CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600cafdda72768253218fb80/wah-dibutuhkan-ribuan-orang-untuk-tentara-cadangan-indonesia-gan-tertarik

Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?

Saat-saat ini salah satu isu hangat yang menjadi pemberitaan media adalah berkaitan dengan pembentukan Komponen Cadangan angkatan bersenjata atau Komcad.  

Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?

Defile Prajurit TNI di HUT TNI ke 72 (Sumber: akurat.co)


Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional. Menyikapi PP tersebut, Kementrian Pertahanan dibawah komando Menhan Prabowo Subianto mulai mensosialisasikan pembentukan Komcad.

Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?

Tentang Komcad (Sumber: hot.grid.id)


Menurut pihak Kemenhan Komcad adalah serupa dengan tentara cadangan. Adapun pesertanya dari masyarakat sipil. Dalam pendaftaraannya tidak ada paksaan atau wajib, tetapi secara suka rela. 

Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?

Komcad (Sumber: hot.grid.id)


Masyarakat yang tertarik mendaftar akan diseleksi. Yang lolos akan menerima latihan dasar militer selama tiga bulan. Setelah lulus masyarakat sipil yang telah menerima latihan dasar militer ini baru ditetapkan sebagai Komcad. Komcad ini nantinya akan bergerak di bawah perintah Presiden Republik Indonesia atas persetujuan DPR.

Seperti TNI, Komcad ini juga dibagi atas tiga matra yakni Darat, Laut dan Udara. Pada tahap awal ini menurut Kemenhan dibuka kesempatan mendaftar 25.000 peserta. 

Masyarakat umum yang memenuhi syarat bebas mendaftar, meskipun mungkin saat ini sudah bekerja pada suatu tempat atau bidang. Misalnya A adalah seseorang yang telah bekerja sebagai pedagang ketika mendaftar. Sang pedagang A ini setelah lolos seleksi akan menerima pelatihan dasar militer selama tiga bulan. Setelah pelatihan dan lolos ia akan ditetapkan sebagai Komcad.

Setelah lolos sebagai Komcad, pedagang A akan kembali pada aktifitasnya semula. Pada titik ini A adalah seorang masyarakat sipil. Ketika negara membutuhkan, maka lewat komando presiden atas persetujuan DPR A dapat dipanggil untuk kebutuhan tersebut. Pada titik ini A adalah sebagai militer.

Lalu apa syarat untuk mendaftar sebagai Komcad ini?

Dilansir oleh Cnnindonesia.com, 21 Februari 2020, semua warga negara baik itu ASN, Mahasiswa atau masyarakat lainnya boleh untuk mendaftar Komcad. Adapun syarat untuk mendaftar diantaranya adalah usia antara 18 sampai dengan 35 tahun, sehat jasmani dan rohani. Selain itu harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga setia pada NKRI yang berdasar atas Pancasila dan UUD 1945. Syarat lain yang juga penting adalah tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Indonesia.

Setelah memenuhi syarat, Calon Komcad wajib mengikuti seleksi administrasi dan kompetensi. Setelah lulus seleksi akan diberi pelatihan dasar militer selamam tiga bulan dibawah Kementrian pertahanan. Menariknya selama masa pelatihan tersebut selain mendapat uang saku dan beberapa fasilitas lain, Sang Calon Komcad juga tidak kehilangan haknya sebagai pekerja atau mahasiswa.

Warga negara yang menjadi Komcad merupakan bentuk pengabdian bela negara yang sifatnya suka rela. Ada yang tertarik...?I]



Referensi:

1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200221123550-20-476755/ihwal-komponen-cadangan-dari-peserta-hingga-besar-tunjangan

2. https://makassar.tribunnews.com/2021/01/23/apa-itu-komcad-tentara-cadangan-kebijakan-jokowi-dieksekusi-prabowo-bedanya-wamil-korea-selatan?page=3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
mantaaaappp yg penting ada cuan ny
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan godzilazilagod memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane tertarik... Tapi udah lewat umur...
Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?
Wah! Dibutuhkan Ribuan Orang untuk Tentara Cadangan Indonesia Gan, Tertarik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Itu ada KAMRA, diaktivkan lagi aja.

Atau wajib mahasiswa dengan rezimen mahasiswa nya.

Kangen masa2 wamil menwa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Orang Chinese bs ikut ga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepsutana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
fisik ane yg ga tertarik emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan seringboering memberi reputasi
Ada bagian2nya g om?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
engga tertarik.
kalo ada seleksi, gw auto gagal.
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan lemkertaz memberi reputasi
Ayo daftar.. sapatau diterima.. dari pada jadi tentara gadungan.. emoticon-Smilie
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Ngeliat perang armenia vs azer kemaren ogah lah sama aje setor nyawa kalo war cm ngandelin jumlah troopsemoticon-Leh Ugamending rekrut drone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krx48 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh coolmaxx
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
menarik jug
Cuss yang bercita cita mau jadi tentara nih saatnya daftarr
profile-picture
edv039 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
silahkan bagi yg tertarik, ane usianya ga cukupemoticon-Big Grin
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Ormas2 yg suka pake baju loreng2 sono daftar.biar ngerasain latihan beneran.jangan cuma sok2an pake baju loreng2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newrajasosis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ngeri juga ni masyarakat sipil punya skill militer
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang jadi komcad dipantau nggak ya? Jangan sampai selesai pelatihan malah jadi arogan atau bahkan mendirikan ormas preman emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
PP,FORKABI ,FBR , BKPBB dan sejenisnya
silahkan mendaftaremoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
No joke....

lihat aja kondisi geopolitik saat ini.. kita udah diambang perang dunia ketiga

laut cina selatan
India pakistan
India tiongkok
amerika iran
tiongkok taiwan
korea utara korea selatan



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
god.dexvils dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Fasilitas bela diri dan fitness gratis. Mantap!
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Mental orang indonesia belum siap ginian
profile-picture
seringboering memberi reputasi
Mau ikutan ah emoticon-Traveller
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di