CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d832b0577a90e247128d1/eks-walkot-padang-aturan-siswi-berjilbab-sudah-15-tahun-kok-baru-ribut

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Eks Wali Kota (Walkot) Padang Fauzi Bahar mengatakan aturan yang mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi, yang menjabat wali kota dua periode, mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan.

"Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Aturan mengenai siswi wajib memakai kerudung ini mencuat setelah video orang tua murid SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial (medsos). Fauzi mengatakan aturan itu dibuatnya saat dia menjabat Walkot Padang.

Menurut Fauzi, aturan itu semula hanya berupa imbauan. Namun kemudian berubah menjadi instruksi Wali Kota Padang. Saat itu SMA/sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No 451.442/BINSOS-iii/2005. Instruksi itu dikeluarkan pada 2005.

Artinya, aturan ini sudah diterapkan selama 15 tahun di sekolah-sekolah negeri di Padang. Salah satu poin instruksi itu adalah mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Kendati nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim saja, namun di lapangan, siswi nonmuslim juga mengenakan jilbab ini.

"Aturan itu saya yang buat. Sudah ada sejak zaman saya jadi wali kota, bukan sekarang saja," katanya.

Fauzi mengatakan, selain menjaga kaum perempuan, kebijakan itu dimaksudkan mengembalikan budaya Minang.

"Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung. Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab," katanya.

"Apa yang kita lakukan dulu dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas," katanya lagi.

Ia menekankan peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut.

"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, tinggal cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

"Toh itu semangatnya bukan paksaan buat nonmuslim. Kita melindungi generasi kita sendiri," katanya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5345...kok-baru-ribut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijobanter dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 8
Jujur baru tau loh
entahlah, tp kalau aturannya salah ya entah berapa tahun pun ya garus diubah gan
Hahaha ya karena baru ketahuan pak emoticon-Malu
15 thn juga gaada yg nyadar hahahaha
Berarti nih orang begonya dah lama banget emoticon-Wkwkwk
Yaa mungkin baru ke blow upnya sama media sekarang pak.
Dulu mumgkin juga udah ada suara miring
15 Tahun lalu Waktu dibuat emang Pempus saat itu gak tau yak?

Gila aturan diskriminatif begini bisa bertahan 15 tahun....
Ya kali menteri sama presiden ngurus padang aja kang, Indonesia gede kang seandainya blum tau..Inti masalahnya bukan masalah pakaian yang dipaksakan tapi lebih ke arah dikarenakan 2 faktor yaitu kebetulan agamanya mayoritas dan ada indikasi pemaksaan..Misalnya di manado mayoritas agamanya non muslim dan memaksa pake atribut non muslim, itu pun masalah; di bali misalnya mayoritas non muslim dan ada unsur paksaan baru itu juga masalah; meski kedua contoh daerah itu tidak "memaksakan" permanen dalam artian seasonal aja mungkin..Jadi jangan asal cuap kayak gitu bung..#nkri
yah biasalah pak, orang munafik sama nyenggol dikit.. anggap aja TRASH
knp yg berbau sara terutama agama selalu rame n yg pendidikan selalu sepi.
yaa ni bapack" yang mestinya nyadar diri udah tau aturannya salah selama ini masih aja dianggap budaya yang benar..
muke tanpa harapan bisa pake otak.
apa karena dinas pendidikan Sumbar gak ngomong ke pusat ???
hmm tapi kalo menyamaratakan semua siswi harus berkerudung tuh jadi gaada toleransinya gaksih? harusnya di sekolah kan belajar toleransi satu sama lain
SUMATRA BARAT MEMANG BEDA
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ibarat malak udah 15 tahun aman2 aja, sekali keusik ya kepanasan
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Hahaha ya jelas karena baru pd tau nya skrg. Super sekale
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya emang baru ada yang berani berontaklah, tolol, eks walkot kok bodoh, buat kebijakan yang masuk akal, hargai toleransi
Diubah oleh nourzetya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dimana2 Kadrun kok goblok2 semua ya? Saking gobloknya sampe keras kepala. Memahami agama secara goblok jadinya merasa dirinya paling benar. Jangan sampe negeri indah ini dikuasai kadrun2 otak udang. Harus dilawan. Jangan sampe ideologi mereka berkembang lebih besar di NKRI
profile-picture
Jazed memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yahhh baru ketahuan loh pak hahahahah
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di