CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan Unik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60100b6e337f931f4e3eb5b3/kuliner-indonesia-yang-punya-nama-kepanjangan-unik

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan Unik

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan Unik
Indonesia adalah negara gemah ripah loh jinawi. Nggak cuma diberkati dengan kekayaan alam saja, negeri tercinta kita ini juga dikenal dengan aneka hidangan Nusantara yang lezat banget. Kamu pastinya pernah dengar tentang makanan comro, cimol, dan cilok, bukan? Nah, tahu nggak, ternyata makanan-makanan itu punya nama kepanjangan, lho. Nama kepanjangannya pun unik abis. Penasaran, kan? Yuk simak apa saja sih kuliner Indonesia yang punya nama kepanjangan unik berikut ini.
Comro
Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan UnikKuliner Indonesia comro (Sumber: sajiansedap.grid.id)

Buat kamu warga Bandung, pastilah nggak asing dengan kuliner Indonesia berupa camilan satu ini. Comro adalah makanan berupa singkong yang dihancurkan dan digoreng hingga berwarna keemasan. Teksturnya renyah di luar dan lembut di bagian dalam, dijamin bikin kamu ketagihan. Sekilas, comro memang mirip banget dengan jajanan khas Jawa Timur yaitu jemblem. Bedanya, comro berisi oncom, yaitu produk fermentasi dari ampas tempe. Nah, tahu nggak, nama comro diambil dari kalimat “Oncom di Jero”. Nama itu merujuk pada oncom yang jadi isian dari makanan ini.
Ketoprak
Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan UnikSepiring ketoprak yang kadang disangka gado-gado (Sumber: masakapahariini.com)

Berkunjung ke Jakarta pastilah nggak lengkap kalau belum mencicipi ketoprak. Hidangan khas Betawi ini lumayan mirip dengan gado-gado. Bedanya, terletak pada isian. Kalau gado-gado menggunakan full sayuran dengan sedikit campuran tempe goreng dan telur rebus, maka ketoprak lebih didominasi dengan irisan tahu goreng dan ketupat. Selain itu, ketoprak juga dihidangkan dengan tauge dan kerupuk yang bikin teksturnya makin renyah. Tambahan acar mentimun bikin hidangan ini makin sip. Guyuran saus kacang dari ketoprak juga cenderung gurih. Nah, ternyata, nama “ketoprak” berasal dari singkatan “ketupat toge digeprak”.

Es Doger
Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan UnikSegelas es doger yang biasa dijual di gerobak (Sumber: indozone.id)


Nah, saat cuaca lagi gerah-gerahnya, menikmati segelas es doger memang pas banget. Hidangan kuliner Indonesia berupa es yang bisa kamu temukan di berbagai kota di Indonesia ini sebenarnya merupakan hidangan khas Cirebon. Es doger umumnya terdiri dari campuran susu, kelapa serut, ditambah dengan sedikit sirup merah, irisan buah alpukat, tape, dan ketan hitam. Nama es doger ternyata berasal dari kalimat “es dorong gerobak”. Soalnya, memang kebanyakan pedagang es ini menjual barang dagangannya dengan menggunakan gerobak dorong. Ada-ada saja, ya?

Batako

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan UnikBatako alias bakso tahu koprol (Sumber: phinemo.com)


Malang populer banget dengan bahasa walikannya. Jadi, jangan heran kalau warga Malang juga kreatif banget dalam memberi nama makanan daerahnya. Salah satunya adalah batako. Beda dari batako yang ada di toko bangunan, batako ini bisa dimakan. Nah, batako ini berasal dari kalimat “bakso tahu koprol”. Rasa tahu ini memang bikin kamu koprol karena kelezatannya.

Tahu batako terbuat dari tahu gembos yang dibelah bagian tengahnya dan diisi dengan potongan lombok rawit dan adonan bumbu lalu diselimuti dengan tepung. Setelah itu, tahu itu digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Tekstur tahu yang renyah di luar berpadu sempurna dengan kelembutan adonan di dalamnya. Eits, hati-hati! Ada jebakan irisan lombok rawit yang bikin kamu melonjak-lonjak kepedasan. Sudah pernah coba menu satu ini?

Cuanki

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan UnikCuanki yang kadang disebut mirip dengan bakso (Sumber: explorewisata.com)


Sekilas, kuliner Indonesia bernama cuanki ini mirip banget dengan bakso. Walaupun sama-sama pas dinikmati di musim hujan, cuanki dan bakso punya beberapa perbedaan. Cuanki adalah hidangan berkuah asal Bandung yang terdiri dari campuran daging ikan dan daging sapi yang diolah dengan tepung tapioka. Isian cuanki kurang lebih sama dengan bakso. Bedanya, kuah cuanki punya cita rasa rempah-rempah yang lebih tajam. Nah, nama cuanki ternyata berasal dari kalimat “cari uang jalan kaki”. Pasalnya, pedagang cuanki biasanya menggotong gerobak di pundak atau dengan gerobak dorong. Unik, kan?
Nah, itulah ulasan kuliner Indonesia yang punya nama kepanjangan unik. Kamu pernah dengar hidangan khas Nusantara lainnya yang punya nama unik, nggak?


Sumber: https://kreativv.com/kuliner/kuliner-indonesia-2/
Baca Juga : Kuliner Kembar Indonesia, Makanan Serupa tapi Punya Nama Berbeda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Jadi ngilerr gan 😋
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
batagor
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Wah... ternyata nama makanan ada juga kepanjangannya ya gan.. tapi untuk es doger sekarang banyak yang mangkal di pinggir jalan.. nggak didorong lagi gerobaknya.heheh..
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sering makan cuangki baru tau kepanjangannya
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
wkwkwkw ane kalo kaga baca ini aslian kaga tauu kalo ketoprak tu kepanjangannye itu wkwkwkw. ketoprak jg paling enak ketoprak yg dagangnya malem2 ga si tppp btw? WKWKW. batako jg bnr2 baru tauuuu hahahh kaga pernah maen ke malang si
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waduuhh..menggugah selera makan nih..apalagi cuaca lagi dingin begini, enak banget nih makan cuanki..
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Batako kayaknya kalo di Bandung lebih mirip kayak gehu ya.., tahu isian sayur toge,kol sama dibalut dengan tepung, ada juga yang diisi cabe rawit namanya gehu pedas..waah mantap deh..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yang ane tau nama aslinya: Comro sama Cuanki. Sisanya ane baru tau semua. Dan unik-unik semuanya emoticon-Ngakak
profile-picture
Kreativv.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Piscok..pismol.. basreng..cilung.. colenak..
Waduh.....tergoda nih....mna gerimis2 lg, kn enakny nyemil aja gan, wkwkwkw8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Walah baru tau dorong gerobak ternyataemoticon-Kalah
Ane baru tahu beberapa di antaranya itu adalah singkatan, kriain emang namanya itu haha es doger salah satunya
Baru tau kalo ketoprak sama es doger itu ternyata singkatan emoticon-Big Grin
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
unik2 banget namanyaaa, baru tau ane ada kepanjangannya🤣🤣
nice thread gan, makasih informasinya 😁
misro..amis di jero emoticon-Ngakak
hahahah ternyata ada kepanjangannya toh..
trio cimol cireng cilok tuh, kepanjangannya hampir sama semuanya aci wkwkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hahahaha baru ngerti kepangjangan nya di umur 21 emang kreatif banget indo kalo kasih nama
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apa cuma ane yang baru tau ternyata semua nama diatas tu hanyalah singkatan emoticon-Mewek emoticon-Mewek ???
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di