CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600cc499af7e9311956e23ad/terrnyata-semua-sekolah-di-padang-dipaksa-berjilbab-aa-bagaimana-sumbar-akan-maju

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?

Warganet kembali heboh terkait kasus kewajiban kenakan jilbab bagi siswi non-Muslim. Ditemukan fakta baru dari kepala dinas pendidikan Sumatera Barat bahwa ada 46 siswi SMKN 2 Padang pernah dipaksa memakai jilbab.

Berita itu juga mendapat sorotan Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando. Melalui akun Twitternya, Sabtu (23/1/21), ia menanggapi pendek. Ia mempertanyakan bagaimana Sumbar akan maju bila sekolanya seperti itu.

"Bagaimana Sumatra Barat akan maju kalau sekolahnya semacam ini?" tanya Ade.

Sementara sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Al Fikri menyesali terjadinya peristiwa dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap siswi non-muslim di SMK Negeri 2 Padang.

Menurut Adib, aturan siswi memakai jilbab di sekolah itu sebenarnya adalah aturan lama. Aturan itu sudah ada sejak kewenangan SMA/SMK belum dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi.

"Sangat kita sayangkan kejadian ini. Aturan ini sudah lama sebelum pelimpahan wewenang, sejak zaman Wali Kota Padang Fauzi Bahar tahun 2005 lalu. Selama ini masih jalan dan baru diprotes hari ini," kata Adib seperti dinukil Kompas.com, Jumat (21/1/2021).

Menurut Adib, kebijakan lama itu hampir terjadi di semua sekolah di Kota Padang.

Pada 2005, saat Fauzi Bahar menjabat Wali Kota Padang, aturan wajib memakai jilbab itu memang diberlakukan.


"Hampir semua sekolah di Kota Padang seperti itu. Itu kebijakan lama," kata Adib.

Aturan akan dievaluasi Adib berjanji kebijakan ini akan dievaluasi.

Nantinya, siswi non-muslim tidak diwajibkan memakai kerudung atau jilbab.

"Pasti kita evaluasi. Nanti yang non-muslim bisa menyesuaikan saja," kata Adib.  

Menurut Adib, pihaknya sudah menurunkan tim ke SMK Negeri 2 Padang untuk melakukan investigasi dan kajian.

"Tadi tim sudah turun. Di sekolah itu ada 46 orang non-muslim dan semuanya memakai jilbab, kecuali siswi yang protes ini," kata Adib.

Adib mengaku masih menunggu hasil investigasi dan kajian tim yang diturunkan ke SMK Negeri 2 Padang.

"Kita tunggu hasil investigasi. Setelah itu kita buat kebijakan baru," kata Adib.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video adu argumen antara orangtua murid dengan Wakil Kepala SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial.

Video berdurasi 15 menit, 24 detik, yang dibagikan akun Facebook EH itu memperlihatkan adu argumen soal kewajiban siswi termasuk yang non-muslim untuk memakai jilbab di sekolah.

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menjelaskan bahwa dirinya dan anaknya adalah non-muslim. Pria yang merupakan orangtua murid itu mempertanyakan alasan sekolah negeri membuat aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata pria tersebut.

Sementara itu, pihak sekolah menyebutkan bahwa penggunakan jilbab bagi siswi merupakan aturan sekolah.

Dalam video tersebut, terlihat salah seorang guru menjelaskan terkait aturan pakaian siswi di SMKN 2. Guru itu mengatakan bahwa seluruh siswi di sekolah tersebut wajib memakai seragam, jilbab dan celana panjang abu-abu.

"Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan dan celana panjang abu-abu," kata sang guru dalam video itu.

Menurutnya, jika ada seorang siswi di SMKN 2 Padang tak mengikuti aturan terkait seragam tersebut maka pihak sekolah akan membahasnya dengan orang tua siswa yang bersangkutan.

"Jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kami semua sepakat. Itu makanya kami bicarakan," ungkap guru tersebut.

Menanggapi pernyataan sang guru, orangtua murid yang diketahui bernama EH itu mengaku keberatan dengan aturan seragam tersebut.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab, seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” kata EH.

Elianu pun mengaku dengan adanya aturan seragam itu seolah-olah siswi yang non muslim di SMKN 2 Padang dipaksa masuk agama Islam.

"Seakan-akan anak saya dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam," ujarnya.

https://www.netralnews.com/46-siswi-...rjilbab-8ig5nz

Njirr, diskriminasi agama 16 tahun. Propinsi kadroen emang sinting betul, walkot nya bisa dipidanakan ga tuh bikin kebijakan yang diskriminatif SARA, melanggar UUD 1945 pasal 28 ttg kebebasan memeluk agama.

Sebaikny jokowi kurangi jumlah dana APBN ke daerah mayoritas kadrun yang 70 persen tidak pilih jokowi pilpres kemarin. Bahaya kadrun2 ini makan uang rakyat tapi benci pemerintah dan suka SARA. Hukum mereka biar tau rasa dan bertobat!

emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbunglaknat dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.baswedan
Halaman 1 dari 7
Kirain aa yg ntuh.... Udah heran.
Kalo aa yg ini mah percaya ngritik beginian.... emoticon-Big Grin
62 itu uda ilang budayanya... udah unculturized menurut gw, yang ada budaya impor timteng menjamur
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
lapor ah
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
tata cara berpakaian sekolah negeri jaman 2000an lebih waras, intinya pakaian gak boleh ketat, gak boleh transparan, gak boleh pakai make up, rok bawah lutut dan rambut tidak diwarnai, soal jilbab anda boleh pakai sekolah menyediakan gak pakai juga gak masalah
profile-picture
profile-picture
Jangan.maling dan madjoeki memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
apakah siswi muslim boleh memilih utk tidak berjilbab ?
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
sumbar akan maju kalo depan, sumbar akan mundur kalo kebelakang emoticon-Hammer2
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Ane jg asli Sumbar. Puncaknya hampir semua siswi di Sumbar harus pakai Jilbab, kecuali sekolah yg based nya non Islam karena Sumbar sering kena bencana Gempa bumi, yg fatal itu tahun 2009.

Program Perda banyak menuju ke program ke agamaan, contohnya pesantren kilat dan wirid. Dulu di SMA ane jg ada yg protes klw non islam siswi nya harus pake jilbab, malah SMA ane dlu SMA Negeri favorit. Tp hasilnya, siswi non Islam tetap pake jilbab dan rok panjang, tp ya ga sesuai syar'i juga.

Banyak yg asli sana nerima peraturan dari pihak sekolahnya n baru skrg aja baru di blow up krn medsos gampang di akses.
profile-picture
profile-picture
Jangan.maling dan madjoeki memberi reputasi
Diubah oleh killthepriest
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan kalian ganggu ranah minang, kami d sini sudah hdup rukun dan damai sejak lama.... Jangan kalian usik ranah minang dengan kedunguan dan ketidaktahuan kalian. Nonis tak prnah protes tinggal d sini, klau yg protes paling pendatang yg tak tau apa2 kayak kasus si jenni. Klau emang dia bsar d minang, psti sjak SD dia d wjibkan pakai pkaian trtutup....
Paham kalian semua, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Dimano bumi dipijak, d situ langik di junjuang. Syarak mangato adat mamakai!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Horst Vessel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
walkotnya dulu

emoticon-Tai
Bukan cuma Sumbar aja.. bumn kita rata2 gt..ga berhijup ya siap2 dikucilkan..jabatan ga naek2..bukan hal baru
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan westciss memberi reputasi
harunnnnnnnnnnnnnn?
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Demokrasi liberal

semua boleh bebas kan gitu Om!? emoticon-Big Grin
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm sepertinya peradaban belum ditemukan disini
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Semoga segera ditemukan gunung emas di Sumbar. Bisa sejajar dengan kota dubai dan kota maju lain nya.
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Iya ga perlu maju. Yg penting rendang sama ayam popnya tetep endes
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Hadeh giliran rame baru ketauan semua. Parah sih, kepala sekolah dan kepala dispora harus mempertanggung jawabkan hal ini
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan ATR42 memberi reputasi
Sudahlah biarkan saja, ntar lagi yang laki2 mesti buka celana apa kulup udah hilang. Selama ngga disuruh sholat sajalah.
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
ya elah do.. do..., urusin aja penelitian lu

S3 Kerja di UI penelitian masih segitu aja

emoticon-Leh Uga
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
astagfirullahemoticon-Kagets
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di