CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d3979f0bdb23ac033da67/jauhar-ritual-wanita-india-bakar-diri-demi-kehormatan

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan

HAI AGAN DAN SISTA!


emoticon-Hai

Beberapa waktu lalu, ane baru saja selesai menonton film India, Padmavat. Filmnya sudah tayang dari lama sih. Hanya saja ane baru memiliki kesempatan sekarang untuk menontonnya. Maklum, orang (sok) sibuk. Hehehe.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
Deepika Padukone as Padmavati

Di sepanjang film, ane dibuat geram dengan ketamakan Sultan Alauddin Khirji yang rela melakukan apapun demi mencapai ambisinya. Termasuk untuk mendapatkan Ratu Padmavati, istri dari raja Chittor, yang cerdas, berani, dan masyur dengan kecantikan bak bulan perak. Karena ambisi itu, perang besar pun terjadi antara Kesultanan Delhi dengan bangsa Rajput. Akhirnya, Raja Rajput tewas dan Sultan Alauddin berniat untuk segera "menjamah" Ratu Padmavati. Namun, niat sultan gagal karena sang ratu dan seluruh wanita Chittor memilih untuk membakar dirinya di api suci ketimbang pergi dengan sultan. 

Ending yang emosional sekali menurut ane, sebab memantik rasa kagum melihat aksi wanita yang begitu teguh menjaga kesuciannya--agar tak dilirik dan dijamah laki-laki asing. Oleh karena itu, ane pun tertarik untuk mencari tahu perihal ritual Jauhar, ritual membakar diri tersebut. So, inilah hasil pencaharian ane. Silakan dibaca sampai habis! 

Kajja!

emoticon-I Love Indonesia (S)

Jauhar, Johar, atau Juhar adalah tradisi bakar diri massal yang dilakukan oleh wanita Hindu di India Utara, ketika kerajaan mereka kalah dalam peperangan. Tujuannya ialah, untuk menghindari penangkapan, perbudakan, dan pemerkosaan oleh musuh.  Menurut kepercayaan mereka, bunuh diri jauh lebih suci daripada kehilangan kehormatan karena dijadikan budak dan dijamah oleh tentara musuh. So, di situasi seperti itu, wanita India hanya memiliki dua pilihan: mati atau hidup dengan tidak terhormat.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan

Secara etimologi, istilah jauhar berasal dari bahasa Sanskerta: "Jau" yang berarti "hidup" dan "Har" yang berarti "Kekalahan". Jadi, bisa disimpulkan bahwa Jauhar bermakna hidup dalam kekalahan. Walaupun kalah secara kedaulatan, tapi para perempuan merasa bangga menjelang kematian mereka dalam kobaran api. Sebab mereka merasa menang, bahwa mati dibakar api suci jauh lebih mulia daripada tunduk dan menjadi budak musuh.

Jauhar dilakukan atas persetujuan suami atau raja setempat. Maksudnya, sebelum melangkah ke medan perang, sang ratu meminta restu pada raja--untuk melakukan ritual jauhar--jika seandainya raja dan pasukannya kalah. Biasanya raja akan mengabulkan permohonan tersebut karena ia paham akan kesucian dan kemurnian ritual Jauhar.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan

So, ketika raja mereka benar-benar kalah, maka para wanita yang dipimpin oleh sang ratu, akan mengenakan pakaian pernikahan mereka, memeluk anak-anak mereka, melakukan ritual, lalu kemudian masuk ke dalam kobaran api suci--diiringi nyanyian atau mantra oleh para pendeta. Esoknya, setelah Jauhar dilakukan, tentara dan seluruh kaum laki-laki yang tersisa akan menandai dahi mereka dengan abu istri-istri mereka, lalu berangkat ke medan perang untuk bertempur sampai mati.

Ritual ini sudah dimulai sejak beradab-abad lalu. Namun yang paling terkenal ialah; jauhar ketika invasi Alexander Agung ke India Utara dan jauhar-nya Ratu Padmavati. Dulu, sekitar 20.000 penduduk India membakar kota lalu menenggelamkan diri mereka ke dalam lautan api, untuk menghindari invasi Alexander Agung. Menurut mereka, mati jauh lebih baik ketimbang diperbudak dan menyerahkan negeri mereka ke orang-orang Makedonia.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
Ilustrasi Ratu Padmavati

Sementara pada abad ke-14, Ratu Chittor, Padmavati, telah memimpin jauhar untuk ribuan wanita Rajput. Menurut Sejarah Hindu di India, Ratu Padmavati adalah ratu yang sangat cantik, ahli dalam bersyair, dan cerdas dalam membuat strategi perang. Karena itulah, Raja Chittor jatuh hati padanya dan menjadikan Padmavati sebagai ratu.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
Ilustrasi Alauddin Khirj dan Ranveer Singh sebagai Sultan Khirj di film Padmavati

Di tempat terpisah, yaitu Delhi, kesultanan telah berada di bawah tangan Sultan Alauddin Khirj. Di mana seluruh India tahu, bahwa Sultan Khirj adalah sosok yang ambisius, tanpa ampun, dan kejam. Sehingga, ketika ia mendengar kabar tentang kecantikan Ratu Padmavati, dirinya pun berambisi untuk memiliki Ratu Padmavati, setidaknya untuk satu malam saja. Yeah, you know-lah, Gansis. Untuk itu, segala cara dilakukan oleh Sultan Khirj agar bisa berjumpa dengan Ratu Padmavati. Bahkan sampai-sampai Raja Chittor ditangkap, tapi berhasil kabur atas siasat cerdik Ratu Padmavati.

Raja Chittor yang sangat mencintai istrinya tentu murka mendengar niat tak senonoh Sultan Khirj. Sehingga ia terang-terangan menolak niat sultan walaupun hanya sekadar menatap wajah sang ratu barang sedetik pun. Ia berjanji akan melakukan segala cara untuk melindungi kehormatan istrinya dan seluruh wanita Rajput.

Khirj adalah Khirj. Ia tidak menerima penolakan. Akibatnya, ia pun mengumumkan perang pada Raja Chittor hingga akhirnya perang besar pun tak terelakkan. Chittor kalah telak karena kesultanan Delhi memiliki puluhan ribu pasukan tangguh dengan senjata perang yang belum pernah digunakan oleh pasukan lain sebelumnya. Karena merasa menang, Sultan Khirj bergegas ke benteng Chittor untuk menemui Ratu Padmavati. Namun yang ia temukan hanyalah kobaran api dengan ribuan wanita Rajput di dalamnya.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
Ilustrasi Rawal Ratan Singh dan Padmavati

Secara kedaulatan, Sultan Khirj menang telak. Namun pada kenyataannya ia-lah yang kalah. Sebab tujuannya sama sekali tidak tercapai, yaitu keinginan untuk memiliki Ratu Padmavati. Sebaliknya, Raja Chittor dan Ratu Padmavati kalah di medan perang. Namun, mereka berhasil mencapai tujuannya, yaitu melindungi kehormatan sang ratu serta wanita Rajput. Alhasil, pengorbanan Ratu Padmavati dan wanita-wanita Rajput dianggap suci karena melindungi kehormatan mereka.

Hingga hari ini, kisah Ratu Padmavati terus melegenda di kalangan wanita-wanita Hindu di India. Padmavati diangkat menjadi dewi dan dipuja. Kekukuhannya dalam menjaga kesucian dijadikan telah teladan. Toh, apakah yang lebih penting bagi seorang wanita selain dari kehormatannya? Tidak ada, kan. Itulah mengapa pengorbanan Padmavati dan wanita-wanita Rajput selalu diagungkan.

***

So, itulah kisah tentang Jauhar dan legenda Ratu Padmavati, Gansis. Banyak pelajaran berharga yang dapat ditarik dari kisah ini, khususnya untuk para wanita. Yaitu, keharusan untuk menjaga kehormatan walaupun nyawa menjadi taruhannya. Namun, sayang sekali sekarang malah banyak orang yang dengan gampangnya mengobral kehormatan mereka. Miris.

Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
Benteng Chittor di Rajashtan, saksi bisu ritual jauhar Ratu Padmavati dan wanita-wanita Rajput

Btw, sekarang ritual Jauhar sudah jarang sekali dilakukan. Namun, ajaran tentang menjaga kehormatan masih terus digemakan. Sehingga tidak menutup kemungkinan, di masa depan ritual ini akan dilakukan kembali, bila ada kaum yang berusaha mengusik kesucian wanita-wanita Rajput.

Quote:


Xoxo

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by: serbaserbi.com
Gambar: Google image
Sumber: 1, 2

emoticon-Cendol Gan

Kamsahamnida




profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh serbaserbi.com
Halaman 1 dari 5
Jagalah kehormatan
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan Macazzar memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ada yang pernah menonton film Padmavati juga?
profile-picture
profile-picture
budak.game dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Referensi kitab suci?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sundul sendiri
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kreator.9.ES memberi reputasi
Diubah oleh serbaserbi.com
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmmm mau ngomong sesuai hati tapi takut kena UU ITEemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waaah... Pilemnya ada nih di laptop Ane, tp belom pernah ditonton...
emoticon-Matabelo
Jauhar, Ritual Wanita India; Bakar Diri Demi Kehormatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buburstroberi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Nanya gan=
Stlh ritual tsb dilakukan, bagaimana nasib anak2 nya?
Kesihan....
profile-picture
profile-picture
alanaf98 dan telah.ditipu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Gak peduli dengan kehormatan, yg penting happy.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan telah.ditipu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi kayaknya india emang banyak ritual ritual gitu yaaa
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ngeri yaa kalo bakar diri terus dapet kehormatan tapi tinggal nama doang kan sama aja boong ya emoticon-Takut
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Timbang malu mending mati.. mungkin gitu ya..

Mirip sama harakiri nih.. emoticon-Traveller
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kalau membakar diri tentu saja sangat panas itu gan, dan memang kisahnya ada dahulu kala kisah rama sinta. Nah, kaskuser tidak perlu bakar diri, silahkan saja membakar sampah saja.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane jadi penasaran pengen nonton filemnya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Serem ya ritual nya... emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ngeri eh .. ane g bisa ngebayanginnya emoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo di islam kebalikannya
bunuh diri (bakar diri) itu dosa
jadi pasti milih tetap hidup walau dgn resiko di grepe grepe musuh
lama lama ketagihan, jadi demen, akhirnya malah cinta sama musuhnya
poligami buktinya
banyak wanita lebih memilih hidup tidak terhormat tapi hidupnya enak, jadi pemuas birahi lelaki, ketimbang jadi janda sebatang kara hidup susah kismin akut
ane yakin mereka yg percaya jauhar pasti gak bakalan mau poligami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafe481 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Waa menarik sepertinya film india ini.. tengkyu recommend movienya gan..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu : Mempertahankan kehormatan dengan Jauhar lebih baik...emoticon-Big Grin
Sekarang : Buat apa kehormatan, yang penting jadi duit..emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di