CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d6de0365c4f605f24853a/bandingkan-orang-jawa-dan-sunda-ketika-bekerja-pemuda-ini-panen-kecaman

Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman

Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman

Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
SuaraJabar.id - Seorang pemuda pengguna TikTok menuai sorotan keras dari warganet usai unggahannya dinilai menghina suku tertentu.


Pengguna TikTok @cahba***** ini mengunggah sebuah konten video dengan membandingkan tenaga kerja dari Jawa dan Sunda.

Lewat videonya, ia menyebutkan poin-poin perusahaan yang dinilai lebih mengandalkan orang Jawa.

"Kenapa perusahaan mengandalkan tenaga orang Jawa dibanding Sunda," tulis pemudia itu dalam video TikTok yang diunggah ulang oleh akun Instagram @manaberita.


Ia lantas menuliskan bahwa orang Jawa lebih menunjukkan skill ketimbang gaji.

"Jawa gaji no dua yang penting kita nunjukin skill kita dulu, gaji mah nyesuaiin," tulisnya.

Ia juga menyebut bahwa orang Jawa pekerja keras, tekun, dan ulet.

Tapi yang membuat kegeraman warganet adalah ketika pemuda tersebut membawa-bawa orang Sunda untuk dibandingkan.

"Orang Jawa no carmuk [cari muka-red] walupun ada, enggak kaya Sunda," imbuhnya.

Kontan, unggahan itu menuai perdebatan dan reaksi keras dari warganet. Tak sedikit yang menilai bahwa unggahan itu berbau SARA dan menghina suku tertentu.

Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
"Ini yang merusak dan membuat Indonesia tak bisa bersatu lagi," tulis @richa*****.

"Hayo komennya jangan rasis ya teman-teman. Jangan kepancing," pesan @widyy***.

https://jabar.suara.com/read/2021/01...=terpopuler_10

Dalam bekerja jangan pedulikan kata orang fokus pada diri sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexalbeast dan 47 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
MUKE GILE BRAY
profile-picture
profile-picture
profile-picture
carimati69 dan 5 lainnya memberi reputasi
Jadi sebenarnya gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 5 lainnya memberi reputasi
bukan masalah sunda jawa
ini mah masalaj pendatang sama orang lokal

di mana mana pendatang mah lebih rajin dibanding orang lokal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 108 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Semua suku sama aja,kalo emang ga niat kerja,sebulan jg mental
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
orang jawa emang prihatin hidupnya n suka merantau ga banyak ngeluh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
threadworm dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 36 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 36 balasan
Tapi khusus pekerja message ++ lebih jos org sunda loh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkifadhilah09 dan 94 lainnya memberi reputasi
Lihat 101 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 101 balasan
di tempat gue kerja dulu malah mekanik andalan gue org sunda, yg lain udah nyerah nih mekanik sunda dateng cuman dengerin mesin langsung otak atik ga nyampe sehari alat berat jalan lagi. .emoticon-Leh Uga, emang jagoan mang asep si mekanik andalan, emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Ini tidak adil, seharusnya kalau membandingkan jangan 2 saja kalau bisa lebih dari 700an suku yg dibandingkan etos kerjanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arly5 dan 7 lainnya memberi reputasi
Kalo suku kadrun kilafak kerjanya gmn ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Trinindito dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Rajin atau enggak itu tidak tergantung SARA tapi TEMPAT.

emoticon-Leh Uga

Orang Sunda merantau cenderung lebih rajin daripada yang tidak merantau.

Orang Jawa terkenal rajin etos kerja tinggi tapi banyak banget yang guling-guling rebahan yaitu yang tidak merantau dan hanya tergantung dari Ortu.

Cowok-cowok Melayu terkenal ngopi-ngopi ngerumpi di desa asalnya, tapi Melayu yang di perantauan bisa kerja hampir 20 jam sehari.

Orang-orang Batak di kampung aslinya terkenal suka minum tuak, nyanyi-nyanyi sampai pagi. Tapi orang Batak di perantauan bangun subuh sudah kerja dan tidurnya tengah malam karena saking sibuknya sama pekerjaan.

emoticon-Cool

Semakin asing suatu tempat bagi seseorang, maka semakin tinggi naluri bertahan hidupnya. Semakin tidak asing suatu tempat bagi seseorang, maka semakin tinggi naluri rebahan guling-guling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aliezrei dan 96 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Die belom ketemu orang aceh berarti..
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bikepacker dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Dimana pun tempat / daerah, pasti ada aja yg pemalas dan yg rajin. Jadi salah besar kalo bandingkan hal begini karena suku atau ras atau apa lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 10 lainnya memberi reputasi
Hmmm, ini sih bener sih, tp janngan ditulis di medsos juga kaleeeee emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ihsanjun29 dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane paham nih.. emoticon-Ngakak

Cuma udah lah, takut nganu. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Betul.

Yang beginian sebenarnya ada benernya, ada juga salahnya.

Mungkin bener karena dari pengalaman bekerja dan berinteraksi dengan beragam suku.

Mungkin salah karena bisa jadi kebetulan yang bekerja dan berinteraksi dengan kita ada karakter yang kurang sreg, padahal itu hanya sebagian sample, belum seluruhnya.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Kalau suku perut buncit & muka pucat gmn?
profile-picture
gesermeja memberi reputasi
Quote:


Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman

emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Rasis!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 4 lainnya memberi reputasi
biasa aja

joke kayak gini tahun 2000an awal gak ada yang ngamuk

orang sekarang mah sensitip kayak test pack
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg pasti cewe sunda cakep2.. Enak2 emoticon-Leh Uga tp kalo gak ada duit jgn coba2..

Kalo cewe jawa manut2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di