CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Adik Sultan Yogya: Gaji dari Keraton Hanya Cukup untuk Pakan Kuda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d4c94b8408835b768d495/adik-sultan-yogya-gaji-dari-keraton-hanya-cukup-untuk-pakan-kuda

Adik Sultan Yogya: Gaji dari Keraton Hanya Cukup untuk Pakan Kuda

Dua adik tiri Sultan Yogya Hamengku Buwono X yaitu GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat dipecat dari jabatannya sebagai penghageng di Keraton Yogyakarta. Pemecatan ini disebut Sultan HB X karena keduanya dinilai makan gaji buta selama lima tahun.

Menanggapi pernyataan Sultan HB X ini, GBPH Yudhaningrat atau akrab disapa Gusti Yudho pun angkat bicara. Menurutnya tudingan makan gaji buta itu tak sesuai dengan kenyataannya.

Gusti Yudho menerangkan jika besaran gaji yang diterimanya tak seperti yang dibayangkan oleh masyarakat umum. Gusti Yudho menilai dengan anggaran Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp1,2 triliun, masyarakat membayangkan gaji yang diterimanya berkisar puluhan mungkin ratusan juta.

Gusti Yudho menuturkan gaji yang diterimanya ada dua. Pertama gaji dari Keraton Yogyakarta karena menjabat sebagai Manggala Yudha sebesar Rp8.000 setiap bulannya.

Sementara gaji yang kedua bersumber dari Danais sebesar Rp1.250.000. Gaji ini bisa diambil setiap empat bulan sekali. Honor ini disebut Gusti Yudho, karena Ia adalah pangeran dan bukan karena jabatan yang dipegangnya di Keraton Yogyakarta.

"Jadi jika Sultan HB X menyebut saya makan gaji buta itu tak berdasar karena dari jabatan struktural itu kami tidak mendapat gaji. Gaji itu karena berstatus pangeran. Saudara-saudara lain di Jakarta yang tak menjabat struktual tapi berstatus pangeran juga dapat," ucap Gusti Yudho saat dihubungi, Sabtu 23 Januari 2020.

Selain dirinya, Gusti Yudho menyebut istri dan anaknya pun mendapatkan gaji dari Danais. Besarannya untuk istri Rp600 ribu dan anak Rp400 ribu.

"Jadi jangan dikira dari dana keistimewaan itu (saya) dapatnya puluhan juta per bulan. (Uang itu) hanya bisa saya pakai untuk pakan jaran (makan kuda)," tegas Gusti Yudho.

Gusti Yudho menerangkan saat ini Keraton Yogyakarta tak mempunyai kuda untuk acara-acara Keraton. Sehingga Gusti Yudho membeli kuda sendiri dan merawatnya untuk dipakai di kegiatan-kegiatan Keraton Yogyakarta.

"Keraton itu tidak punya kuda. Akhirnya dulu saya yang beli kuda. Membiayai pemeliharaannya pakai honor dana keistimewaan itu," ujar Gusti Yudho.

Sebelumnya, pencopota dua adik Sultan HB X ini tercantum dalam surat Sultan HB X yang dikeluarkan pada 2 Desember 2020 dan ditandatangani Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono KA 10. Surat ini terdiri dari dua bab yang isinya pencopotan jabatan GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat dari jabatannya di Keraton Yogyakarta.

GBPH Prabukusumo dicopot dari jabatannya sebagai Penghageng (pimpinan/kepala) Kawedanan Hageng Punakawan Nitya Budaya. Sementara, GBPH Prabukusumo digantikan putri keempat Sultan HB X, GKR Bendara.

Pun, GBPH Yudhaningrat dicopot dari jabatannya sebagai penghageng (pimpinan/kepala) Kawedanan Hageng Punakawan Parwa Budaya. Jabatan GBPH Yudhaningrat ini digantikan putri sulung Sultan HB X, GKR Mangkubumi.

Terkait itu, putri kedua Sultan HB X, GKR Condrokirono menjabarkan jika pergantian jabatan ini memiliki alasan jelas. Sebab, terhitung sejak 2015, GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat tak lagi menjalankan tugasnya di Keraton Yogyakarta.

"Ya kan, di berita-berita beliau (GBPH Prabukusumo) sendiri sudah mengatakan sejak 2015 tidak mau lagi bertugas di Keraton. Dari tahun 2015 sampai sekarang itu bukan jangka waktu yang sebentar. Sedangkan aktivitas Keraton banyak dan harus tetap berjalan dengan baik," kata GKR Condrokirono saat dihubungi, Rabu, 20 Januari 2021.

https://www.viva.co.id/berita/nasion...tuk-pakan-kuda

die hard fans sultan mana suaranya? byk kan dikaskus ini?

ini loh yg ga mau warisin tahta ke adik laki2nya dan milih langgar tradisi warisin tahta ke anak perempuannya..lom cukup jg adik2 laki2nya coba disingkirin supaya makin jauh dr lingkungan kesultananemoticon-Embarrassment

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 56 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
nyimak bae lah emoticon-linux2 mau komen takut salah...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi


Makanya beli kuda yg minim perawatan
Adik Sultan Yogya: Gaji dari Keraton Hanya Cukup untuk Pakan Kuda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bl0job
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kalo kata temen gua yg bapaknya jdi dosennya sultan waktu sultan kuliah, doi gabakal lulus kuliah kalo bukan karena statusnya sebagai pewaris tahta. Bahkan bapaknya temen gua bilang "wonge ki bodo banget" emoticon-Big Grin
No offense ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 39 lainnya memberi reputasi
Lihat 68 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 68 balasan
Quote:


Bodonya pake bangetemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botol.mijon dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lah itu kan tradisi padang pasir ngapain sultan tunduk ini kan indon bukan saudi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
8rb/bulan
Perlu antri blt
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
creeppeak dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau gw sih imho.

Disatu sisi, mau pro meneruskan tradisi dan budaya. Seperti halnya Indonesia dalam hal melestarikan budaya, kepercayaan dan adat istiadat tiap suku dan bangsa. (Tentu pro ke adik sultan yg punya keturunan lelaki)

Disisi lain, tidak ingin pula melestarikan diskriminasi dimana hanya boleh pemimpin lelaki tanpa memberi kesempatan wanita. (Tentu pro ke sultan)

Sebenarnya ga cuma 2 diatas saja sisi2nya, tapi banyak pertimbangan.

Dimana diberbagai pertimbangan itu ada yang pro ke keputusan sultan, ada pula pro ke adik sultan.

Tapi ini pendapat pribadi saja.

Abaikan saja, sebab ini urusan keluarga dan rumah tangga sultan.

#Abaikansaja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Jd total gaji die 11 juta, mau diambil 8 juta. Telak juga tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Liat pembina Pancasila ongkang2 kaki, anak buahnya yg rajin nuding ternyata perambok bansos wong cilik triliunan biasa aja

Liat anak2 milenial presiden yg masih ijo cari proyekan triliunan biasa aja

Liat komisaris dari napi ampe gak punya background ongkang2 kaki benalu BUMN biasa aja

Ngapain pendukung rezim usil ke orang kraton
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Seperti nya nih sultan mulai takut kekuasaannya makin menipis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


Bangke juga ya.

Jadi dana keistimewaan itu juga untuk menggaji para pangeran, meski para pangeran itu ga kerja untuk rakyat Jogja?

Bahkan istri & anak2 para pangeran juga dikasih gaji...???


WTF banget cara pembagian gaji model sperti ini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 41 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 41 balasan
Kalau Pak Anis hub JKT cuma progam mengecat genting saja pada ribut..itu kawasan Malioboro bongkar sdh jadi bongkar lagi,sdh jadi bongkar bangun lagi..Jalan sdh bagus pakai batu alam hitam bongkar lagi ganti batu yang lengkung2..entah dana keistimewaan itu untuk apa, kawasan Parangtritis aset penting pariwisata juga begitu2 saja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp1,2 triliun

Mayan juga ya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pasti salah org chinese
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bomgie dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gaji 1250+8
Tunjangan bini 600
Tunjangan anak 400

Njir murmer pantes bisa hidup 20rb kenyang sehariemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
1 T
emoticon-Wkwkwk

Banyak itu
hidup sultan !
orang yg pada nyinyir ini tidak tau dinamika di dalam lingkungan keraton. justifikai hanya berdasarkan satu sudut pandang

padahal kalo dia merasa sebagai pangeran dan anggota keraton harusnya dia arif dan bijaksana dengan tidak mengumbar masalah internal keluar. si sultan aja diem kan?

memang dimana-mana yg namanya tong kosong itu nyaring bunyinya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
coba di bikin drama kayak GoT gitu dong, kan kerjaan
profile-picture
profile-picture
sharul76 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mski ga gede enak juga ya...dpt dana krn bangsawan gtu...kerja kaga, dpt duit trs kayak pegawai apa gtu ya..... wkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di