CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600f49e57e3a723d791269b5/siswi-non-muslim-smkn-2-padang-saya-pakai-jilbab-sejak-smp-iman-saya-tidak-goyah

Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah

Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah

Salah seorang siswi nonmuslim di SMKN 2 Padang, EAZ (17) merasa tidak keberatan menggunakan jilbab ke sekolah.

Pihak sekolah pun tidak ada memaksa dirinya harus menggunakan jilbab ke sekolah.

"Tidak ada unsur paksaan. Dan saya juga sudah dari SMP memakai jilbab," kata EAZ kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Siswi kelas XII SMKN 2 Padang itu merasa tidak ada kerugian dengan mengenakan pakaian yang membuat dirinya seperti siswi beragama Islam.

EAZ mengatakan dirinya bisa saja mengusulkan kepada pihak sekolah supaya dapat memakai pakaian yang tidak memakai jilbab, tapi ia tidak melakukan hal itu.

"Karena saya tidak ingin ada perbedaan mencolok dari teman-temannya yang mayoritas beragama Islam dan memakai kerudung," kata EAZ.

Menurut EAZ, memakai pakaian rok panjang, baju kurung dan dan memakai jilbab sama sekali tidak mempengaruhi imannya sebagai seorang pemeluk protestan.

"Iman saya tetap percaya Tuhan Yesus. Tak ada tekanan batin kalau pakaian pakai jilbab," kata EAZ.

EAZ mengaku orangtuanya tidak keberatan dengan pakaian berjilbab bahkan sejak sekolah di SMP 4 Padang.

Sementara ketika ditanya tentang adik kelasnya yang menolak menggunakan jilbab, EAZ mempersilakan saja.

"Silakan saja. Karena dari awal sekolah memang tidak memaksakan." kata EAZ.

Peristiwanya seperti apa?

Sebelumnya diberitakan, sebuah video adu argumen antara orangtua siswa dengan wakil kepala SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial.

Video berdurasi 15 menit, 24 detik yang dibagikan akun facebook EH itu memperlihatkan adu argumen soal kewajiban siswi termasuk nonmuslim untuk memakai jilbab di sekolah.

Video itu diunggah pada Kamis 21 Januari 2021 dan hingga saat ini sudah 3.233 kali dibagikan dengan 5.151 komentar.

"Lagi di sekolah smk negri 2 padang,, saya di panggil karna anak saya tdk pakai jilbab,, kita tunggu aja hasil akhirnya,, saya mohon di doakan ya," tulis akun EH.

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menjelaskan dirinya dan anaknya adalah nonmuslim dan mempertanyakan mengapa sekolah negeri membuat aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata pria perekam video itu.

Sementara yang berada di depan kamera yang merupakan pihak sekolah menyebutkan penggunakan jilbab bagi siswi merupakan aturan sekolah.

"Ini tentunya menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah ketika ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," kata pria di depan kamera yang diketahui sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Zikri.

Minta maaf

Atas kejadian itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Padang, Rusmadi menyampaikan permohonan maaf terhadap kesalahan dalam penerapan kebijakan berseragam sekolah.

Permohonan maaf disampaikan dihadapan puluhan wartawan saat konferensi pers yang dilaksanakan Jumat (22/1/2021) malam di salah satu rumah makan di Padang.

"Saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari bidang kesiswaan dan Bimbingan Konseling (BK) dalam penerapan kebijakan berseragam di sekolah," kata Rusmadi.

Rusmadi mengatakan persoalan tersebut akan diselesaikan secara bersama dan kekeluargaan.

Untuk siswi JH yang sempat dipanggil karena tidak memakai jilbab di sekolah, kata Rusmadi dapat bersekolah seperti biasa.

"Ananda kita JH, dapat sekolah seperti biasa kembali," kata Rusmadi.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadaz dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Kalo mau tetep pake ya silakan, ga ada yg maksa
Yg penting kalo ada yg ga mau pake jangan dipaksa pake
Itu poinnya di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
waccal dan 41 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Hebat ya.... Kok ada yg takut pake topi santa padahal hanya semalam, ada yg takut liat pohon cemara padahal ga pake lampu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nyairara
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
coba dibalik. siswi muslim gak boleh pake jilbab gimana ???
gak goyahkan iman mereka ??? atau kadroon tambah kebakaran ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 199 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 199 balasan
Intinya sih bukan masalah keimanan. Tapi aturan tersebut bertentangan dgn aturan kementerian pendidikan. Setau gw pemakaian jilbab memang bukan keharusan sebagai bagian dri seragam sekolah dan dikhususkan pada yg muslim aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bagus neng kalo eneng tetep on faith.
Mkn eneng juga fetishnya pake jilbab.

Tp masalahnya sama sekali bukan itu neng.

Masalahnya sekolahan eneng nambah2in aturan boongan yg ga sesuai dengan peruntukan.
Sampai sini Paham ya neng?bisa ikutin saya ya neng?

Tidak ada urusannya Sekolh Negri Republik Indonesia ngurusin busana agama tertentu dan menjadikannya wajib.

Itu kayak klaim mobil dinas jd milik sendiri trus dmodif dan repaint jd ijo neon..tapi tetep pake plat merah.
Kalo eneng suka sama ijo neonnya ya ga masalah..tpi bukan mobil pemerintah juga yang direpaint.
Masih plat merah lagi.

Bisa ya..? Sudah bisa saya tinggal ya...
Hadeehhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
WW The Saint dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh isaholm
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
yg sweeping warung makan selama sebulan kalah dong imannya lemah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Kemarin marin pada waktu 17 an pada ribut tanda +....

Berarti iman nya pada lemah dong...

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Palingan kapir agen gereja yg bertujuan menghancurkan islam dari dalam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah.

Pernyataan yang membuat mereka menggelinjang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trimusketeers
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ada orang yg hidup di bawah tekanan, imannya tetap tidak goyah, hebat memang. Tapi kenapa kita harus mau hidup dalam tekanan? Kita hidup dalam negara Pancasila, kita punya hak untuk hidup tidak dalam tekanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
katanya jilbab bukan bagian dari keyakinan agama.
tapi budaya arab.

Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cPOP
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah

Ane punya koleksi barang antik di kamar..
Salah satunya patung kepala BUDHA..

apa aqidah ane luntur gara gara itu patung??

Ane di teriakin kadrun trus ane punya patung kepala budha gimana itu gan??

Jilbab itu gak mengubah keyakinan seseorang sedangkan kaum kafir sendiri zaman batu udah pake jilbab .. Giliran berubah zaman kok protes sesuatu hal yg sudah ada dari zaman batu?

DUNGU YA DUNGU AJA..

Baca sejarah n baca kitab nya kafir lah ente ente disini...

Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah
Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah


Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah
Siswi Non-Muslim SMKN 2 Padang: Saya Pakai Jilbab sejak SMP, Iman Saya Tidak Goyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
augustus.caesar dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bang.0don
Lihat 161 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 161 balasan
tapir punya iman?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mogul kahn dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ntar giliran yang non ternyata misionaris nyaru, beda lagi ceritanya emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan bungtak.selalu memberi reputasi
Baca tuh bong.

Ga merusak keimanan kok.

Kan cuma simbolis.


Ok fix ya,

Mulai besok di semua sekolah di padang,

Yang non muslim kembali harus pakai jilbab.












Yang muslim pakai kostum sinterklas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
holahoo21 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Yah faktanya gerombolan itu terkenal dgn lemah iminnya emoticon-Nohope

Kualitas < kuantitas emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yxgk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nganggo jilbab kalungan salib luwih apik emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
pak wartawan yg pinter.... ini bukan masalah iman kyk tetangga sebelah... ini masalah PEMAKSAAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Beda kali, mbak..
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Sekolah negri dibiayai oleh negara dan melayani murid dari berbagai agama, itu sebabnya sekolah negri tidak boleh memaksakan seragam dengan identitas keagamaan apa pun ke murid2 nya
Memakai pakaian yang dianjurkan syariat agama adalah HAK, bukan KEWAJIBAN, jadi salah besar kalau ada pemda yang mewajibkan penggunaaan atribut keagamaan ke siswa/siswi sekolah negri, beda dengan sekolah swasta yang dikelola yayasan keagamaan

kesaksian dari para minoritas yang mengatakan dengan sukarela mengikuti aturan yang tidak benar pada dasarnya hanyalah rekayasa kaum kadrun, dengan menggunakan ancaman2 terselubung, apalagi aturan ini didukung oleh mayoritas pejabat pemda di kota padang
Hal ini mirip pengakuan para sandera dalam berbagai kasus penculikan yang umumnya saat diculik akan dipaksa membuat rekaman video / suara yang menyatakan mereka mendukung tuntutan para penculik




profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di