CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60111f64a72768608e4647aa/ud-quester-cde-250-6x2-rigid---truk-buatan-jepang-dengan-cita-rasa-eropa

UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Nama Nissan Diesel mungkin sudah tidak asing bagi penggemar otomotif Indonesia, produk asal Jepang ini sudah mengaspal sejak 30 tahun yang lalu di Indonesia. Khusus di segmen truk dan bus, pada masanya produk dari Nissan cukup sukses di pasar Indonesia, bersaing dengan merek lain yang juga berasal dari Jepang.

Namun, seiring perkembangan zaman pabrikan asal Jepang ini sudah tidak bisa lagi mempertahankan identitas aslinya. Pada tahun 2007, saham Nissan Diesel dibeli 100% oleh Volvo Group dari Swedia. Nama Nissan kemudian berganti menjadi UD (Ultimate Dependability), perubahan nama ini dilakukan guna memisahkan identitas pabrikan tersebut dari mantan pemilik sebelumnya.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Truk yang akan dibahas.

Ilustrasi: otomotifnet.gridoto.com


Setelah diakuisisi Volvo, tampang produk dari Jepang ini perlahan-lahan berubah seperti bentuk kendaraan yang ada di Eropa, terutama di segmen truk. Meski berubah kepemilikan, DNA Nissan Diesel tetap dipertahankan untuk pasar negara berkembang seperti Indonesia. Truk Nissan generasi terbaru yang dipasarkan di Indonesia tersebut bernama Quester.

Produk tersebut pun diterima cukup baik, dan sampai saat ini sudah banyak varian yang wara-wiri di jalan. Pada kesempatan kali ini TS akan membahas salah satu varian truk buatan UD yang diberi nama UD Quester CDE 250 6x2 Rigid. Langsung saja kita mulai pembahasannya.



UD Quester CDE 250 6x2 Rigid

Produk ini sepengetahuan TS sudah mulai beredar pada tahun 2017 gan sist (cmiiw), pada akhir tahun lalu pihak UD memberi penyegaran pada produknya dengan fitur kekinian. Truk ini termasuk tipe rigid, artinya truk memiliki chasis panjang yang sudah tersambung, sehingga tidak memerlukan trailer tambahan. Pembeli tinggal menambahkan bak, mixer atau box sesuai kebutuhan.

Lanjut ke pembahasan truknya gan sist, seperti judul yang TS tulis. Truk ini memiliki cita rasa Eropa, bisa dilihat dari tampilan grill depan yang besar sekaligus lebar. Hal ini merupakan salah satu ciri truk dari Eropa, terutama dari Swedia. Setelah diakuisisi Volvo, perlahan truk yang dibuat di Jepang ini perlahan berevolusi menjadi seperti truk buatan Eropa.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Tampak depan.

Ilustrasi: udtrucksbogor.blogspot.com


Selain dibekali grill yang lebar, pada bagian lampunya juga cukup unik karena mengusung desain vertikal. Di bagian atas dari lampu berbentuk vertikal ini ada lampu sein, sementara dibawahnya adalah lampu utama. Sedangkan lampu belakangnya berbentuk horizontal memanjang.

Sementara itu pada bagian pintunya dibuatakan masing-masing 3 buah pijakan kaki untuk naik ke kabin truk. Pada masing-masing pintu juga terdapat logo CDE 250 dengan aksen krom.

Tuk ini dibekali 3 buah wiper, untuk membersihkan secara maksimal karena ukuran kacanya lebih lebar. Selain itu truk UD Quester ini sudah dibekali blindspot mirror pada bagian kiri, posisinya berdekatan dengan spion utama. Blindspot mirror merupakan pendamping dari spion standard dan hanya untuk dilihat sesaat untuk memantau kondisi yang lebih luas.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Blindspot mirror.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tanto Jalan Jalan


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Pijakan kaki untuk naik ke kabin truk.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Lampu belakang.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Seputar Tambang


Beralih ke sisi interior gan sist, truk ini sudah dibekali tempat tidur untuk akomodasi perjalanan jauh. Sehingga sopir bisa bergantian untuk istirahat. Pada bagian tengah kabin terdapat cup holder berukuran besar yang bisa digunakan untuk wadah botol air mineral ukuran besar.

Sebagai tambahan, tuas lampu sein truk Quester berada di sebelah kiri (bawah setir), sementara di bagian kanan adalah tuas exhaust brake. Fitur ini merupakan ciri khas truk Eropa, bagi agan yang biasa mengemudikan mobil Jepang pasti familiar dengan tuas lampu sein di sebelah kanan (Japanese Style), namun pada Quester tuas lampu sein ada di kiri.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

European Style, tuas lampu sein di kiri emoticon-Big Grin

Ilistrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tukang review chanel


Sama seperti dua truk yang pernah TS buatkan thread sebelumnya, UD Quester CDE 250 sudah dilengkapi MID alias Multi Information Display. Fitur ini biasanya berisi informasi berupa tanggal, waktu dan instrumen eco driving. Dalam instrumen eco driving disini, sopir akan bisa melihat cara mengemudinya, apakah cara mengemudinya irit atau boros bahan bakar.

Kabinnya juga sudah dilengkapi head unit yang terdiri dari radio, mp3, serta tombol AC. Tempat duduk sopir pun sudah dibekali air suspension, di mana pada tempat duduk sopirnya terdapat tombol untuk mengatur tingkat kelenturan kursi tersebut. Sehingga dalam perjalanan sopir merasa nyaman dan tidak merasakan getaran yang biasa dialami saat mengemudikan truk konvensional.

Di dekat head unit juga terdapat beberapa kompartemen yang terbuka, selain itu di bagian atap kabinnya juga terdapat kompartemen tambahan untuk menyimpan dokumen atau barang.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Cup holder di bagian tengah kabin, di belakangn kursi sopir ada tempat tidurnya.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Head unit yang terdapat radio, mp3 dan pengaturan AC.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tanto Jalan Jalan


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Speedometer dengan tambahan fitur MID.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Kompartemen penyimpanan di dashboard dan di bagian atas.

Ilistrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tukang review chanel



Dibekli Teknologi Bogie Lift

Seperti yang TS tulis di awal, truk ini berkonfigurasi penggerak roda 6x2 gan sist, dimana roda yang paling belakang berfungsi sebagai tambahan untuk membantu menopang beban muatan truk. Truk Quester 6x2 ini pada roda bagian belakangnya tidak dilengkapi gardan, gardan ini hanya ada pada roda di depannya (roda tengah).

Ketika truk sedang dalam muatan kosong, roda paling belakang bisa diangkat ke atas. Hal ini tentu akan menghemat ban sekaligus bahan bakar, karena roda yang bergerak tidak terlalu banyak. Fitur ini dikenal juga dengan nama bogie lift.

Cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah, sopir tinggal menekan tombol bogie lift yang terdapat di dekat head unit. Untuk mengembalikan roda ke posisi semula juga menekan tombol yang sama.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Tombol bogie lift, untuk mengangkat roda paling belakang.


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa


Posisi saat tombol bogie lift aktif, roda akan terangkat.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil


Truk Quester CDE 250 punya 4 varian wheelbase mulai dari 4.3 m, 5.1m, 5.6 m dan 6.1 m. Whelbase pada varian 6x2 tersebut dihitung dari sumbu roda depan sampai sumbu roda tengah. Total panjang keseluruhan truk ini bisa mencapai 12 meter.

Untuk fitur keamanannya juga sama dengan truk modern fitur itu seperti ABS, full air brake, emergency-cutoff, dan indikator reverse alarm. Selain itu truk juga dibekali sensor parkir serta kamera belakang, sehingga sopir tidak perlu lagi membutuhkan arahan tukang parkir.

UD Quester ditenagai oleh mesin diesel GH8E common rail 6 silinder segaris Euro 3, berkapasitas 8 liter dengan transmisi manual 9 kecepatan serta tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 250 horse power. Kode angka 250 pada truk Quester ini menunjuklkan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan. Untuk torsinya adalah 950 Nm.

Selain digunakan untuk keperluan angkut logistik, UD Quester juga membuat varian khusus yang digunakan untuk keperluan truk tangki BBM Pertamina. Bagi para pengusaha truk yang mungkin merasa berat membeli truk Eropa, UD Quester mungkin bisa menjadi solusi, karena menawarkan truk buatan Jepang dengan cita rasa Eropa. Apalagi mesin yang digunakan adalah mesin milik Volvo yang sudah terkenal kehandalannya. Untuk harga yang ditawarkan mulai di kisaran Rp 700-900 juta (cmiiw, harga sewaktu-waktu bisa berubah).


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Ilustrasi: www.seva.id


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid

Negara Pembuat: Jepang
Pabrikan: UD
Wheelbase: 4.3 m, 5.1m, 5.6 m dan 6.1 m
Total Panjang Truk: 12 m
GVW (Gross Vehicle Weight): 26.000 kg
Mesin: GH8E Euro 3, 6 silinder segaris 9 speed manual, dengan kapasitas 8 liter
Tenaga: 250 HP
Torsi: 950 Nm
Harga: Rp 700-900 juta (bisa berubah sewaktu-waktu)
Dipasarkan Oleh: PT UD Astra Motor Indonesia



Spoiler for Video Tambahan:



Demikian sedikit ulasan tentang truk UD Quester CDE 250 6x2 Rigid, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru buat kita semua di bidang angkutan logistik. Jika agan dan sista menyukai tulisan ini jangan lupa untuk rate 5, cendol, share dan komen. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image, Youtube
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Membahas truk gede lagi, jangan lupa komeng gan emoticon-Big Grin

UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
blindspot mirror penting bgt di Indonesia...

Soalnya banyak motor nyelip² diantara mobil.
Apalagi pas lampu merah, motor bisa berhenti nyelip di deket truk...emoticon-Hammer (S)

ehm, tumben gak ada mbak² yg jualan mobil...emoticon-Hammer (S)
UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Inget dulu Nissan diesel UD (tulisan kecil), lalu lama lama hilang jadi UD tanpa Nissan diesel.. emoticon-Big Grin
Ternyata sudah diakusisi Volvo trucks, pantesan Quester mukanya Eropa banget.

UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Kalo Kuzer kayanya kurang laku

UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa

Kenang kenangan IIMS Juli 2019..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jlamp
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
UD punya astra yah, bukannya United Tracktor.
Masih belum paham kenapa volvo beli nisan diesel trus ganti nama dan teknologi, apakah sekedar membunuh pesaing.

Penggunaan sumbu banyak seperti pada bus 6x2 ini tentu diharapkan sebagai jawaban atas kerusakan jalan raya yang diakibatkan beban berlebih. Mungkin sebaiknya dibuat aturan khusus untuk muatan beban lebih dari sekian ton pabrikan harus membuat sumbu 4, 6 dst sehingga beban terbagi ke setiap roda sehingga meringankan beban yang di tanggung oleh aspal/jalan.

saat ini kita masih melihat truk ukuran besar dengan panjang sampai sepuluh meter hanya di topang oleh 2 sumbu belum lagi truk ODOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bener kata TS ini truk Jepang rasa Eropa tapi harganya ta semahal truk Eropa. Fitur termasuk lengkap. Banyak jadi pilihan pengusaha logistik karena solarnya termasuk irit. Bagi sopir truk yg terbiasa bawa Hino n Fuso series akan merasa bahwa truk ini seperti kurang tenaga ditanjakan sehingga sering gak pede libas tanjakan terjal. Kuat nanjak tapi lemot. Bisa jadi karena karakter fuel pump yg berbeda dengan truk kebanyakan yang istilahnya digas langsung naik rpmnya n terasa tenaganya. Termasuk susah distel jg buat memperbaiki karakter tenaganya. Kekurangan lain yaitu harga spare part nya yg termasuk mahal dan susah cari part alternatifnya. Bisa KW atau part yg sama yg dipakai truk lain. Kelemahan ini emang udah sejak dulu ketika masih bermerk Nissan Diesel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lampunya irit banget ya ,semacam pelit lampu utama gila kecil banget ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
Oke thx infonya emoticon-Matabelo
emoticon-Recommended Seller

Banyak info yg baru tahu...

Nih truk trailer juga mulai banyak yang pakai... Soalnya sering ketemu di jalan tol atau sekitar Jatake-Bitung, Tangerang. emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


setuju gan, dan kalau ada pengendara motor yang sampe kelindes jadi rempeyek pasti nyalahin sopir. padahal itu salahnya sendiri yang salah posisi saat lampu sudah hijau atau saat hendak menyalip truk muatan berat tapi tidak memperhatikan kondisi sekitarnya emoticon-Cape d...



Quote:


kuzer masih terkesan kaku tampangnya gan, kalau heavy dutynya lumayan laku emoticon-Big Grin



Quote:


kayaknya ada masalah keuangan di nissan, jadi diakuisisi gan, cmiiw

untuk aturan muatan, ane setuju dengan agan. masalahnya aplikasi aturan tersebut dilapangan cukup sulit, yang pertama dibenahi menurut ane adalah aksi pungli di jalan. karena pengusaha membuat truk odol untuk melakukan pengiriman barang sekali kirim saja dengan satu truk. karena dengan 2 truk ongkosnya jadi mahal kaena kena pungli, meski bisa diakali dengan lewat tol. namun, gak terus2an truk akan lewat tol. cmiiw.




Quote:


wahh mantap, nambah wawasan ane gan, makasih udah share emoticon-Nyepi


masalah part memang menjadi masalah gan, di daerah ane kelas heavy duty dikuasai hino rata2. mungkin masalah part ini bisa dicarikan solusi kedepannya, dengan harga yang gak terlalu mahal dan sudah dapat fitur khas Eropa itu cukup menarik juga emoticon-Big Grin



Quote:


ane juga merasa begitu gan, kurang gede lampu utamanya


Quote:


kata temen ane penjualannya cukup stabil gan, terus bertambah walau cuma perlahan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fansdemilovato dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dlu waktu sd taunya ud= usaha dagang emoticon-Ngakakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Truk blasteran favorit ane nih.. truk jepang yang bisa dibilang punya taste eropa banget. emoticon-2 Jempol
Sedikit koreksi gan. Untuk aplikasi mixer biasanya nggak pake CDE tapi CWE ganemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
Diubah oleh alketam
Baru tahu istilahnya bogie lift. Pernah lihat truk yang ban belakangnya diangkat kayak gini di jalan Boyolali-Solo dan Jogja-Solo, gak tau truk merek apa emoticon-Big Grin

Harganya lumayan terjangkau juga. Bahkan Tesla Model S pun kalah murah emoticon-Ngakak (S)
BTW kenapa truk model Eropa grill depannya gede? Buat gedein input udara kah?

Terakhir, masih penasaran gimana tampilan driver view terkait blindspot mirror.nya. Plus saat ini kan banyak mobil kekinian yang udah pake kamera belakang. Bisakah fiturnya diterapkan juga di truk?
profile-picture
profile-picture
jlamp dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bogie lift cukup 2 aja yah...

kalo bannya ngangkat semua ntar dikira kuntilanak gak napak di tanah..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Gailham dan jlamp memberi reputasi
Termasuk murah juga nih yah truknya... Apakah untuk menjadi pesaing hino dan mitsubishi
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Iya sih gan kalau ini kaya lebih mirip buatan Eropa gan dari model2nya haha
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
UD ternyata Astra Motor ya? Selama ini ane kira dr UT. Mewah ya, kayak ada rasa rasa eropa gitu
Ane kira dlu buatan indo, karena UD (usaha dagang) bjirr emoticon-Leh Uga
6x2 yg gerak paling belakang gan? kalo yg gerak cuma di tengah, lewat sitinjau sambil bawa muatan amsyong jadinyaemoticon-Ngakak
bener bener truk jepang citarasa eropa yaa.. soalnya pake space buat tidur segala yg biasanya jarang ditemukan di truk buatan jepang..
Ngidam emoticon-Genit

Moga rejeki konglomerat
Wah keren abis dah produk produk dari Jepang ini emang bagus baguss semoga aja bisa ditiru oleh generasi bangsa Indonesia nih
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di