CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d84e9af7e937ec07ede14/coc-mamalia-9-tips-membuat-kucing-menyukai-kita-sudah-teruji-secara-ilmiah

[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!

[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!

Banyak yang menganggap kucing sebagai sebagai makhluk misterius. Namun percaya atau tidak, sebenarnya tidak sulit loh berteman dengan kucing, jika kita tahu apa saja yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana berteman dengan kucing secara efektif, diambil dari studi ilmiah, penelitian dan konsultasi perilaku kucing.


1. Biarkan Kucing yang Membuat Keputusan untuk Memengaruhi Situasi

Saat melihat kucing lucu, pastinya kita ingin segera mengelusnya. Namun menurut dua penelitian di Swiss, pendekatan terbaik adalah membiarkan kucing mengambil langkah pertama. Penelitian dilakukan pada 51 rumah di Swiss yang memelihara kucing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika manusia duduk atau diam dan fokus pada hal lain, kucing lebih cenderung mendekat dan tidak meghindar serta menarik diri ketika mendapat respon dari manusia. Preferensi ini menjelaskan mengapa begitu banyak kucing tertarik pada orang dengan alergi karena orang yang memiliki alergi biasanya mencoba untuk tidak membelai mereka. Studi lain mengungkapkan bahwa interaksi akan bertahan lebih lama dan lebih positif ketika kucing yang memulai aktivitas dan memutuskan kapan itu berakhir.


2. Mendekati Kucing Secara Alamiah

Secara alamiah, sesama kucing saling menyapa satu sama lain dari hidung ke hidung. Kita dapat meniru perilaku tersebut dengan menawarkan ujung jari dengan jarak beberapa inchi agar tidak membahayakan hidung mereka. Jangan mengambang di udara, cukup membungkuk dan ulurkan tangan dengan lembut. Banyak kucing akan berjalan dan mengendus jari kita, bahkan mungkin menggosokkan hidungnya juga.


3. Mengetahui yang Paling Disukai Kucing

Kucing sangat sensitif terhadap sentuhan dan umumnya mereka cenderung lebih suka dielus di beberapa tempat saja. Sebuah penelitian kecil di tahun 2002 menunjukkan bahwa kucing menunjukkan respon yang lebih positif, seperti mendengkur, mengedipkan mata dan mengepal cakarnya terhadap belaian di area dahi dan pipi. Mereka lebih cenderung bereaksi negatif dengan mendesis, menepuk, atau mengibaskan ekor mereka saat dibelai di area ekor. Studi yang lebih baru memvalidasi temuan ini dengan ukuran sampel yang lebih besar dan banyak pemilik kucing memberikan kesaksian tentang preferensi ini. Penelitian ini memberi kita titik awal yang baik, terutama jika kita bertemu kucing untuk pertama kalinya.


4. Jika Mendapat Umpan Balik Negatif, Berikan Waktu

Ada banyak tanda kucing tidak menyukai tindakan kita, seperti mendesis dan menggigit, meratakan telinga mereka, melihat tangan kita, atau menggerakkan ekornya. Saat kita mendapatkan salah satu sinyal tersebut, saatnya untuk mundur. Kita tidak bisa memaksa kucing untuk suka dipegang, namun ketika mereka mengetahui bahwa kita akan menghargai privasi mereka, semakin besar pula kemungkinan mereka akan mempercayai kita. Seekor kucing akan kembali untuk kita dan meminta perhatian lebih saat mereka sudah siap.


5. Jangan Memberi Makan Kucing Berlebihan

Banyak yang berpikir bahwa makanan sama dengan cinta dan menahan makanan dapat membuat kucing membenci kita. Hal ini salah, penelitian terbaru tentang kucing gemuk dari Cornell University menunjukkan hal yang sebaliknya. Sekitar sebulan setelah 58 kucing yang kelebihan berat badan dianjurkan diet, 75% pemiliknya melaporkan bahwa kucing yang sedang diet lebih penuh kasih sayang, lebih sering mendengkur, dan lebih cenderung duduk di pangkuan pemiliknya. Menjaga agar kucing kita tetap ramping adalah cara yang bagus untuk membantu mereka tetap sehat dan menangkal masalah seperti diabetes, nyeri sendi, dan kebersihan. Hewan yang kelebihan berat badan mengalami kesulitan dalam merawat dirinya sendiri.


6. Sempatkan Waktu Bermain Bersama Kucing Secara Rutin

Sebagian besar masalah perilaku kucing berasal dari kebosanan dan kurangnya waktu bermain bersama. Banyak orang tidak menyadari bahwa kucing membutuhkan perhatian secara rutin. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kucing lebih menyukai interaksi manusia daripada makanan dan apa yang benar-benar menjadi daya tarik mereka terhadap manusia adalah kehadiran mainan interaktif. Salah satu pilihan utama kucing adalah mainan bergaya tongkat dengan bulu, tali, atau ikatan mirip mangsa lainnya yang membangkitkan perilaku predator. Permainan interaktif harian adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan mereka dan untuk menjaga mereka agar tetap bugar.


7. Pastikan Kucing Berada di Dalam Ruangan

Sebuah studi yang dilakukan di Italia menunjukkan bahwa kucing yang sebagian besar tinggal di dalam ruangan akan lebih "sinkron" dengan pemiliknya daripada kucing yang diizinkan akses ke luar ruangan. Kucing dalam ruangan lebih aktif di siang hari, saat pemiliknya cenderung aktif dan kurang aktif di malam hari, saat waktu manusia tidur. Sebenarnya banyak orang percaya bahwa kucing aktif di malam hari, tetapi mereka secara alami adalah makhluk crepuscular(aktif saat fajar dan senja).


8. Mulai Bersosialisasi Saat Masih Menjadi Anak Kucing 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketika kita melakukan sosialisasi dengan kucing bahkan hanya beberapa menit dalam sehari akan membuat anak kucing tumbuh menjadi lebih ramah dan lebih percaya pada manusia. Usia ideal anak kucing untuk bersosialisasi adalah antara 2 hingga 9 minggu. Sebuah studi di tahun 2008 menemukan bahwa anak kucing yang sering mendapat sosialisasi, kasih sayang, dan permainan akan lebih menyayangi pemiliknya dan tidak begitu takut dibandingkan anak kucing lain tanpa perlakuan yang sama. Memastikan mereka mendapatkan banyak interaksi dengan manusia akan membantu mereka merasa nyaman berada di samping manusia.


9. Jadilah Pengamat Terhadap Perilaku Kucing

Jadilah pengamat yang rajin dan objektif tentang bagaimana mereka menanggapi tindakan kita. Bahasa tubuh kucing bisa jadi tidak kentara, seperti sesuatu yang sekecil kedipan mata bisa menunjukkan kepuasan, sementara kedutan telinga mungkin menandakan iritasi. Mempelajari isyarat kucing dan menyesuaikan perilaku kita dengan mereka akan membawa keselarasan dan menyadarkan kita untuk mendapat kepercayaan dari seekor kucing.


Spoiler for Kucing:

========================================================

Sumber:

[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!

diolah lebih lanjut oleh: biohazard89

========================================================

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Indriaandrian dan 44 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Ane kasih makan aja kucing ane dah suka
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kucing garongh
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wadidawww
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tengkyuu tipsnya niih gan.. mulai pendekatan sama kuciing niih ane..
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan biohazard89 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
menurut dua penelitian di Swiss, pendekatan terbaik adalah membiarkan kucing mengambil langkah pertama. Penelitian dilakukan pada 51 rumah
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beda banget sama anjing ya, kalo gerakin ekor tandanya malah gak suka. tapi ane juga biasanya deketin tangan dulu sih. kalo ngedeketin baru tuh. perilaku kucing gemuk jg biasanya pemales dan belagu gan emoticon-Ngakak ngaruh ya emang berat badan sm mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Meong meong meong
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tos ah sesama pecinta mpus
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi inget dulu ane minta kucing ke temen ane, tp kata teme ane, kucing itu lebih mahal dari pada makanan ente tiap harinya bgtupun perawatannya.. klo mau niat ngerawat nanti saya kasih.. pas mikir lagi, jadi males juga sih klo ngerawat susah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Rasanya gimana digigit kucing?
sakit apa sakit banget.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ada mitos... KUCING kalau dibawa ke negara eropa jadinya CAT.. bener apa nggak sih??! emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakekane.cell
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Karena kalau ada atau punya kucing terus mereka nyuekin kita tuh rasanya sakit banget gak sih haha
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di rumah kini sk ada kucing betina yg mampir secara gajes bngt, gan.... ksdang2 Ane ksh makan sore aja, selebih nya cari sendiri, dah.... gak bs dipelihara....Krn di rumah ada yg alergi kucing..... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan cPOP memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sejinak2nya kucing, kalau lagi emosi ngeri juga.. kemaren emak ane digigit kucingnya karena misahin kucingnya yg lg berantem ama kucing tetangga
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan ushirota memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
[COC Mamalia] 9 Tips Membuat Kucing Menyukai Kita! Sudah Teruji Secara Ilmiah!
emoticon-Cool
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kucing mah gampang, dikasih makan juga jinak
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw pernah punya 3 kucing kampung.. gw namain anjing semua.. soalnya tiap hari meong mulu minta makan tapi dibelai kagak mau.. kan anjing..

profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
kucing ane sakau kalo dielus pangkal ekornya bree
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan biohazard89 memberi reputasi
Diubah oleh ultraexcimers
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di