya tak berjilbab lagi karena tidak sesuai dengan kata hati saya," kata Dewi dikutip dari DW.com -- jaringan Suara.com, Rabu (27/1/2021).

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Nisa Alwis ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selain itu, Nisa Alwis, seorang pemilik pesantren di Pandeglang, Banten warisan sang ayah yang lulusan Madinah, Arab Saudi juga memilih menanggalkan jilbabnya.

Setelah 30 tahun memakai jilbab, Nisa memilih membukanya dan mendorong perempuan berbusana sesuai budaya Indonesia.

"Saya merefleksikan kembali nilai-nilai keislaman setelah saya mendalami filsafat," ungkapnya.

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Stania Puspawardhani ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula kisah Stania Puspawardhani yang memutuskan membuka jilbabnya pada 2013. Meski tak memakai jilbab, ia terus berusaha menunaikan rukun Islam sebaik mungkin.

Stania juga sempat membacakan Hijabi Monologues dalam acara di sebuah kedutaan besar yang menentang stereotip perempuan berhijab.

"Setelah perjalanan pribadi dan profesional saya beberapa tahun terakhir, saya berbicara pada Tuhan 'Saya tidak pakai jilbab ya'" ujarnya.

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Eli Almira ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula Eli Almira yang memutuskan melepas jilbab. Sejak kecil ia diminta orang tuanya untuk memakai jilbab dengan alasan jilbab wajib untuk perempuan dan akan mendapatkan hukuman di akhirat bila tidak mengenakannya.

"Tuhan jadi sosok yang menakutkan. Jilbab jadi identitas yang tidak diminta tapi wajib dipatuhi. Saya merasa bukan menjadi diri saya sendiri dan selalu berpura-pura menjadi sosok yang ideal di mata orang lain," tuturnya.

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Sindy Nur Fitri ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selanjutnya Sindy Nur Fitri juga memutuskan melepas jilbab yang telah digunakannya selama 7 tahun.

Saat ia menempuh pendidikan di Inggris pada 2017, Sindy memutuskan tak berjilbab. Keputusannya itu sempat menjadi pertanyaan keluarga tanpa mempersoalkan keputusannya.

Rekan-rekan kantornya juga sempat menanyakan alasan Sindy melepas jilbab, sesama diplomat bisa memahami keputusannya.

"Saya ingin orang menilai saya apa adanya," tuturnya.



https://hits.suara.com/read/2021/01/...eadline_hits_1



profile-picture
profile-picture
profile-picture
abigorgrind dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tinggal dilingkungan agamis dan judgmental trus lepas hijan setelah bertahun2 pake siap2 telinga merah
Solusinya? Siap dg konsuekensi bakal di ceramahin ini itu taw kyk gw aja jd kerdus alias kerudung dustahh emoticon-Cool
Alhamdulilah sejak on off buka hijab rambut jd lebih sehat dn tidak sering lepek emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mau pake jilbab tidak menjamin lu masuk surga

emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Jilbab gak jilbab yang penting tundukkan pandanganmu.
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
melepas jilbab ga membuatmu masuk neraka.

yang membuatmu masuk neraka adalah kalau kamu membunuh, memperkosa, menghujat, menzholimi, dan memfitnah orang lain.

calon penghuni neraka yang nyata adalah kadrun dan cebong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dari wawancara kerja yang saya lakukan pas membawahi dept HRD, kebetulan lembaganya nggak mau terima orang yang pakai penutup kepala saat kerja karena itu seragam secara global, mayoritas pakai penutup kepala itu karena tekanan keluarga atau pergaulan, bukan karena maunya sendiri. jadi mereka sih nggak masalah lepas penutup kepala pas kerja, pergi & pulang tetap pakai penutup kepala. banyak juga yang nggak jadi diterima kerja karena keluarga nggak setuju atau diancam nggak ditemani, bahkan ada yang diancam diputus oleh pacarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
dari wawancara kerja yang saya lakukan pas membawahi dept HRD, kebetulan lembaganya nggak mau terima orang yang pakai penutup kepala saat kerja karena itu seragam secara global. mayoritas yang diwawancara pakai penutup kepala itu karena tekanan keluarga atau pergaulan, bukan karena maunya sendiri. jadi mereka sih nggak masalah lepas penutup kepala pas kerja, pergi & pulang tetap pakai penutup kepala. banyak juga yang nggak jadi diterima kerja karena keluarga nggak setuju atau diancam nggak ditemani, bahkan ada yang diancam diputus oleh pacarnya.
Boleh tau apa sih manfaat hijab itu di dunia gan?

Istri2 Nabi Muhammad saja dulu kan tidak berhijab.

Beliau pun juga tidak menggubris ketika Umar mengusulkan agar istri2 beliau dihijabi dan supaya ayat hijab diturunkan.

Sampai Umar memergoki istri beliau yg sedang berak.

Barulah dengan segera ayat hijab diturunkan.

Jadi jelas hati nurani Rasul sendiri sebenarnya tidak senang dengan hijab.

Tapi terpaksa menurunkan ayat hijab karena cemas apabila Umar kedepannya melakukan hal ekstrim seperti itu lagi ke istri2 beliau yg lain.
Naudzubillah..

  • Hadits Bukhari Nomor 143
    https://hadits.net/hadits/bukhari/143/

    حَدثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدثَنَا الليْثُ قَالَ حَدثَنِي عُقَيْلٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَن أَزْوَاجَ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ كُن يَخْرُجْنَ بِالليْلِ إِذَا تَبَرزْنَ إِلَى الْمَنَاصِعِ وَهُوَ صَعِيدٌ أَفْيَحُ فَكَانَ عُمَرُ يَقُولُ لِلنبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ احْجُبْ نِسَاءَكَ فَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَفْعَلُ فَخَرَجَتْ سَوْدَةُ بِنْتُ زَمْعَةَ زَوْجُ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ لَيْلَةً مِنْ الليَالِي عِشَاءً وَكَانَتْ امْرَأَةً طَوِيلَةً فَنَادَاهَا عُمَرُ أَلَا قَدْ عَرَفْنَاكِ يَا سَوْدَةُ حِرْصًا عَلَى أَنْ يَنْزِلَ الْحِجَابُ فَأَنْزَلَ اللهُ آيَةَ الْحِجَابِ حَدثَنَا زَكَرِياءُ قَالَ حَدثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ قَالَ قَدْ أُذِنَ أَنْ تَخْرُجْنَ فِي حَاجَتِكُن قَالَ هِشَامٌ يَعْنِي الْبَرَازَ

    Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair[1] berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits[2] berkata, telah menceritakan kepadaku 'Uqail[3] dari Ibnu Syihab[4] dari Urwah[5] dari 'Aisyah[6], bahwa jika isteri-isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ingin buang hajat, mereka keluar pada waktu malam menuju tempat buang hajat yang berupa tanah lapang dan terbuka. Umar pernah berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, "Hijabilah isteri-isteri Tuan." Namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak melakukannya. Lalu pada suatu malam waktu Isya` Saudah binti Zam'ah, isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, keluar (untuk buang hajat). Dan Saudah adalah seorang wanita yang berpostur tinggi. 'Umar lalu berseru kepadanya, "Sungguh kami telah mengenalmu wahai Saudah! ' Umar ucapkan demikian karena sangat antusias agar ayat hijab diturunkan. Maka Allah kemudian menurunkan ayat hijab." Telah menceritakan kepada kami Zakaria[7] berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usamah[8] dari Hisyam bin 'Urwah[9] dari Bapaknya[10] dari 'Aisyah[6] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Allah telah mengizinkan kalian (isteri-isteri Nabi) keluar untuk menunaikan hajat kalian." Hisyam berkata, "Yakni buang air besar."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mera42
Lihat 63 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 63 balasan
jilbab sudah ada dari abab pertengahan baru ribut sekarang
herannya ribut pas rezim paling pancasila
kenapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Berangkat dari keharusan akhirnya jilbab "dipaksa" jd trend.
Ada 2 type, mereka yg pure jilbaber krn kesadaran, panggilan hati dan jilbober yg terjebak trend.
profile-picture
ridonculous memberi reputasi

Ketika Itu Jadi Trend Gk Masalah

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
Diubah oleh missv4pendeta
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
mukanya jelek2 wajar klo lepas hijab..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
novembermann dan 3 lainnya memberi reputasi
Krn pakaian bs masuk sorga. Murahan amat ya cara nya




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
menurut ane sih jangan gampang ngejudge yak
itu kan perkara penampilan, sukanya mencampurkan iman sama penampilan
masalah neraka surga udah urusan personal sama Tuhan
profile-picture
Cupu1971 memberi reputasi
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Bata (L) ini orang gak tau apa kalo bakal digigit nyamuk

nyamuk ukhti emoticon-Marah nyamuk emoticon-Marah

Quote:



emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh puma2000
Kalo khilafah, mati mereka semua
profile-picture
ridofirman7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di