CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Motor Terendam Banjir, Lakukan Hal ini Dulu Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60101e7282d4952c6108d7ff/motor-terendam-banjir-lakukan-hal-ini-dulu-gan

Motor Terendam Banjir, Lakukan Hal ini Untuk Pertolongan Pertama!

Curah hujan yang lumayan tinggi seperti sekarang, sangat berpotensi terjadinya banjir. Apalagi daerah – daerah dataran rendah atau pinggiran sungai. Oleh karena itu pemerintah meminta warganya yang ada di daerah rawan banjir untuk siap siaga dan memindahkan barang – barang berharga ke tempat yang lebih tinggi. Untuk kendaraan seperti motor tentunya agak sulit dipindahkan ke tempat tinggi jika banjir mulai datang. Tapi bukan berarti gak bisa diselamatkan GanSis.

 Motor Terendam Banjir, Lakukan Hal ini Dulu Gan!

Motor yang terendam banjir masih bisa diselamatkan dan terhindar dari kerusakan, asalkan Agan dan Sista ngelakuin hal – hal berikut ini:

Jangan langsung dinyalain

Kebanyakan orang langsung mengecek kondisi motornya yang habis terendam banjir dengan cara menyalakan mesin. Apakah motor masih bisa nyala atau tidak. Sebenarnya tindakan seperti ini sangat tidak disarankan GanSis. Tindakan ini bisa bikin kondisi motor semakin buruk. Air yang melebihi ketinggian mesin, beresiko masuk ke dalam silinder. Dan apabila langsung dinyalain, akan beresiko mengalami water hammer, dimana piston bisa jebol dan setang piston bengkok.

Siram pake air bersih

Motor yang habis kena banjir sebaiknya terlebih dahulu disiram dengan menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran – kotoran yang beresiko menghambat berbagai saluran penting dari motor.

Keringkan busi

Periksa busi motor apakah basah atau tidak. Jika basah, keringkan dan pasang kembali dengan benar. Pastikan juga motor sudah kering sepenuhnya.

Pengecekan mesin

Nah, setelah motor kering dan bersih, barulah coba untuk dinyalakan. Jika tidak bisa menyala, cobalah periksa bagian CVT untuk motor matik dan bersihkan. Cek juga bagian lain seperti bak engkol, bak kopling, blok silinder, kepala silinder, dan karburator.

Lalu, jika ada beberapa bagian yang harus direndam, maka pilihlah cairan yang memang menetralisir keasaman agar mesin motor Anda tidak cepat berkarat. Selanjutnya, pantau juga filter udara. Apabila filter udara dalam keadaan basah, maka bisa diganti atau dikeringkan saja sesuai dengan tipe filter udara motor Anda.

Cek oli, rem, dan knalpot

Jika motor terendam banjir, ada kemungkinan oli akan tercampur dengan air. Oleh karena itu coba segera cek kondisi oli, jika berwarna cokelat keabu – abuan, maka oli udah tercampur air. Apabila ini terjadi, lakukan flushing atau kuras oli. Proses ini membutuhkan jumlah oli yang cukup banyak.

Untuk bagian rem, cobalah untuk mengecek bagian kampas rem. Karena kampas rem terbuat dari asbes, apabila terkena air bisa menggembung dan setelah kering akan mengeras. Untuk cakram, bersihkan kotoran atau noda – noda yang ada di pinggiran cakram.

Sementara itu untuk knalpot, jika bagian ini kemasukan air, maka proses pembuangan gas sisa pembakaran mesin akan bermasalah. Untuk menanggulangi ini, gantilah oli motor dengan yang baru. Sebelum diganti, jangan lupa kuras dulu.

sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sundayjepit dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Nice tipsnya... Belom pernah kerendem soalnya.
emoticon-thumbsup
dulu waktu kuliah motor temen2 pernah kerendem tapi gak tinggi2 amat sih, kebanjiran di kampus. temen ane langsung bawa bengkel untungnya, nice tapi ada pertolongan pertama jg buat sekedar2 cek busi dan lain lain
Bener gan jangan dihidupin dulu kalo kerendememoticon-2 Jempol
Jadi gabisa atau jangan langsung dipakai gitu aja ya gan, semoga aman2 aja sih ya
nice tips om tapi motor ane ga pernah kerendem sih, semoga seterusnya ga pernah emoticon-Toast
Wokee nice banget nih thread ente gan 👌, bagi orang awam tentang otomotif sangat bermanfaat nih
Naahh ini nihh buat gansist yg motornya di parkir di luar hati hati ketika musim hujan tibatiba motor kebanjiran bahaya haha
Nah ini nih info yang bakal berguna banget buat ane seumur hidup wwkwk jadi aman deh kalau tiba tiba mobil kena banjir
Tapi jangan sampe deh gan sis rumah dan kendaraan kita terkena banjir bisa berabe nih kalau harus masuk ke bengkel
Makasihh gan sis infonya bakal ane kasih tau nih ke temen dan keluarga ane buat ngelakuin hal ini kalau kendaraan kena bajir


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di